Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Membaca Al Quran

Indonesia Ku – Assalamu’alaikum sobat iky semua, hari ini iky mau bahas tentang amalan amalan yang  bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan karena pahalanya sangat besar loh, amalan – amalan di bawah ini ada yang sunnah dan ada juga yang wajib, tentunya kalau kamu mengerjakan amalan ini semua hati kamu bakalan tentram deh, iky jamin!

Percuma saja kan kalau kita sudah berada di bulan Ramadhan akan tetapi amal ibadah kita tidak kita tingkatkan! Sungguh merugi orang orang yang seperti itu. Padahal di bulan ramadhan ini adalah bulan yang sangat baik dan mulia dimana pahala kita dilipat gandakan dan di dalam bulan ramadhan ini sendiri ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi :

عن أبي هريرة قالَ: كَانَ رسولُ اللهِ صلي الله عليه وسلم يُبَشِّرُ أصْحَابَةُ يقولُ: "قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللهُ عليكم صِيَامَهُ، تُفَتَّحُ فيه أبوابُ الجَنَّةِ وَتغلَّقُ فيه أبوابُ النَّارِ، فيه لَيْلَةُ خَيْرٌ من ألفِ شَهْرٍ، مَن حُرِمَ خَيْرَها فقد حُرِمَ". وهذا لَفْظُ حماد بن زيد. أخرجه النسائيُّ
Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, telah diwajibkan atas kalian berpuasa, dibukakan pintu-pintu Surga, ditutup pintu-pintu Neraka. Didalam bulan itu ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalang dari kebaikannya sungguh ia rugi.” (HR. Nasai, Lafadz Hammad bin Zaid)
Nah sekarang marilah kita masuk kedalam bahasan”Amalan – amalan yang harus kamu lakukan di bulan Ramadhan

1| Melaksanakan Makan Sahur
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Makan Sahur Bersama

          Dari anas Bin Malik Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW Bersabda :
تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً
“Makanlah sahur karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” [HR Al Bukhari (1923) dan Muslim (1095)]

Di dalam hadist ini rasulullah SAW menyebutkan bahwa di dalam makan sahur terdapat banyak berkah, kebaikan dan juga manfaat. So? Sobat masih mau malas malasan sahur? Jangan lagi ya!
Selain itu makan sahur juga akan memberikan kekuatan dan tenaga bagi orang yang berpuasa sehingga dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa.

2| Berpuasa
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Menunggu waktu berbuka puasa

        Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim sobat pasti tau itu, hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)
Berpuasa di bulan ramadhan itu adalah suatu hal yang wajib sobat dan hal ini sudah ada sejak umat sebelum kita.
Selain itu puasa di bulan ramadhan juga mempunyai banyak sekali manfaat di dalam kesehatan seperti :
·       Meningkatkan fungsi otak
·       Menurunkan kadar kolesterol
·       Menetralkan Racun
·       Meningkatkan system kekebalan
·       Terhindar dari kebiasaan buruk
·       Mengontrol berat badan
·       Menjadikan ginjal lebih sehat
·       Cegah diabetes
Allah SWT Juga sangat sangat mencintai orang – orang yang berpuasa di bulan suci Ramadhan.
MasyaAllah Sungguh banyak sekali bukan manfaat berpuasa, apakah sobat masih mau meninggalkan puasa?

3| Menyegerakan Berbuka Puasa
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Berbuka Puasa Bersama

        Nah sobat yang satu ini juga sering loh disepelekan orang orang, misalkan aja nih udah masuk waktunya berbuka tapi si budi masih aja tidur tiduran, perilaku seperti ini harus dihilangkan sobat! Karena Rasulullah SAW bersabda :
لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Jadi orang orang yang menyegerakan berbuka adalah orang orang yang senantiasa berada dalam kebaikan. Jadi mulai sekarang setelah adzan maghrib langsung berbuka ya jangan ditunda tunda lagi!

