Ringkasan Materi SMA Kelas 11 BAB Sistem Pernapasan Pada Manusia - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

1/16/2018

Ringkasan Materi SMA Kelas 11 BAB Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sumber Gambar : https://hidupsimpel.com
KakaKiky - Berikut ini adalah ringkasan Materi SMA kelas 11 tentang BAB Sistem Pernapasan pada Manusia, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya, silahkan dicatat.

BAB 7 SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

A. Alat Pernapasan Manusia
1. Hidung
            Hidung merupakan bagian paling atas dari alat pernapasan dan merupakan alat pernapasan paling awal yang dilalui udara. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk meyaring udara yang masuk dan mengeluarkan partikel-partikel.

2. Laring (Pangkal Tenggorokan)
            Faring merupakan lanjutan dari saluran hidung yang meneruskan udara ke laring. Laring terdiri dari lempengan-lempengan tulang rawan. Bagain dalam dindingnya digerakkan oleh otot untuk menutup dan membuka glotis. Glotis adalah lubang mirip celah yang menghubungkan faring dengan trakea.

3. Trakea (Batang Tenggorokan )
            Trakea tersusun dari cincin tulang rawan yang terletak di depan kerongkongan dan berbentuk pipa. Bagian dalam trakea licin dan dilapisi oleh selaput lendir dan mempunyai lapisan yang terdiri dari sel-sel besilia.

4. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)
            Merupakan bagian yang menghubungkan paru-paru dengan trakea. Bronkus terdapat di paru-paru kanan dan kiri. Setiap bronkus terdiri dari lempengan tulang rawan dan dindingnya terdiri dari otot halus.

5. Pulmo (Paru-Paru)
            Paru-paru adalah alat pernapasan yang terletak di dalam rongga dada dan di atas diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru diselubungi oleh selaput elastis yang disebut pleura.

B. Mekanisme Pernapasan
            Proses pernapasan pada manusia dapat terjadi secara sadar maupun secara tidak sadar, berikut penjelasannya.

1. Pernapasan Dada
            Pernapasan dada disebut juga pernapasan tulang rusuk. Proses inspirasi diawali dengan berkontraksinya muskulus interkostalis, sehingga menyebabkan terangkatnya tulang rusuk. Sebaliknya, proses ekspirasi berlangsung pada saat muskulus interkostalis berelaksasi sehingga tulang rusuk turun kembali.

2. Pernapasan Perut
            Mekanisme proses inspirasi pernapasan perut diawali dengan berkontraksinya otot diafragma, sehingga diafragma yang semula melengkung berubah menjadi datar. Proses ekspirasi terjadi pada saat oto diafragma berelaksasi, sehingga diafragma kembali melengkung.

C. Volume Dan Kapasitas Paru-Paru
            Pada orang dewasa volume paru-paru berkisar antara 5-6 liter yang terdiri dari :
     1.    Volume tidal kira-kira 500 mililiter.
     2.    Volume dengan inspirasi mencapai 3000 mililiter.
     3.    Volume cadangan ekspirasi pada keadaan normal sebanyak 1100 mililiter.
     4.    Volume residu kira-kira sebanyak 1200 mililiter.

D. Frekuensi Pernapasan
          Cepat Lambatnya manusia melakukan pernapasan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut :
     1.    Umur
     Bertambahnya umur seseorang mengakibatkan frekuensi pernapasan menjadi lambat.
     2.    Jenis Kelamin
     Pada umumnya lelaki lebih banyak membutuhkan energi.
     3.    Suhu Tubuh
     Manusia memiliki suhu tubuh yang konstan (berkisar antara 36-37°C) karena manusia mampu mengatur produksi panas tubuhnya dengan meningkatkan laju metabolisme.
     4.    Posisi Tubuh
     Posisi tubuh akan mempengaruhi banyaknya otot yang bekerja.

E. Mekanisme Pertukaran Oksigen Dan Karbondioksida
          Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi melalui proses difusi. Proses tersebut terjadi di Alveolus dan di sel jaringan tubuh. Proses difusi berlangsung sederhana, yaitu hanya dengan gerakan molekul-molekul secara bebas melalui membran sel dari kosentrasi tinggi atau tekanan tinggi ke konsentrasi rendah atau tekanan rendah.
            Oksigen masuk kedalam tubuh melalui inspirasi dari rongga hidung sampai alveolus. Di alveolus oksigen mengalami difusi ke kapiler arteri paru-paru. Oksigen dari kapiler arteri diikat oleh eritrosit yang mengandung hemoglobin sampai menjadi jenuh. Hemoglobin akan mengangkut oksigen ke jaringan tubuh yang kemudian akan berdifusi masuk ke sel-sel tubuh atau jaringan tubuh, oksigen digunakan untuk proses respirasi di dalam mitokondria sel. Semakin banyak oksigen yang digunakan oleh sel-sel tubuh semakin banyak karbondioksida yang terbentuk dari proses respirasi.

F. Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan Manusia
     1.    Faringitis
     Merupakan peradangan pada faring sehingga timbul rasa nyeri pada waktu menelan makanan ataupun kerongkongan terasa kering.

     2.    Pneumonia
     Adalah peradangan paru-paru dimana alveolus biasanya berisi cariran dan eritrosit yang berlebihan. Jenis pneumonia yang umum adalah pneumonia bakteri.

     3.    Emfisema Paru-paru
     Adalah jumlah udara yang berlebihan dalam paru-paru.

     4.    Asma
    Ditandai dengan kontraksi yang kaku dari bronkiolus yang menyebabkan kesukaran bernafas.

     5.    Dipteri
     Merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri carynebacterium diptherial yang dapt meimbulakan penyumbatan pada rongga faring (faringitis) maupun laring (laringitis) oleh lendir yang dihasilkan bakteri tersebut.

     6.    Asfiksi
    Adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh.

     7.    Tuberkulosis (TBC)
     Merupakan penyakit spesifik yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosae.


Demikianlah tentang ringkasan Materi SMA kelas 11 tentang BAB Sistem Pernapasan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman seperjuangan lainnya agar lebih berkah, tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan, cukup sekian wassalamu’alaikum.

Share with your friends

1 komentar

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done