Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Tips Berpuasa Yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW

Tips Berpuasa Yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW
Menunggu Waktu Berbuka

KakaKiky - Assalamu’alaikum Sobat Semuanya, kali ini iky mau bagi bagiin tips nih agar puasanya tetap lancar dan kita pun tetap kuat dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, karena berpuasa di bulan Ramadhan itu wajib Hukumnya!

Nah iky udah sediain nih tips tips agar kita kuat menjalankan puasa, dan ini adalah tips yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Langsung aja yuk ini tipsnya!

1. Mengakhirkan Waktu Sahur Dan Menyegerakan Waktu Berbuka.
Tips Berpuasa Yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW
Sahur Sahur Sahur!

Nah maksud dari mengakhirkan watu sahur adalah, sebaiknya kita makan sahur itu setelah waktu mendekati imsak sobat, tapi harus diingat jangan terlalu dekat waktu sahurnya dengan imsak karena nanti sobat bakalan terburu buru sewaktu menyantap sahur kira kira makan sahurnya 15 atau 20 menit sebelum imsak.

Rasulullah bersabda: “Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Muslim)

Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah  menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat.” (HR. Shahih)

Sobat,  Rasulullah juga menganjurkan kita untuk menyegerakan berbuka, maksudnya adalah ketika sudah adzan maghrib berkumandang langsung lah berbuka jangan ditunda tunda lagi, karena Allah SWT sangat mencintai orang orang yang paling menyegerakan berbuka. Hal ini sesuai dengan hadist :

Rasulullah bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.” (HR. Tirmidzi)

2. Makan Kurma dan Madu Di Waktu Sahur Dan Berbuka
Tips Berpuasa Yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW
Kurma adalah makanan yang menyehatkan

Nah Sobat, agar kita kuat berpuasa kita juga bisa makan kurma dan madu di waktu sahur dan juga berbuka. Di waktu sahur makanlah 3 butir buah kurma dan 2 sendok makan madu oh iya hal ini dilakukan setelah makan nasi. Begitu pula sewaktu berbuka dahulukan memakan buah kurma dan juga madu dan minumlah air secukupnya (Minimal sebanyak 3 gelas) agar sobat semua tidak dehidrasi.

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” (HR. Imam Lima)

Kurma dan Madu ini mengandung kalori yang cukup tinggi loh sobat dan mampu memberikan sobat energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Nah makanan 4 sehat dan 5 sempurna juga jangan dilupakan ya karena sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

“Kemudian makanlah dari tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS. An Nahl: 69)

3. Tetap Melakukan Olahraga
Tips Berpuasa Yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW
Muslimah berolahraga

Sobat bulan puasa itu adalah bulan penuh berkah, jadi jangan jadikan bulan puasa itu sebagai ajang untuk malas malasan tentunya itu tidak baik! Meskipun kita dalam keadaan berpuasa kita harus tetap berolahraga tetapi intensitasnya agak dikurangi. Mungkin sobat bisa jalan atau lari pagi selama 30 menit, meskipun sobat merasa lelah haus dan berkeringat tetapi setelah mandi di pagi hari dan sore hari insyaAllah sobat bakalan segar kembali! (jangan mandi secara berlebihan ya sobat!)

Ibnu Mas’ud berkata, “Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia dalam keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.”(HR Bukhari).

 “Orang yang berpuasa boleh bersiwak (menggosok gigi) pada permulaan hari dan akhir hari (yakni pada pagi hari dan sore hari) dan tidak boleh menelan ludahnya.” (HR Bukhari)

Nah sobat yang terakhir ini memang harus dan wajib! Yaitu berpuasalah dengan berniat karena Allah Ta’ala di dalam hati, jangan berpuasa dengan niat agar dipuji orang ataupun biar disayang pacar puasa orang seperti ini tidak akan mendapatkan apa apa selain hanya rasa haus dan lapar. Jadi berpuasalah dengan berniat karena Allah ta’ala agar puasa sobat semua diterima aamiin.

Oke sobat sampai disini dulu ya postingan kali ini, iky sekeluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa kita semua diterima Allah SWT Aamiin, oh ya iky juga mau minta maaf ya kalo ada kesalahan pada sobat sobat semua. Jangan lupa di share ya postingannya

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)