4 | Memberikan Makanan Berbuka Puasa Kepada Yang Membutuhkan
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Memberikan makanan kepada yang membutuhkan

        Sobat kita sebagai umat muslim juga harus peduli dengan saudara saudara kita yang kurang mampu, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan makanan berbuka kepada saudara kita tersebut.
Asal sobat tau saja, memberikan makanan berbuka kepada orang lain itu berarti kita mendapatkan pahala yang sama seperti orang berpuasa loh. Hal ini terdapat dalam sebuah hadist :

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ وَلَا يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ – صحيح النسائى و الترمذى
“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi)

Nah sobat sudah ada niat belum untuk membantu saudara saudara kita yang kurang mampu?

5| Membaca Al – Quran
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Membaca Al - Quran

          Hal yang satu ini sangat khas sekali di bulan ramadhan, setiap malam di bulan ramadhan masjid masjid sekiar melaksanakan tadarusan yang bisa dilakukan hingga jam 3 malam atau lebih.

Nah Ayat Al – Quran sendiri diturunkan pertama kali pada bulan suci ramadhan (Di namakan malam Nuzulul Quran). Seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah, yaitu buah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Karena seorang mu`min itu jiwanya bagus, qalbunya juga baik, dan ia bisa memberikan kebaikan kepada orang lain.

 Duduk bersamanya terdapat kebaikan. Maka seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah baik seluruhnya, baik pada dzatnya dan baik untuk orang lain. Dia seperti buah Al-Atrujah, aromanya wangi dan harum, rasanya pun enak dan lezat.

6| Berdakwah
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Berdakwah

          Bulan suci ini sangat disayangkan untuk dilewatkan sebagai sarana berdakwah, karena pada bulan ini orang orang akan mudah menerima nasihat nasihat yang kita berikan kepadanya. Berdakwah adalah suatu hal yang sangat baik dilakukan karena  memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua orang.

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُون
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung” (TQS. Al-Imran[3] : 104)

Tapi sobat harus ingat ya! Memberikan nasihat itu harus disertai dengan dalilnya. Hal ini sesuai dengan sabda rasulullah SAW “Barangsiapa menunjuki kebaikan, baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun.”

7| Sholat Tarawih
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Sholat Berjama'ah

          Sholat tarawih merupakan sholat yang sangat khas sekali di bulan ramadhan, banyak orang berbondong bonding melaksanakannya karena didalamnya terdapat banyak sekali fadhilah di setiap malamnya.
Berikut adalah fadhilah sholat terwaih malam 1-30

·       1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.

·       2. Dan pada malam kedua, ia diampuni dan juga kedua orang tuanya (diampuni dosa-dosanya), jika keduanya mukmin.

·       3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, karena ALLOH telah mengampuni dosamu yang telah lewat.”

·       4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).

·       5. Pada malam kelima, ALLOH Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah (Nabawi) dan Masjidil Aqsha.

·       6. Pada malam keenam, ALLOH Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.

·       7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa AS dan kemenangan Beliau atas Fir’aun dan Haman.

·       8. Pada malam kedelapan, ALLOH Ta’ala memberinya apa yang pernah ALLOH berikan kepada Nabi Ibrahin as

·       9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada ALLOH Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi Muhammad SAW

·       10. Pada Malam kesepuluh, ALLOH Ta’ala mengkaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.

·       11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.

·       12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.

·       13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.

·       14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka ALLOH membebaskannya dari Hisab pada hari kiamat.

·       15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.

·       16. Pada malam keenam belas, ALLOH tetapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam Surga.

·       17. Pada malam ketujuh belas, ALLOH berikan padanya pahala seperti pahala para Nabi.

·       18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, “Hai hamba ALLOH, sesungguhnya ALLOH ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”

·       19. Pada malam kesembilan belas, ALLOH mengangkat derajat-derajatnya dalam Surga Firdaus.

·       20. Pada malam kedua puluh, ALLOH memberikannya pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).

·       21. Pada malam kedua puluh satu, ALLOH membangunkan untuknya sebuah gedung dari cahaya.

·       22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.

·       23. Pada malam kedua puluh tiga, ALLOH membangunkan untuknya sebuah kota di dalam surga.

·       24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh 24 (duapuluh empat) doa yang dikabulkan.

·       25. Pada malam kedua puluh lima, ALLOH Ta’ala membebaskannya dari azab kubur.

·       26. Pada malam keduapuluh enam, ALLOH mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.

·       27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati Shiroth pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.

·       28. Pada malam keduapuluh delapan, ALLOH mengangkat baginya 1000 (seribu) derajat dalam surga.

