Inilah Daftar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dari Tahun Ke Tahun - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

12/15/2017

Inilah Daftar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dari Tahun Ke Tahun


KakaKiky - Tahukah kakak? Sejak pertama kali didirikan (1961), Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah dipimpin oleh tujuh orang yang berbeda. Nah, pada kesempatan kali ini iky ingin menjabarkan secara lengkap siapa saja yang pernah menjabat menjadi ketua kwarnas Gerakan Pramuka, untuk itu mari disimak dengan seksama penjabaran berikut ini.

1| SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX (1961-1974)
Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan ketua kwarnas pertama kali sekaligus beliau lah yang masa baktinya paling banyak yaitu selama 4 periode atau dengan masa terlama kedua yaitu 13 tahun. Sesuai dengan catatan sejarah gerakan pramuka di Indonesia, pada tanggal 14 Agustus 1961, Presiden RI yang pertama yaitu Ir.Soekarno mengangkat dan melantik Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional), kwarnas dan kwarnari. Mapinas diketuai oleh Ir.Soekarno sendiri sedangkan kwarnari diketuai oleh Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh, sedangkan Kwarnas diketuai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat sebagai ketua kwarnas Gerakan Pramuka selama 13 tahun dengan masa bakti 4 periode. Pada saat itu masa bakti seorang Ketua Kwarnas adalah 4 tahun.

2| LETJEN. M. SARBINI (1974-1978)
Letjen. Sarbini
Ketua Kwarnas yang kedua adalah Letjen. M. Sarbini. Beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soekarno (1966) dan Menteri Transmigrasi dan Koperasi pada masa pemerintahan presiden Soeharto (1968-1973). Pada tahun berikutnya yaitu tahun 1974 beliau terpilih untuk menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dalam Munas I Gerakan Pramuka pada tanggal 20-27 November 1974 di Manado, Sulawesi Utara. Sayangnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya setahun sebelum masa baktinya sebagai ketua Kwarnas berakhir.

3| Letjen. Mashudi (1978-1993)
Letjen. Mashudi
Ketua Kwarnas yang ketiga adalah Letjen. Mashudi, beliau adalah ketua kwarnas yang menjabat paling lama dibandingkan yang lainnya. Beliau terpilih dalam Munas II Gerakan Pramuka pada tanggal 29 Oktober - 5 November 1978 di Bukit Tinggi dan terpilih kembali hingga untuk ketiga kalinya (tiga periode masa bakti).

Letjen. Mashudi meskipun belau hanya menjabat 3 periode, namun masa jabatannya lebih lama dibandingkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, karena semenjak Munas II tersebut masa bakti Kwarnas diubah dari 4 tahun menjadi 5 tahun., sehingga Letjen.Mashudi menjabat selama 15 Tahun.

4| Letjen. Himawan Sutanto (1993-1998)
Letjen. Himawan Sutanto
Letjen. Himawan Sutanto terpilih menjadi ketua kwarnas yang keempat dalam Munas V Gerakan Pramuka pada tanggal 2-8 November 1993 di Jayapura, Papua. Beliau menjabat hanya selama satu periode.

5| Letjen. Rivai Harahap (1998-2003)
Letjen. Rivai Harahap
Letjen. Rivai Harahap terpilih menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang kelima dalam Munas VI yang berlangsung mulai dari tanggal 31 Oktober - 8 November 1998 di Samarinda, Kalimantan Timur. Beliau pun juga hanya menjabat selama 1 masa bakti.

6| Prof. Dr. Azrul Azwar, MPH (2003-2013)
Prof. Dr. Azrul Azwar, MPH
Prof. Dr. Azrul Azwar, MPH terpilih menjadi ketua Kwarnas yang keenam dalam Munas VII yang berlangsung pada tanggal 15-19 Desember 2003 di Pontianak, Kalimantan Barat, dan pada munas yang ke VIII yang dilaksanakan pada tanggal 15-18 November 2008 di Cibubur, Jakarta, beliau kembali terpilih menjadi ketua kwarnas sehingga masa baktinya menjadi 2 periode.

7| Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. (2013 hingga sekarang)
Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada saat ini adalah Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. Beliau telah terpilih menjadi ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang ketujuh dalam munas IX yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 Desember 2013 di Kupang, NTT. Beliau masih menjabat hingga sekarang (2017).

Secara singkat Masa jabatan atau periode dari ketujuh ketua Kwarnas tersebut dapat kakak-kakak lihat dalam tabel sederhana berikut ini :
Daftar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Nah, itulah penjabaran tentang siapa saja yang pernah menjabat sebagai ketua kwarnas Gerakan Pramuka, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kakak-kakak jangan lupa untuk share artikel ini dan tinggalkan komentar bila ada yang kurang dimengerti, cukup sekian wassalamu’alakum dan salam Pramuka!

Sumber Referensi : www.pramukaria.blogspot.co.id

Share with your friends

3 komentar

  1. sudah lupa saya tentang ketua kwarnas.Dulu juga ikut pramuka.
    Mampir ke alfisbu.blogspot.com ya :D

    BalasHapus
  2. ternyata letjen mashudi lah yg menjabat paling lama, saya kira bapak pandu indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono IX

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done