Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Cara membuat simpul hidup
KakaKiky - Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul hidup. Sebelum itu, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu simpul hidup. Simpul hidup merupakan simpul yang paling dasar. Simpul hidup atau dalam bahasa inggris disebut overhand knot juga menjadi simpul yang mendasari pembuatan simpul-simpul lainnya seperti simpul mati dan simpul nelayan atau simpul kembar.

Simpul hidup itu digunakan sebagai simpul pada ujung tali untuk menjaga agar jalinan tali di ujung tali tidak terurai serta menjaga tali aga tidak mudah bergeser. Di kepramukaan, simpul hidup termasuk salah satu simpul yang wajib untuk dikuasai oleh para pramuka. Simpul ini termasuk salah satu simpul yang diujikan dalam Syarat Kecakapan Umum loh sobat, baik itu untuk pramuka siaga (SKU Bantu Nomor 34) maupun SKU Penggalang (SKU Penggalang Ramu Nomor 23).

Lantas bagaimana caranya untuk membuat simpul hidup? Baiklah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Simpul Hidup
Untuk membuat simpul hidup sangatlah mudah. Caranya buatlah lingkaran kemudian masukkan salah satu ujung tali ke dalam lingkaran tersebut kemudian eratkan (tarik kedua ujung tali) hingga lingkaran tadi mengencang. Agar lebih mudah untuk dipahami perhatikan gambar ataupun video berikut ini:

Cara membuat simpul hidup

Video cara membuat simpul hidup dengan mudah.


Selain overhand knot juga dikenal double overhand knot dan overhand loop.  Double overhand knoot merupakan overhand knoot ganda di mana pada langkah kedua (gambar kedua) tali dimasukkan dua kali ke dalam sosok baru dieratkan. Sedangkan untuk overhand loop membuatnya dengan terlebih dulu membagi tali (bagian yang hendak disimpul) menjadi dua bagian baru disimpul hidup sehingga salah satu ujungnya berupa sosok.

Akan tetapi kedua simpul ini lebih jarang digunakan di kepramukaan. Untuk overhand loop lebih sering diganti dengan simpul tiang karena overhand loop akan lebih sulit dilepas setelah menerima beban yang kuat ketimbang simpul tiang.


Nah itulah tutorial singkat tentang bagaimana caranya membuat simpul hidup, semoga bermanfaat bagi kalian ya, terutama buat kalian yang masih baru di organisasi pramuka, kamu iya kamu! Hehehe! Cukup sampai disini dulu ya postingan kali ini, kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk klik tombol share ya! Sekian, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)