·       29. Pada malam kedua puluh sembilan, ALLOH memberinya pahala 1000 (seribu) haji yang diterima.

·       30. Dan pada malam ketiga puluh, ALLOH berfirman : 
“Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.”

MasyaAllah Banyak sekali fadhilah fadhilah sholat tarawih, apakah sobat masih kepikiran untuk meninggalkan sholat yang satu ini? Think again!

8| I’Tikaf
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Beri'tikaf

          I’ tikaf merupakan amalan yang selalu dilakukan oleh baginda Rasulullah SAW, I’tikaf ini adalah berdiam diri di masjid dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT.  Rasulullah sendiri ber I’tikaf pada awal ramadhan, pertengahan ramadhan, dan paling sering pada 10 hari akhir ramadhan

Tetapi cukup disayangkan karena ibadah ini dianggap sangat berat oleh umat islam, padahal Rasulullah sendiri tidak pernah meninggalkan amalan yang satu ini.

9| Bertaubat Kepad Allah SWT
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Bertaubat Kepada Allah SWT

          Pada bulan Ramadhan Pintu ampunan terbuka lebar bagi seluruh umat muslim, oleh karena itu bulan suci yang penuh berkah ini merupakan kesempatan kita untuk bertaubat mohon ampunan kepada Allah, dan Allah pasti akan mengampuni kita sobat, karena Allah itu Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang!

10| Melaksanakan Haji Atau Umrah
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Umrah Di mekkah

          Bagi sobat sobat semua yang mempunyai rezeki yang cukup, maka laksanakanlah ibadah yang satu ini, karena pada bulan ramadhan ini pahala dilipat gandakan.

Rasulullah SAW berkata kepada ummu Sinan, seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah saw. (HR. Bukhari dan Muslim)

11| Perbanyak ibadah pada Malam 10 Terakhir Ramadhan (Lailatul Qadar)
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Malam Lailatul Qadar

          Pada bulan ramadhan terdapat sebuah malam yang sangat sangat istimewa loh sobat yang lebih baik dari seribu bulan! Malam ini disebut malam Lailatul Qadar terdapat pada malam malam ganjil di 10 terakhir bulan ramadhan.

“Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Begitu kata Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Bahkan, untuk mendapatkan malam penuh berkah itu, Rasulullah saw. mengajarkan kita sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.” Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku.

Berikut ini adalah tanda tanda malam Lailatul Qadar :
·       Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, teduh, seperti tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,”Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim) 

·       Keesokan hari malam Lailatul Qadar, sinar matahari tampak cerah namun teduh.

·       Di malam Lailatul Qadar, udara tidaklah dingin, tidak berawan, tidak panas, dan tidak ada badai.

·        Malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga manusia bisa merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain

Semoga Allah SWT Memberikan kita kesempatan dan kemudahan untuk meraih malam Lailatul Qadar Aamiin..

12| Zakat Fitrah
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Membayar Zakat Fitrah

          Zakat fitra ini sendiri hukumnya wajib, dan harus dibayar sebelum hari ramadhan berakhir, baik laki laki maupun perempuan, dewasa maupun anak anak wajib membayarnya, hal ini dilakukan untuk membantu saudara saudara kita yang kurang mampu.

13| Perbanyak Sholawat kepada Nabi
Amalan Amalan Di bulan Suci Ramadhan Atau Bulan Puasa
Bersholawat Kepad Nabi

