Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Kakakiky - Berkemah merupakan hal yang sangat disenangi oleh kebanyakan orang terutama bagi anak Pramuka. Bagi anak Pramuka berkemah itu merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan dan bisa dijadikan pengalaman yang tidak akan bisa untuk dilupakan. Diperkemahan itulah terjadi yang namanya BAPER (Bawa Perasaan) dan kata kata yang paling sering digunakan adalah BAPER di BUMPER (Bawa Perasaan di Bumi Perkemahan) hahahaha!

Berkemah di alam bebas bukan hanya menyenangkan akan tetapi memiliki beberapa hal yang patut untuk diwaspadai juga, karena ketika kita berkemah bukan hanya kita saja yang ada di tempat itu, masih banyak lagi makhluk makhluk lain yang berdiam diri ditempat tersebut. Mulai dari hewan tumbuhan bahkan makhluk mahkluk halus seperti jin dan hantu yang mungkin akan menjadi sangat berbahaya untuk keselamatan kita.

Keberadaan hewan dan tumbuhan mungkin masih bisa kita maklumi, tapi yang sangat meresahkan adalah keberadaan dari mahkluk halus seperti jin dan hantu itu sendiri. Terkadang mereka sangat suka mengganggu kita, menjahili kita, bahkan mecelakai kita.

Hal ini disebabkan karena mungkin kita kurang bersahabat dengan alam dan tempat tinggal mereka, atau mungkin karena perilaku dan sikap kita yang tidak baik sehingga membuat mereka marah dan menyerang kita.

Lalu bagaimana kak kalau kita sudah terlanjur diganggu oleh makhluk halus tersebut? Adakah caranya untuk mengusir mereka agar tidak mengganggu lagi?

Ya! Jawabannya ada, berikut ini iky telah merangkum beberapa cara untuk mengusir gangguan gangguan mahkluk halus yang ada di bumi perkemahan, langsung saja disimak dengan baik!


1| Tetap Melaksanakan Sholat 5 Waktu
Pict By Alizzah.net

Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi kita yang beragama islam, degan mendirikan sholat berarti kita juga ikut mendirikan agama karena sholat itu adalah tiangnya agama. Sementara mahkluk halus mereka akan merasa sangat gelisah karena kita berbuat amalan yang shaleh, sehingga hal ini membuat mereka akan pergi menjauh dari kita dan tidak menggangu kita lagi. Dengan mengerjakan sholat 5 waktu juga akan membuat Bumi Perkemahan kita tidak sepi seperti kuburan meskipun sudah malam hari.


2| Senantiasa Membaca Al-Quran
Pict By al-izzah.sch.id

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa orang-orang yang membaca Al-Quran terutama surah Al-Baqarah akan membuat setan lari terpingkal pingkal. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengamalkan ini terutama di tenda kita masing masing agar tempat kita berdiam diri senantiasa dilindungi oleh Allah dari gangguan setan dan mahkluk halus lainnya.


3| Baca Bismillah ketika Menutup Tenda
Pict By terangnyaislam.blogspot.co.id

Jika kita ingin menutup tenda maka bacalah Bismillah, niscaya para setan dan mahkluk halus lainnya tidak akan bisa membuka dan tidak akan bisa masuk kedalam tenda kita, karena pintu pintu yang kita tutup dengan menyebut nama Allah tidak akan bisa dibuka oleh para Setan.


4| Membaca Do’a Ketika Akan Makan
Pict By kabarmakkah.com

Makan Beramai-ramai sewaktu kegiatan berkemah memang hal yang sangat menyenangkan, akan tetapi jangan sampai lupa membaca do’a bersama sama sebelum makan ya! Karena jin dan setan itu akan mencari makan pada orang yang tidak membaca do’a ketika makan. Jika kita membaca do’a sebelum makan, maka para jin dan setan itu akan kelaparan dan pergi menjauh ketempat lain untuk mencari makanan.


5| Usahakan Jangan Hidupkan Musik
Pict By worldredeye.com

Nah, ini yang paling sering dilakukan oleh kita, karena mungkin kita akan lebih senang dan gembira ketika kita mendengarkan musik. Tapi tahukah kakak-kakak kalau dengan menghidupkan musik akan mengundang para makhluk halus? Ya hal ini dikarenakan mereka suka dengan bunyi seperti lonceng dan musik. Menurut sebuah hadist mahkluk halus akan berkumpul dan masuk kerumah yang terdengar bunyi musik dan lonceng. Ya jadi pandai pandailah kak, kalau bisa sih ketika larut malam jangan menghidupkan musik ya!


