Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Resep Menu sahur dan berbuka puasa yang Halal, Sehat, nikmat, praktis, dan Meyegarkan
Resep Menu Sahur Dan Berbuka Puasa Yang Halal, Sehat, Nikmat, Praktis, Dan Menyegarkan

Indonesia Ku – Assalamu’alaikum? Apa kabar semuanya, semoga selalu sehat dan dalam lindungan yang maha kuasa ya Aamiin. Nah kali ini iky mau sharing tentang kumpulan Resep Menu sahur dan berbuka puasa yang Halal, Sehat, nikmat, praktis, dan Meyegarkan. Iky jadi kepikiran mau ngepost tentang resep ini karena mungkin banyak diluar sana cewek cewek atau emak emak yang bingung mau masak apa hehehe :D .


 Sobat semua bisa cobain nih di rumah mudah kok buatnya garibet! Oke langsung aja yuk!

1| Resep Es Kacang Merah
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Es Kacang Merah
Bahan :
·       220 gram kacang merah kualitas bagus, rendam dengan air selama 4 jam agar empuk
·       9 hingga 3 lembar daun pandan segar cuci sampai bersih kemudian ikat simpul
·       10 biji buah nangka matang, potong kecil-kecil
·       Susu kental manis secukupnya
·       300 ml santan kental
·       1 sendok makan Cokelat bubuk kualitas bagus
·       Gula pasir secukupnya
·       Vanila bubuk secukupnya
·       Garam dapur secukupnya
Langkah – Langkah :
·       Langkah pertama adalah merebus kacang merah ke dalam panci dengan menggunakan 2 liter air hingga kacang benar-benar empuk.
·       Setelah itu, masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih, dan aduk-aduklah kacang sebentar.
·       Selanjutnya, masukkan gula pasir, garam dapur dan juga vanili, kemudian aduk hingga merata.
·       Kemudian larutkan bubuk cokelat dengan menggunakan air secukupnya dan tuangkan ke dalam adonan kacang tadi. Aduklah hingga mendidih dan kacang merah agak mengental.
·       Langkah selanjutnya untuk membuat es kacang merah ini adalah dengan memasak santan kental dengan menambahkan sedikit garam. Aduklah hingga santan mendidih dan agar santan tidak pecah.
·       Setelah semua bahan dingin, siapkan mangkuk dan tuang kacang merah ke dalam mangkuk secukupnya.
·       Tambahkan irisan nangka dan beberapa butir es batu, setelah itu tuangkan santan kental dan beri sedikit susu kental manis yang telah disiapkan.

2| Es Teler
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Es Teler
Bahan :
·       kelapa muda, serut dagingnya
·       buah alpukat, potong kecil
·       100 gram kolang-kaling
·       buah nangka, potong-potong
·       100 gram gula jawa/gula merat
·       buah pepaya, potong kotak
·       secukupnya gula pasir
·       secukupnya air
·       1 saset agar-agar
·       1 liter santan
·       buah melon, potong kotak
·       es serut secukupnya
Langkah – Langkah :
·       Pertama anda harus rebus air dengan menambahkan gula merah hingga mengental. angkat dan dinginkan.
·       Lalu rebus lagi air dan tambahkan agar-agar dan gula hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Jika sudah mengeras potong kecil bentuk kotak.
·       Rebus santan dan gula pasir, aduk-aduk. Masak hingga mendidih, angkat dan dinginkan.
·       Siapkan gelas atau mangkok saji, masukkan buah pepaya, nangka, melong, daging kelapa, alpukat, kolang kaling. harus ditata agar jadi tersusun rapi.
·       Kemudian tuang rebusan gula merah dan santan yang sudah anda bikin sebelumnya, tambahkan juga es serut diatasnya.