          Sholawat adalah suatu perbuatan yang sangat sangat disenangi oleh Allah SWT, apalagi kalau kita melakukannya pada bulan suci ramadhan pasti pahala yang kita dapat akan dilipat gandakan.
Berikut adalah manfaat manfaat bersholawat :
·       Membaca shalawat sebagai bentuk realisasi ketaatan kepada perintah Allah Ta’ala.
·       Mencontoh Allah dalam membaca shalawat.
·       mencontoh para malaikat-Nya.
·       Mendapat balasan sepuluh rahmah dari Allah setiap membaca sekali shalawat.
·       Diangkat sepuluh derajat karena membaca sekali shalawat.
·       Ditulis sepuluh kebaikan bagi yang membaca sekali shalawat.
·       Dihapus sepuluh keburukan bagi yang membaca sekali shalawat.
·       Menjadi sebab utama dikabulkan doa.
·       Menjadi sebab meraih syafaat Nabi.
·       Mendapat pengampunan dari Allah.
·       Allah akan mencukupi hidupnya dari berbagai macam keluh kesah.
·       Sebagai sebab dekatnya seorang hamba dengan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam nanti pada hari kiamat.
·       Shalawat bisa mengganti dan menduduki ibadah shadaqoh.
·       Menjadi sebab terpenuhi berbagai macam hajat kebutuhan.
·       Meraih shalawatnya Allah dan shalawatnya para malaikat atasnya.
·       Menjadi sebab seseorang meraih kesucian dan kemuliaan.
·       Orang yang gemar membaca shalawat akan mendapat kabar gembira sebelum matinya.
·       Akan meraih keamanan dan keselamatan dari rintangan hari kiamat.
·       Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam akan menjawab shalawat dan salam kepada orang-orang yang membaca shalawat dan salam kepadanya.
·       Bisa membantu seorang hamba mengingatkan sesuatu yang terlupa.
·       Menjadi sebab berkahnya suatu majlis agar tidak kembali pulang dalam keadaan merugi dan cacat.
·       Membaca shalawat mampu mengusir dan melenyapkan kemiskinan.
·       Membaca shalawat mampu menghilangkan penyakit bakhil dari seorang hamba.
·       Menjadi selamatnya seorang hamba dari doanya Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam yang buruk, karena beliau mendoakan celaka bagi yang mendengar nama disebut tidak membaca shalawat.
·       Membaca shalawat menjadi jalan menuju sorga.
·       Selamat dari busuknya majlis karena membaca shalawat.
·       Membaca shalawat menjadi penyempurna bagi pembicaraan pada saat berkhutbah.
·       Menjadi sebab sempurnanya cahaya seorang hamba pada saat meniti titian.
·       Membaca shalawat akan mengeluarkan seseorang dari sifat kasar dan keras kepala.
·       Menjadi sebab langgengnya pujian Allah atasnya.
·       Mendatangkan keberkahan kepada orang yang membaca shalawat.
·       Orang yang membaca shalawat akan meraih rahmat dari Allah.
·       Sebagai bukti cinta Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam secara abadi.
·       Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam akan selalu mencintai orang yang membaca shalawat.
·       Menjadi sebab seorang hamba meraih hidayah.
·       Nama orang yang membaca shalawat akan disampaikan kepada Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam
·       Menjadi sebab teguhnya kaki pada saat meniti titian.
·       Dengan membaca shalawat berarti seseorang telah menunaikan haknya Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam atasnya.
·       Mengandung dzikir dan syukur kepada Allah.
·       Shalawat adalah doa karena dengan membaca shalawat berarti telah memuji khalilullah dan kekasih-Nya. Dengan itu berarti telah mendoakan baik untuknya.

Alhamdulillah sudah iky paparkan semua amalan amalan yang bisa kita lakukan di bulan suci Ramadhan ini, semoga amal dan ibadah kita diterima Allah SWT dan kita bisa meraih malam lailatul Qadar Aamiin..
Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua, jangan lupa di share ya karena itu merupakan amalan berdakwah juga loh. Oke sekian dulu dari iky assalamu’alaikum!

Leave A Reply
  1. makasi gan hehehe, yang penting semoga puasa kita tuntas full 1 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuman mikirin tuntasnya sobat, tapi kita juga harus mikirin pahalanya jngn terbuang sia sia karna tingkah kita :) ^_^

      Delete
  2. Semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin ya gan :D dan semoga kita masih bisa ditemukan dengan Ramadhan tahun2 selanjutnya :D

    ReplyDelete
  3. semoga amal kita pada bulan ramdhan ini di terima

    ReplyDelete
  4. ini yang saya cari, buat nambah ilmu di bulan Ramadhan. thanks gan

    ReplyDelete
  5. lebih baik lagi amalan tersebut dijalankan dengan tanpa paksaan, dijamin berkahnya akan melimpah :D, karena kebanyakan orang terpaksa merasa melakukan amal semata-mata untuk mendapat berkat.

    ReplyDelete
  6. testing coment emoticon
    :) :)) ;(( :-)) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-?

    ReplyDelete
  7. :> (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)