6| Menaburkan Air Ruqyah Di sekitar tenda atau Bumi Perkemahan.
Pict By worldredeye.com

Nah kak, kalau gangguan setan dan mahkluk halus itu semakin menjadi jadi bahkan bisa mencelakai kita, maka taburkan saja air ruqyah disekitar tenda kita, insyaallah mereka akan pergi menjauh dan tidak kembali lagi. “Tapi bagaimana caranya kak iky?”. Nah caranya adalah dengan membaca ayat Kursi, Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surah An-Nas sebanyak masing masing 3 kali lalu tiupkan ke air putih tadi. Setelah itu taburkan air tersebut di sekitar tenda dan kalau perlu disekitar bumi perkemahan. Insyaallah tempat kita berkemah akan terbebas dari gangguan jin setan dan mahkluk halus lainnya.

Leave A Reply
  1. hati senantiasa berdikir dan ingat sama tuhannya.. mungkin itu cara ampuh, simple kan

    ReplyDelete
  2. bukan makhluk halus doang gan, hewan pun bisa datang hehe

    ReplyDelete
  3. harus selalu ingat sama Allah Subhanahuwataala

    ReplyDelete
  4. Wah, artikel bagus kak kiki aku suka artikel nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak ^_^ semoga betah disini ya wkaakkakaka

      Delete
  5. engga cuma di perkemahan aja kayaknya, bisa buat di tempat lain juga yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak aulia... hal ini bisa dipraktekkan dimanapun.. karena artikel ini meyangkut dengan kepramukaan jadi saya buat dengan tema perkemahan hehehe :D :-d

      Delete
  6. Replies
    1. Nah caranya adalah dengan membaca ayat Kursi, Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surah An-Nas sebanyak masing masing 3 kali lalu tiupkan ke air putih tadi. Setelah itu taburkan air tersebut di sekitar tenda dan kalau perlu disekitar bumi perkemahan. Insyaallah tempat kita berkemah akan terbebas dari gangguan jin setan dan mahkluk halus lainnya.

      Sekali lagi dibaca baik baik ya kak

      Delete
  7. Sangat bermanfaat kak, saya pernah mengalami ketika mendampingi adik2 di perkemahan ada kejadian seperti itu.
    Memang disaat kemah kita harus mengamalkan nilai2 spiritual.
    Nice post kak. salam saya dari lampung tengah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kak! alhamdulillah senang rasanya kalau menulis terus ada manfaatnya untuk orang lain... terimakasih juga sudah berkunjung kak!

      Delete
  8. wah kebetulan banget nih,soalnya bulan maret nanti sekolah saya ada kemah moga bisa dipraktekkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. saya do'akan supaya kegiatannya lancar kak :D hehehe

      Delete
  9. bermanfaat gan ,ane juga anak pramuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kak udah berkunjung Salam Pramuka!

      Delete
  10. Wahahah lengkap bnerr,,, iman harus kuat emang (o)

    ReplyDelete
  11. Yang paling utama jangan lupa berdoa pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip kak kalo mau ngelakuin segala sesuatu itu harus berdo'a dulu biar berkah hasilnya hehehhe :D

      Delete
  12. bermanfaat gans, kemah ane dulu banyak yang kerasukan soalnya.

    ReplyDelete
  13. harus di terapkan di lingkungn sekitar juga nih..

    nice 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak... amalan ini bisa diterapkan dimanapun :D

      Delete
  14. Gk cuma di perkemahan aja gan di kehidupan sehari" juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener banget kak... karena ini meyangkut masalah kepramukaan jadi saya buat dengan tema perkemahan hehehe :]

      Delete
  15. wah.. informasi yg sangat berguna gan. ajib dah (y)

    ReplyDelete
  16. perilaku kak harus sopan, jgn sembrono :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga tuh kak! terkadang hal sepele seperti ini yang sering dilupakan... sehingga membuat mahkluk mahkluk lain merasa terganggu dan akhirnya marah :D

      Delete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)