3| Es kelapa Muda Spesial
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Es Kelapa Muda Spesial
Bahan :
·       1 buah kelapa muda, kerok isinya
·       1 buah alpukat
·       1 sachet susu kental manis
·       1 buah jeruk lemon
·       3 sdm sirup
·       Es batu yang sudah di serut, secukupnya 
Langkah – langkah :
·       Siapkan mangkuk atau wadah, masukkan kelapa muda, dan alpukat.
·       Tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah.
·       Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon, agar segar.
·       Taruh parutan es ke dalam wadah.
·       Tambahkan sirup dan susu tadi. Sajikan

4| Bubur Sumsum
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Bubur Sum-sum
Bahan :
·       100 gram tepung beras
·       1/2 sendok teh garam
·       3 lembar daun pandan, buat jadi simpul
·       650ml santan kental, atau santan dari satu butir kelapa tua
Bahan Kuah :
·       2 lbr daun pandan, bersihkan dan buat simpul
·       100 ml air bersih
·       200 gram gula merah, sisir halus
membuat kuahnya dengan cara mencampur air dengan gula, daun pandan lalu aduk-aduk. Rebuslah campuran tersebut menggunakan api sedang hingga mengental, angkat dan sisihkan.
Langkah – langkah :
·       Bagilah santan jadi dua bagian dan di wadah yang berbeda, panaskan santan pada wadah pertama bersama dengan simpulan daun pandan menggunakan api kecil sambil terus diaduk.
·       Santan pada wadah kedua dicampur dengan tepung beras dan garam, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
·       Saat santan yang di wadah pertama dipanaskan maka campurkan santan di wadah kedua kedalam santan yang pertama, aduk-aduk terus hingga mengental.
·       Jika sudah mengental itu artinya sudah matang, angkat dan dinginkan

5| Es Mutiara
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Es Mutiara
Bahan :
·       es batu yang diserut halus secukupnya
·       susu kental manis secukupnya
·       sagu mutiara 120 gr
·       agar-agar merah yang sudah siap pakai secukupnya ( potong dadu )
·       2 buah alpukat yang sudah matang ( kerok daging buahnya )
·       sirup cocopandan secukupnya
·       sirup gula batu secukupnya
·       1 buah kelapa muda ( kerok daging buahnya )
Langkah – langkah :
·       Siapkan satu buah mangkuk saji untuk menyajikan es mutiara ceria
·       Masukkan es batu halus secukupnya kedalam mangkuk
·       Masukkan juga buah alpukat, kelapa muda dan sekoteng kedalamnya
·       Siram dengan sirup gula batu lalu kucuri dengan susu kental manis secukupnya
·       Tambahkan sirup coco pandan kedalam campuran es
·       Aduk sedikit dengan sendok lalu siap dinikmati

6| Jus Jagung Manis
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Jus Jagung
Bahan :
·       Jagung (manis muda), 2 pcs
·       Pemanis (rendah kalori), 1 sdm
·       Susu kental manis , air soda dan es batu secukupnya
Langkah – langkah :
·       Terlebih dahulu pisanhkan jagung dari kulitnya dan bersihkan dari bulu-bulu yang menempel pada jagung. Lalu rebus hingga matang dan empuk. Angkat dan dinginkan
·       Setelah itu, pipih biji jagung atau gunakan pisau untuk mempermudah penyisiran. Kemudian blender biji jagung hingga halus.
·       Campurkan bersama dengan pemanis rendah kalori serta susu kental manis, aduk merata hingga tercampur sempurna.
·       Selanjutnya, saring jus jagung sambil dituang ke dalam wadah gelas saji utnuk menghilangkan ampas jagung sisa blenderan. Kemudian tambahkan es batu dan air soda secukupnya.
·       Jus jagung manis siap disajikan.

