Apakah Boleh Menelan Air Liur Sendiri Ketika Berpuasa? | Dr. Dzakir Naik - Pramuka Muslim - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

6/28/2016

Apakah Boleh Menelan Air Liur Sendiri Ketika Berpuasa? | Dr. Dzakir Naik - Pramuka Muslim

Apakah Boleh Menelan Air Liur Sendiri Ketika Berpuasa? - Dr. Dzakir Naik


KakaKiky – Assalamu’alaikum Wr. Wb. Berkenaan dengan sebuah pertanyaan yang muncul “Apakah Boleh Menelan Air Liur Sendiri Ketika Berpuasa?” Maka dari itu iky akan memberikan jawabannya, dan jawaban ini merupakan hasil dari pemaparan oleh Dr. Dzakir Naik.

Berikut adalah penjelasan dari Dr. Dzakir Naik
Berkenaan dengan menelan air liur, itu adalah tindakan yang normal, itu adalah tindakan yang alami. Dan ilmu pengetahuan saat ini mengatakan kepada kita bahwa ada beberapa liter air liur yang disekresikan oleh kelenjar ludah setiap harinya, dan itu adalah normal! Itu adalah alami! Bahwa manusia menelan air liurnya dan ini tidak dapat dihindari.

Dan Allah berfirman dalam Al – Quran Surah Al-Baqarah [2] : 185, setelah disebutkan tentang berpuasa selama Bulan Ramadhan dan jika dalam perjalanan mereka bisa menggantinya di kemudian. Disitu dikatakan “Allah SWT ingin membuatnya mudah bagimu dan tidak ingin menempatkanmu ke dalam kesulitan.”

Allah berfirman dalam surat Al – Hajj [22] : 78, “Allah SWT tidak ingin memberikanmu kesempitan dalam agamamu.”

Jadi menelan air liur adalah tindakan yang alami, dan aku tahu bahwa beberapa orang sering meludah, dan aku punya beberapa teman yang melakukan hal tipe seperti itu dan mengatakan “Menelan itu adalah haram!” dan mereka pun terus meludah. Dan bayangkan jika kamu harus melakukan ini sepanjang hari, maku kamu bahkan tidak bisa melakukan sholat dengan baik.

Karena ketika kamu melakukan sholat itu mengambil waktu beberapa menit, dan dalam beberapa menit juga air liur akan berkumpul. Jadi apakah kamu akan berkonsentrasi kepada meludah air liur atau kepada Allah SWT?

Jika kamu membaca Quran kamu harus meludah ke sisi samping. Aku tahu sebagian orang selalu menyimpan wadahnya, selalu meludah, tidak tahu aturannya. Jadi jika seseorang menelan air liur yang biasanya dari mulut, itu semua tidak bisa dihindari. Sama halnya ketika sesorang bernafas dengan debu, dimana seseorang pergi ke kota yang penuh polusi, dan ada partikel debu, kamu menghisap itu dan sampai ke paru-paru kita. Jadi itu semua dibolehkan karena ini adalah tindakan normal sehari-hari, dan ini tidak membatalkan puasamu!

Nah sobat, begitulah penjelasan dari Dr. Dzakir Naik, sangat jelas dan lengkap bukan? Kalau sobat mau yang lebih lebih lengkap lagi, nih silahkan lihat video yang dibawah udah iky siapin. Semoga bermanfaat ya sobat Aamiin.




Cukup sekian dulu postingan kali ini tentang “Apakah Boleh Menelan Air Liur Sendiri Ketika Berpuasa?” , jangan lupa coment dan juga share. Ingat berbagi ilmu itu penting dan pastinya ilmu tersebut akan berkah! ^_^ Wassalamu’alaikum!

Loading...

Share with your friends

5 komentar

  1. Saya sangat setuju dengan pernyataan dari Dr. Dzakir Naik :D

    BalasHapus
  2. oh ternyata jawabannya ini, saya takut kalau nelen lidah sendiri hahah waktu puasa

    BalasHapus
  3. Hmm sudah kuduga boleh, kalo misal kita gosok gigi termasuk batal juga kah?

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done