Belajar Cara Membaca Al-Quran Seperti Hafiz Indonesia Terbaru! - Pramuka Muslim

Pict By Rudisign.deviantart.com | Edit By M. Rizki Riswandi

KakaKiky –
 Membaca Al-Quran adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim, karena pada hari akhir nanti Al-Quran lah yang akan menyelamatkan kita dari panas teriknya matahari yang hanya berada sejengkal dari atas kepala kita, Al-Quran juga yang akan mengangkat derajat kita di dunia dan akhirat bila kita membacanya, serta masih banyak lagi manfaat – manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca Al-Quran.

Nah, membaca Al-Quran itu sendiri akan lebih menyenangkan apabila kita lakukan dengan hati ikhlas dan penuh rasa kegembiraan, bukan merupakan paksaan dari orang lain atau karena sesuatu, akan tetapi lillahi ta’ala. Membaca Al-Quran dengan baik dan benar juga merupakan suatu kewajiban bagi kita umat muslim agar arti dan maknanya tidak salah.

Jika kita sudah belajar membaca Al-Quran dengan tajwid yang baik dan benar, barulah kita bisa membacanya dengan berirama, jangan kita bisa membaca Quran dengan berirama tapi tajwidnya salah, kan sangat disayangkan. Maka dari itu utamakan terlebih dahulu untuk mempelajari tajwid dengan baik dan benar.

Nah untuk postingan kali ini, iky akan membagikan sebuah tutorial membaca Al-Quran dengan berirama seperti hafiz-hafiz Indonesia yang ada di Tv. Tutorial ini dibuat oleh Ustadz Kris, oke langsung saja kita simak dengan seksama bagaimana tutorialnya! Agar lebih jelas sobat semua bisa lihat video tutorial berikut ini, atau bisa juga dengan mengikuti penjelasan yang ada di bawah. (Saya sarankan untuk melihat videonya agar lebih jelas dan mudah untuk memahaminya.)






RUMUS IRAMA BAYATI – Irama yang digunakan untuk belajar langgam bayati ini ditentukan oleh Ustadz kris sebagai berikut :

1.    Nada yang pertama naik
2.    Nada yang kedua datar
3.    Nada yang ketiga turun

Untuk Surah yang panjang, rumus iramanya adalah naik-datar-turun, tidak perlu berurutan dan boleh dibolak-balik sesuai dengan keinginan sobat.

Hal yang harus diperhatikan adalah, apakah sebuah ayat perlu untuk dibagi 2, 3, atau lebih atau langsung habis satu nafas.

Irama naik-datar-turun ditentukan berdasarkan panjang nafas sobat dan tempat berhenti.

Kita ambil contoh surah Al An’am (Dari ayat yang pertama), tidak perlu full naik karena panjang irama yang direkomendasikan oleh ustadz kris adalah kombinasi NAIK + DATAR.

Nah Bagaimana jika ayat panjang menggunakan irama naik? Alternatifnya adalah dengan cara dua kali putaran kombinasi Naik + Naik.

Ingat yang harus dihindari adalah sebisa mungkin jangan pakai satu irama untuk ayat yang panjang, karena akan menciptakan nada yang monoton.

Nah, ayat pertama surah Al-An’am dibagi menjadi 2 tepat pada waqof potongan pertama NAIK – DATAR, kemudia potongan yang kedua turun.

Tips selanjutnya adalah, ayat pertama surah Al-An’am totalnya menggunakan irama (NAIK + DATAR) + TURUN, naik dan datarnya digabung.

Bagaiman jika nafas pembaca pendek? Alternatifnya adalah dengan cara, satu ayat dipotong menjadi 3 irama masing-masing NAIK-DATAR-TURUN. Bagi sobat yang nafasnya kuat bisa membaca satu ayat dengan sekali tarik nafas.

Bagi sobat yang sudah terbiasa dengan irama tersebut pasti tidak akan memikirkan lagi dimana akan naik dan turunnya, pastilah akan lebih fokus dengan tajwid sehingga iramanya pun ikut terbawa.

Saran Dari iky agar sobat melihat video tutorial yang ada diatas karena lebih jelas dan mudah untuk memahaminya, misalkan menonton cara membaca surah Al-Fatihah yang dilantunkan oleh Muzammil Hasballah.

Cukup sekian dan terimakasih, jangan lupa untuk share artikel tutorial ini ya! Semoga Berkah, Aamiin. Wassalamu’alaikum!

6 komentar untuk "Belajar Cara Membaca Al-Quran Seperti Hafiz Indonesia Terbaru! - Pramuka Muslim"

Comment Author Avatar
pengen banget rajin baca al-quran kek dulu tapi gw disibukkin sama kegiatan real life jadi jarang sekali buka dan baca al-quran :(
Comment Author Avatar
Ayooo kak.. sama sama kita perbaiki... biar lebih rajin lagi... gabisa satu juz satu lembar aja... gabisa satu lembar 1 ayat aja kak... (y)
Comment Author Avatar
nice share gan sangat bermanfaat + dapat pahala :]