7| Kolak Pisang
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Kolak Pisang
Bahan :
·       10 buah pisang raja / pisang kepok (kupas dan potong serong)
·       2 buah nangka
·       350 gr ubi kuning
·       150 ml Santan kelapa
·       1 liter air putih
·       6 sdm gula pasir
·       6 sdm gula merah
·       2 lembar daun pandan
·       Fanili 1/4 sendok the
·       Santan siap saji
·       Garam secukupnya (agar rasanya gurih)
Langkah – langkah :
·       Rebus air bersama dengan ubi kuning, sampai ubi lunak.
·       Masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk perlahan.
·       Masukan potongan pisang, tunggu sebentar
·       Kolak pisang siap disajikan.

8| Es Buah
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Es buah
Bahan :
·       1 sachet puding merek apa saja (Agarasa, Nutrijel, dll)
·       1 buah papaya
·       1 buah nanas
·       Sirup leci squash ABC
·       5 cm kayu manis
·       Nata de coco
·       Air secukupnya
·       Es Serut atau es batu
Langkah – langkah :
·       Buat puding dua lapis terlebih dari agar-agar dahulu. Campurkan air dan gula, baca petunjuk dan aturan pakai seperti yang tertera pada kemasan agar-agar.
·       Setelah puding lapis pertama matang, buat lagi puding lapis kedua. Setelah itu potong sesuai selera. Sisihkan.
·       Buat sirup leci, tambahkan gula bila perlu. Sisihkan.
·       Kupas dan cuci bersih buah nanas dan pepaya. Potong nanas tipis-tipis, kemudian rebus dengan gula dan kayu manis secukupnya agar tidak terlalu kecut.
·       Potong buah pepaya sesuai selera.
·       Setelah semua siap. Tata buah nanas, pepaya, nata de coco, dan puding ke dalam mangkok saji. Tuangkan sirup leci kemudian tambahkan es serut.
·       Siap disajikan.

9| Sop Buah
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Sop Buah
Bahan :
·       100 gr semangka merah, potong dadu
·       100 gr nanas, potong segitiga kecil
·       100 gr melon, buat bulatan sebesar kelereng
·       100 gr pepaya, potong dadu
·       100 gr anggur, belah dua
·       500 gr es serut
·       1 liter air
·       5 sdm sirup vanili
·       100 ml susu kental manis putih
Langkah – langkah
·       Siapkan mangkok saji.
·       Taruh melon, nanas, pepaya, nanas, semangka, anggur dalam mangkok.
·       Campur air, susu kental manis jadi satu dalam tempat terpisah. Aduk rata. Tuangkan dalam mangkok saji yang telah berisi buah.
·       Beri es serut dan sirup vanili, sajikan segera.

10| Kuah Biji Salak
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Kuah Biji Salak
Bahan :
1. Bubur
·       750 air
·       250 gr gula merah, sisir halus
·       50 gr gula pasir
·       3 lembar daun pandan
·       ½ sdt garam
2. Biji Salak
·       500 gr ubi jalar, kupas, cuci bersih, kukus, haluskan.
·       100 gr tepung tapioka
·       ½ sdt garam
3. Saus Santan
·       300 ml santan
·       2 lembar daun pandan
·       ½ sdt garam
·       ½ sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
Langkah langkah :
·       Campur ubi jalar, garam tepung tapioka, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. Sisihkan.
·       Rebus air, gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam hingga mendidih. Angkat dan saring.
·       Masak kembali larutan gula hingga mendidih. Masukkan biji salak, masak hingga biji salak mengapung. Angkat.
·       Saus santan: rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih sambil diaduk perlahan. Masukkan larutan tepung maizena, maaak hingga santan mengental. Angkat.
·       Sajikan bubur dengan saus santan diatasnya.

