Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Pramuka - Letak Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka

Pict From Instagram - @galeripramuka
KakaKiky - Jika kita lihat realita dilapangan masih banyak terjadi salah kaprah (salah Paham) di dunia kepramukaan, salah satunya adalah “Tanda Pelantikan”.

Tidak sedikit pula anggota Pramuka yang menganggap kalau tanda pelantikan itu adalah tanda yang dipasang di lengan baju sebelah kiri (pada Pramuka Siaga dan Penggalang) ataupun di lidah baju (Pada Pramuka Penegak dan Pandega).

Padahal tanda yang dimaksud itu adalah TKU (Tanda Kecakapan Umum) yaitu salah satu bagian dari Tanda Kecakapan dalam Gerakan Pramuka.

cara memasang tanda pelantikan pramuka
Follow Instagram - @kakakiky.id

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah, sebenarnya yang mana sih Tanda Pelantikan itu?

Tanda Pelantikan itu adalah tanda yang berbentuk belah Ketupat, berada di baju seragam Pramuka dan dipasang di saku sebelah kiri (pada putra) atau di dada sebelah kiri (Siaga Putra). Sedangkan untuk Pramuka Putri Tanda Pelantikan tersebut berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kiri.

Lalu, mengapa tanda tersebut disebut Tanda Pelantikan?

Disebut Tanda Pelantikan dikarenakan tanda tersebut hanya boleh digunakan setelah orang itu resmi dilantik menjadi anggota dari Gerakan Pramuka. Bukan dilantik karena telah lulus SKU. Jadi jangan salah lagi ya kakak kakak untuk membedakan yang mana TKU dan yang mana Tanda Pelantikan.

4 komentar untuk "Fakta Pramuka - Letak Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka"

  1. Terus kalo perjalanan dari penggalang ke penegak bantara itu dinamakan apa ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggalang menuju penegak itu dinamakan tamu penegak kak :)

      Hapus