Cara Serta Syarat-Syarat Untuk Menjadi Pramuka Garuda - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

6/13/2017

Cara Serta Syarat-Syarat Untuk Menjadi Pramuka Garuda


KakaKiky - Beberapa hari yang lalu iky telah menjelaskan tentang apa itu Pramuka Garuda secara lengkap dan jelas, serta kronologis pelantikannya menjadi Pramuka Garuda. Buat kakak kakak yang belum membaca tentang artikel tersebut, kakak kakak bisa klik link yang ada di kotak hitam dibawah ini.


Nah, untuk postingan kali ini iky akan membahas tentang bagaimana sih caranya menjadi seorang Pramuka Garuda? Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang Pramuka Garuda? Oke untuk menjawab pertanyaan tersebut iky akan memaparkan penjelasannya secara lengkap dibawah ini, baik Pramuka Garuda untuk golongan siaga, penggalang, penegak, dan juga pandega. Mohon disimak dengan baik ya kak!


SYARAT-SYARAT UNTUK MENJADI PRAMUKA GARUDA

1| SYARAT-SYARAT PRAMUKA GARUDA UNTUK PRAMUKA SIAGA
Pict From Instagram Account @day_comic
Untuk Pramuka Siaga baru bisa ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika dia telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
·     Dapat menjadi contoh yang baik dalam perindukan Siaga, di Rumah, di sekolah, dan di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi daripada Dwisatya serta Dwidharma
·     Telah dapat menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) tingkat Siaga Tata.
·     Telah memiliki TKK (Tanda Kecakapan Khusus) untuk Pramuka Siaga, sedikit-dikitnya 6 macam dari 3 bidang TKK
·     Telah dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri paling sedikit sebanyak 9 macam dengan menggunakan sedikitnya 3 macam bahan.
·     Anggota siaga tersebut sudah pernah mengikuti Pesta Siaga, sedikitnya dua kali.
·     Dapat membuktikan bahwa dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur.
·     Dapat pula menunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.

2| SYARAT-SYARAT PRAMUKA GARUDA UNTUK PRAMUKA PENGGALANG
Pict From Instagram Account @prajuritexecutive
Untuk Pramuka Penggalang baru bisa ditetapkan sebagai Pramuka Garuda Jika dia telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
·     Dapat menjadi contoh yang baik dalam Pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah ataupun di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadharma
·     Telah memiliki TKK untuk Pramuka Penggalang, sedikit-dikitnya 10 macam dari 3 bidang TKK, sedikitnya satu macam TKK tingkat utama dan dua macam TKK tingkat Madya
·     Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikitnya 10 macam dengan menggunakan sedikitnya 5 macam bahan.
·     Telah mengikuti Jambore, Perkemahan, Bakti dan Lomba Tingkat.
·     Dapat pula membuktikan bahwa dirinya adalah penabung yang rajin dan teratur.
·     Dapat menunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya
·     Dapat menjalankan salah satu cabang olah raga, misalnya atletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan atapun cabang olahraga lainnya
·     Telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

3| SYARAT-SYARAT PRAMUKA GARUDA UNTUK PRAMUKA PENEGAK
Pict From My Instagram @letkolrizki
Untuk Pramuka Penegak baru bisa ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika dia telah memenuhi syarat-syarat berikut ini :
·     Dapat menjadi contoh yang baik dalam gugus depannya, di rumah, di sekolah, di tempat kerja, maupun di dalam masyarakat, sesuai dengan isi dari Trisatya dan juga DasaDharma.
·     Harus bisa memahami Undang-undang Dasar 1945
·     Telah menyelesaikan SKU tingkat Penegak Laksana.
·     Telah mendapatkan TKK untuk Pramuka Penegak, sedikitnya 10 macam dari 3 bidang TKK, sedikitnya 1 macam TKK tingkat utama, dan 3 macam TKK tingkat Madya
·     Setidaknya paling sedikit ia sudah pernah 3 kali mengikuti pertemuan-pertemuan Pramuka untuk golongan Penegak, di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional ataupun internasional
·     Telah tergabung dalam satuan Karya Pramuka, serta dapat menyelenggarakan suatu proyek produktif yang bersifat perorangan atau bersifat bersama, sesuai dengan SAKA yang diikutinya.
·     Dapat pula membuktikan dirinya sebagai penabung Tabanas yang rajin dan teratur.
·     Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang di seni budaya, ataupun membantu menyelenggarakan pertunjukan kesenian.
·     Dapat menjalankan dan memimpin salah satu cabang olahraga.
·     Pernah mengikuti kegiatan memikirkan, merencanakan, melaksanakan, serta menilai kegiatan pembangunan masyarakat di lingkungannya.

4| SYARAT-SYARAT PRAUKA GARUDA UNTUK PRAMUKA PANDEGA
Pict From Instagram Account @irwan1408maulana
Untuk Pramuka Pandega baru bisa ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika dia telah memenuhi syarat-syarat berikut ini :
·     Dapat menjadi contoh yang baik dirumah, disekolah atau perguruannya, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi dari Trisatya dan juga DasaDharma.
·     Dapat memahami UUD 1945 dan GBHN
·     Telah menyelesaikan SKU tingkat Pandega
·     Sedikit-dikitnya telah 3 kali mengikuti acara yang dipilihnya diantaranya seperti Pertemuan Pramuka golongan Penegak dan Pandega di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional ataupun internasional. Perkemahan Wirakarya atau Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) di ranting, cabang, atau daerah. Integrasi masyarakat atau peninjauan proyek-proyek kegiatan, atau kunjungan timbal balik diantara Pramuka Pandega antar gugusdepan, ranting, cabang, daerah, ataupun nasional baik secara perorangan maupun secara bersama sama dalam ikatan satuan, dan membuat laporannya
·     Sedikit-dikitnya sudah 3 kali ikut membuat perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengawasan, penilaian dan penyelesaian salah satu ataupun gabungan dari kegiatan kegiatan seperti Pesta Siaga, Perkemahan Penggalang, dan juga Raimuna, Perkemahan Wirakarya, Muspanitera, ataupun pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Lainnya.
·     Setidaknya paling sedikit sudah 3 kali ikut membantu salah satu kegiatan yang ada di masyarakat, peringatan, peralatan, proyek pembangungan dan lain lain.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai Syarat-Syarat untuk menjadi Pramuka Garuda berdasarkan Golongannya baik Siaga, Penggalang, Penegak, ataupun Pandega. Dengan cara memenuhi semua persyaratan tersebut maka kakak kakak akan bisa dilantik menjadi Pramuka Garuda, yaitu pramuka dengan tingkatan yang paling Tinggi Wow!
Nah apakah kakak kakak yang membaca artikel ini ada yang dari Pramuka Garuda? Kalau ada silahkan berikan komentar dibawah ya! Serta bagikan pengalamannya.

Loading...

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done