11| Sop Bola Daging

Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Sop Bola daging
Bahan :
·       250 gramdaging giling
·       4 bjtahu putih
·       1putih telur
·       1 sdmminyak wijen (optional)
·       1 sdmkecap soy sauce kikkoman (optional)
·       secukupnyagaram
·       secukupnyalada
·       2 sdmtepung bumbu
·       1 sdmbawang merah
·       1 sdmbawang putih
·       1 bjbawang bombai cincang halus
·       untuk kuahnya :
·       1 batangsaledri iris sesukanya
·       1 batangdaun bawang iris sesukanya
·       2 sdmkecap manis
·       1 sdmgaram
·       1/4 sdmlada
·       4 bjbawang merah iris
·       3 bjbawang putih iris
·       1/2 bijibagi 3 tomat
Langkah – langkah :
·       Campur semua bahan jadi satu, aduk rata bentuk bulat2. sementara itu panaskan air di panci untuk merebus.
·       Masukkan bola daging kedalam panci secara pelan2 dengan sendok. agar tidak hancur. buang busa yang keluar diatasnya. rebus hingga mengambang/ matang.
·       Ditempat terpisah, tumis bawang merah, sampai harum masukkan bawang putih. setelah agak layu masukkan saledri daun bawang.
·       Untuk kuahnya : Masukkan kecap 2 sdm, garam, lada dan bawang2an yg sudah ditumis tadi. kedalam panci isi daging. masak sebentar agar meresap. matikan api.

12| Capcay Kuah
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Capcay Kuah
Bahan :
·       50 gr wortel, iris serong tipis
·       100 gr kembang kol, iris per kuntumnya
·       100 gr daun kol, iris 3x3 cm
·       100 gr jamur merang, belah dua tiap kuntumnya
·       100 gr sawi putih, iris 2 cm
·       100 gr udang kupas
·       100 gr fillet ayam, iris 2 cm
·       5 batang daun bawang, iris 2 cm
·       5 batang seledri, iris 2 cm
·       6 batang sawi hijau, iris 2 cm
·       6 batang buncis, iris 2 cm
·       2 buah tomat, potong menjadi 4 bagian
·       200 ml air
Bumbu :
·       2 siung bawang putih, geprek
·       1 sdm minyak wijen
·       1 sdt lada bubuk
·       3 sdm saus tomat
·       1 sdt garam
·       ½ sdt gula pasir
Langkah – langkah :
·       Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan minyak wijen, saus tomat. Tumis udang dan ayam hingga berubah warna.
·       Masukkan semua sayuran, tumis hingga sedikit layu. Masukkan air, garam, merica bubuk, dan gula.
·       Masak hingga sayuran matang. Sajikan hangat.

13| Nuget Ayam
Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Nuget Ayam

Bahan :
·       5 ons dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang, dipotong-potong
·       1/3 gelas air dingin
·       1 sdm serpihan kentang (optional)
·       1/8 sdt lada hitam
·       ¼ gelas keju parmesan yang sudah diparut halus
·       ¾ gelas corn flakes yang dihaluskan dari 2 ½ cangkir sereal
·       ½ sdt bubuk bawang putih dicampur dengan ½ sdt garam
Langkah – langkah :
·       Haluskan terlebih dahulu corn flakes ke dalam pengolah makanan hingga menjadi halus. Setelah halus dan rata, masukkan ke dalam mangkuk dan campur dengan tepung (campuran corn flakes dengan sereal) dan juga keju parmesan.
·       Pada mangkuk mesin pengolah makanan, campurkan 1 pon daging ayam, serpihan kentang, air, bawang putih, garam, dan juga lada hitam. Campur semuanya hingga daging ayam terpotong dengan baik.
·       Gulung dan tekan-tekan hingga berbentuk pipih. Gulungkan ke dalam campuran tepung dan tekan-tekan supaya tepung menempel rapat ke permukaan daging.
·       Pindahkan potongan nugget ke atas loyang dan panggang selama 15 menit pada suhu 170 derajat Celsius. Pada pertengahan anda memanggang nugget, anda bisa membalikkan nugget ke sisi yang lain. Keluarkan loyang dari dalam oven dan dinginkan nugget selama beberapa saat sebelum disajikan.
Note : 
·       Jangan memanggang terlalu lama karena nantinya nugget akan menjadi kering.
·       Jika anda ingin menyimpannya ke dalam lemari es selama berbulan-bulan, anda bisa menyimpannya selama 1 jam setelah nugget terbungkus dengan tepung.
·       Untuk warna yang lebih keemasan, anda bisa menyemprotkan minyak goreng ke atas nugget sebelum memanggang dan panggang selama 15 menit.

