Ciri Ciri Senior Pramuka Yang Tidak Baik Dan Tidak Patut Dicontoh! - Renungan

Design by M. Rizki Riswandi

KakaKiky - Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia, Kata Senior itu artinya adalah orang yang lebih tinggi jabatannya, orang yang lebih matang dalam pengalaman dan juga kemampuan. Di dalam Pramuka kita juga sering mendengar istilah Kakak senior dan adik junior. Dimana seorang senior harus bisa mengontrol dan menjaga adik adiknya serta mengarahkan mereka kepada hal yang benar.

Seorang kakak senior Pramuka juga harus memiliki kecerdasan, ketegasan, serta juga kedisiplinan, agar bisa dicontoh oleh adik adik juniornya. Tapi amat disayangkan apabila seorang senior justru berperilaku semena mena terhadap adik didiknya, dengan alasan “alah kami dulu lebih parah kok dari ini, kalian masi segini doang udah gatahan dasar manja!”. Itulah kata-kata yang sering keluar dari mulut kebanyakan senior, tidak semua ya kak tapi sih umumnya gitu hahahaha! (Pengalaman).

Nah tau kah kakak-kakak bagaimana ciri-ciri seorang senior yang tidak baik itu? Berikut ini sudah iky rangkum ciri-ciri seorang senior Pramuka yang tidak baik, mari kita simak satu persatu sembari di cek ya kak, apakah sifat ini ada didalam diri kakak-kakak? Oke Here We Go!


Ciri-ciri Senior Pramuka yang tidak baik dilihat dari segi Sikap atau Sifatnya

1.        Jika kakak-kakak sedang melaksanakan sebuah kegiatan atau lomba, senior tersebut akan datang dan langsung marah-marah tanpa alasan dan tujuan yang jelas, katanya sih cuman mau menguji mental dari para peserta.
2.        Jika senior tersebut sedang berbicara, isi pembicaraannya Cuma membangga banggakan kondisi Pramuka pada zaman mereka. Syukur syukur aja yang dibanggain itu memang benar adanya lah kalau cuman HOAX? Ya malu lah!
3.        Ketika mereka datang maunya sih dijamu dan dilayani layaknya seorang Putri dan Raja, kalau enggak? Ya siap siapin badan aja deh terima akibatnya, hahahahah!
4.        Terkadang sewaktu senior itu memberikan sebuah materi, materi tersebut tidak sesuai dengan Judul dan Temanya.
5.        Suka berkomentar secara bebas, dan selalu saja membanding-bandingkan Pramuka pada zamannya “Zaman Saya Mah! Begini begono begene... bla bla bla” katanya sih begitu.
6.        Suka ngatur-ngatur jalannya sebuah acara, padahal acara tersebut sudah disusun secara rapi oleh kakak-kakak panitia, bahkan merekapun bisa untuk merubah jadwal tersebut.
7.        Nah dan yang paling menjengkelkan adalah yang terakhir ini, mereka suka MEMBUAT ACARA DALAM ACARA.

Hahahaha! Dari ciri-ciri yang sudah iky sebutkan diatas, apakah ada yang melekat di diri kakak-kakak? Kalau ada mari kak kita ubah mulai sekarang, jangan sampai hal tersebut merusak citra kita sebagai kakak senior, bahkan merusak adik junior kita pula karena nantinya mereka akan meniru tindakan tindakan yang telah kita lakukan. Eittss belum selesai sampai disini kak, masih ada ciri-ciri lainnya, oke mari kita lihat!


Ciri-ciri Senior Pramuka Yang Tidak Baik Dilihat Dari Cara Berpakaian.



1.        Tidak memakai seragam Pramuka, ya alasannya sih sudah tidak muat.
2.        Ujung baju dilinting/dilipat supaya kelihatan gagah garang dan lebih dewasa.
3.        Selalu bawa tas kecil, dan biasanya selalu tergantung di bahu sebelah kanan.
4.        Memakai celana jeans berwarna coklat tua biar necis dengan warna celana Pramuka.
5.        Biasanya rambutnya itu gondrong.
6.        Selalu pasang wajah garang supaya ditakuti oleh adik adik junior
7.        Pake setangan leher Merah-Putih supaya ada nuansa kepramukaan. Tidak pake ring, tapi ujungnya itu diikat dengan simpul. Atau terkadang pakai scraf tingkat tinggi.
8.        Memiliki HP/HT yang dipasang dipinggang supaya terlihat kerennya seperti pak polisi dan pak TNI
9.        Memiliki benda yang dipegang-pegang seperti kayu, ranting, bambu dan lain lain supaya terlihat lebih garang.
10.     Memakai sendal gunung biar terlihat seperti penjelajah.

Hahahaha! Santai kak jangan panik, karena iky yakin sebagian dari kakak-kakak yang baca postingan ini pasti memiliki sifat sifat dan gaya seperti yang iky sebutkan tadi. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah sifat dan gaya buruk tersebut kak, ayo mulai sekarang kita berubah jadi lebih baik lagi.

Lantas bagaimana kita mengetahui ciri-ciri seorang senior Pramuka yang baik?  Dan bagaimana caranya untuk menjadi seorang senior Pramuka yang baik? Agar perkataan kita selalu didengarkan oleh adik adik junior kita? Baiklah untuk hal tersebut akan iky bahas khusus di artikel selanjutnya. Jadi ikutin terus ya blog kakakiky! Sampai disini dulu jangan lupa share artikel ini supaya makin banyak senior-senior yang salah sadar akan perbuatan dan sikapnya. Jangan lupa juga untuk Like Fanspage KakaKiky di facebook kamu bisa klik link berikut Facebook KakaKiky

17 komentar untuk "Ciri Ciri Senior Pramuka Yang Tidak Baik Dan Tidak Patut Dicontoh! - Renungan"

Comment Author Avatar
mntep nih gan jadi tah ciri" senior yg gk baik untuk di tiru
Comment Author Avatar
sebetulnya bukan cuma di pramuka aja sih, di organisasi lain juga gitu. di parpol juga gitu sebenernya.
Comment Author Avatar
untung ane udh keluar dari pramuka :v
Comment Author Avatar
kok malah untung? rugi lah keluar dari pramuka... :-s :-t
Comment Author Avatar
habis baca artikelnya jadi keingat waktu pramuka dulu hehe
Comment Author Avatar
banyak mah yang ginian hahaha:v
Comment Author Avatar
Udah diambil positifnya aja.. Kalau kita banyak cing cong apa bedanya sama mereka"��
Comment Author Avatar
Kak mau nanya ciri2 poin yg ke 3 itu. Emang gak boleh banget ya pakek tas kecil gitu? Dosa? Haram? Atau gimana hukumnya? Atau harus kemana2 pakek ransel gede kayak mau piknik itu? Atau bagaimana kak? Tas kan menyesuaikan kebutuhan kak. Hmmm...
Comment Author Avatar
Tapi gabisa dipungkiri kalo itu memang jadi salah satu ciri cirinya