Materi Pramuka Tentang PP (Pertolongan Pertama) Lengkap - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

2/16/2017

Materi Pramuka Tentang PP (Pertolongan Pertama) Lengkap

Desain By M. Rizki Riswandi

Kakakiky - P3K atau yang sekarang kita kenal sebagai PP adalah pertolongan pertama yang diberikan pada seorang korban atau lebih, yang mengalami sakit ataupun cedera sebelum mendapatkan perawatan khusus dari pihak yang terlatih (Dokter dan Medis).


Dari pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa Pertolongan Pertama yang kita berikan kepada si korban dapat menyelamatkan jiwanya dari bahaya cidera berkepanjangan dan bahkan kematian. Jadi Pertolongan Pertama ini sangat penting untuk dikuasai oleh seorang anggota Pramuka.

Perlengkapan dari PP sangatlah tergantung kepada kebutuhan dari si korban serta pengetahuan dan juga keterampilan  dari si penolong. Mengetahui penangganan pertama yang akan kita berikan kepada si korban adalah sangat penting, salah sedikit saja bisa fatal! Sebagai contoh ada seorang korban yang mengalami cedera leher, apabila kita asal asalan dalam menangganinya bisa saja si korban akan mengalami cedera syaraf tulang belakang yang akan mengakibatkan kelumpuhan. Jadi hati hati ya kak!

Perlengkapan PP (Pertolongan Pertama)



















Lalu bagaimana cara menangganinya? Nah yang pertama-tama harus kakak lakukan adalah melakukan evaluasi (pengamatan) terhadap kondisi awal dari si korban. Salah satu metode yang bisa kakak gunakan adalah metode ABC. Apa itu metode ABC? Berikut penjelasan singkatnya.

A : Airway = Lihat apakah jalan udara pernapasan si korban terbuka atau terhalang? Misalkan oleh debu, air, ataupun darah kering


AirWay (Jalur Pernafasan)


B : Breathing = Lihat apakah korban bernafas? Lihat, dengar, dan rasakan hembusan nafas si korban.


Breathing (Bernafas)


C : Circulation = Lihat apakah ada denyut nadi? Apakah ia mengalami pendarahan luar? Lihat juga perubahan warna kulitnya si korban serta suhu tubuh sebagai indikasi adanya masalah dari peredaran darah si korban.


Circulation (Sirkulasi darah)


Tujuan PP

1. Meringankan penderitaan si korban
2. Mencegah pendarahan dan infeksi
3. Mencegah bahaya cacat dan kematian

Dari point point diatas bisa kita ketahui bahwa tujuan utama dari PP itu adalah bukan berarti kita mengobati si korban, akan tetapi kita hanya memberikan pertolongan pertama saja sambilan menunggu pertolongan yang datang dari ahlinya (dokter dan medis).


Langkah - langkah PP (Pertolongan Pertama)
1.    Hal pertama yang harus kakak lakukan adalah melihat terlebih dahulu bagaimana keadaan si korban
2.    Apabila memungkinkan, bawa korban ketempat yang lebih aman, lakukan apa saja yang bisa kakak lakukan untuk mengurangi penderitaan yang dirasakan oleh korban jangan lakukan apabila tidak memungkinkan karena justru akan membahayakan si korban. Segeralah memberitahukan kecelakaan tersebut kepada dokter, puskesmas, atau rumah sakit terdekat.
3.    Tertibkanlah masyarakat yang ada disekitar kejadian, jangan sampai mengganggu pernafasan dari si korban, apalagi kalau ada masyarakat yang berselfi ria di dekat sikorban langsung saja ditindak tegas!
4.    Jika keadaan memang sangat memaksa, serta ahli medis pun belum datang, lakukanlah prosedur gawat darurat.

Nah cukup sampai disini dulu ya kak artikel tentang materi PP (Pertolongan Pertama). Semoga bermanfaat, dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari. Jangan lupa juga untuk terus mengikuti blog KakaKiky karena tiap harinya akan mengupdate tentang materi Pramuka (Insyaallah).

Supaya tidak ketinggalan update update blog kakakiky kakak kakak bisa follow fanspage facebooknya KakaKiky disini >> Fanspage KakaKiky

Referensi : Buku Boyman

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done