Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page



Fakta Pramuka - Letak Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka

Follow Instagram KakaKiky - @kakakiky.id

KakaKiky - Jika kita lihat realita dilapangan masih banyak terjadi salah kaprah (salah Paham) di dunia kepramukaan, salah satunya adalah “Tanda Pelantikan”. Tidak sedikit pula anggota Pramuka yang menganggap kalau tanda pelantikan itu adalah tanda yang dipasang di lengan baju sebelah kiri (pada Pramuka Siaga dan Penggalang) ataupun di lidah baju (Pada Pramuka Penegak dan Pandega). Padahal tanda yang dimaksud itu adalah TKU (Tanda Kecakapan Umum) yaitu salah satu bagian dari Tanda Kecakapan dalam Gerakan Pramuka.

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah, sebenarnya yang mana sih Tanda Pelantikan itu?

Tanda Pelantikan itu adalah tanda yang berbentuk belah Ketupat, berada di baju seragam Pramuka dan dipasang di saku sebelah kiri (pada putra) atau di dada sebelah kiri (Siaga Putra). Sedangkan untuk Pramuka Putri Tanda Pelantikan tersebut berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kiri.

Lalu, mengapa tanda tersebut disebut Tanda Pelantikan?


Disebut Tanda Pelantikan dikarenakan tanda tersebut hanya boleh digunakan setelah orang itu resmi dilantik menjadi anggota dari Gerakan Pramuka. Bukan dilantik karena telah lulus SKU. Jadi jangan salah lagi ya kakak kakak untuk membedakan yang mana TKU dan yang mana Tanda Pelantikan.

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)