14| Perkedel

Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Perkedel
Bahan :
·       500 gr kentang ukuran sedang, cuci bersih, kukus hingga matang
·       2 butir telur ayam, kocok lepas
·       150 gr daging sapi cincang
·       2 batang daun bawang, iris halus
·       Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
·       3 siung bawang putih
·       6 butir bawang merah
·       1 sdm merica
·       1 sdm garam
Langkah – langkah :
·       Siapkan wadah, haluskan kentang kukus. Campur dengan bumbu halus dan daging cincang.
·       Masukkan daun bawang, dan aduk kembali hingga tercampur rata.
·       Bentuk adonan menjadi bulatan pipih. Celupkan ke dalam telur ayam yang sudah dikocok lepas.
·       Goreng hingga cokelar keemasan. Sajikan segera.

15| Tumis Jamur Tiram

Menu Berbuka Puasa, Sehat, Bergizi, Nikmat, halal, dan menyegarkan
Tumis Jamur Tiram
Bahan :
·       2 sdm minyak zaitun
·       5 ons jamur tiram
·       4 siung bawang putih diiris halus
·       4 buah daun bawang dipotong 1 cm
·       Garam secukupnya
·       Merica secukupnya
Langkah-langkah :
·       Panaskan minyak zaitun pada sebuah wajan pada suhu yang sedang namun jangan sampai berasap.
·       Tambahkan jamur dan juga bawang putih, tumis selama 2 hingga 3 menit. Aduk dengan menggunakan spatula.
·       Setelah selesai menumis selama 2 hingga 3 menit, kurangi suhunya sedikit dan taburkan garam di atas jamur dan aduk hingga merata. Tutup dan masak selama kurang lebih 5 hingga 7 menit. Aduk sesekali hingga mereka mengeluarkan cairan dan berubah menjadi lebih lembut.
·       Ketika jamur tiram sudah menjelang matang, tambahkan setengah dari potongan daun bawang dan garam serta merica. Aduk lagi hingga rata.
·       Sajikan jamur tiram dengan sisa daun bawang yang ada.
Note :
·       Menutup rapat saat memasak jamur tiram akan membantu jamur untuk memproduksi cairan yang bisa membantu mereka untuk tidak gosong.
·       Saat memasak, waktu maksimal yang bisa digunakan adalah 7 hingga 10 menit.
·       Jika terlalu banyak cairan, anda bisa memasak untuk 1 hingga 2 menit selanjutnya dengan tidak menggunakan tutup untuk mengurangi jumlah cairan yang ada.


Nah Sobat iky semuanya gimana dengan tips tips resep masakan dan minuman diatas? Sangat mudah bukan? Sobat semua bisa langsung mencobanya nih! Selamat mencoba! Oh iya jangan lupa share ya agar yang lain juga gabingung mau masak apa hari ini :D hehehe. Sekian dulu ya lebih dan kurang iky mohon maaf, kalau ada kesalahan mohon tulis di komentar. Sekian assalamu’alaikum!

Leave A Reply
  1. sahur makan es apa gpp yh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ya jangan dong :D Kalo yang es ya buat berbuka :D

      Hapus
  2. gilakk malem2 baca ginian ada gambarnya lagi bikin laper
    so saddd... :(

    BalasHapus
  3. eenak tuh gambarnya hehehehhe
    http://ilmufiqih9.blogspot.co.id/2016/06/keutamaan-khusyu.html

    BalasHapus

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)