Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Cara Membuat Simpul Mati (Reef Knot)
KakaKiky - Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul mati (Reef Knot). Sebelum melangkah kepada cara-cara membuat simpul mati, terlebih dahulu harus kita pahami, apa sih itu simpul mati? Dan apa kegunaan dari simpul mati?

Simpul mati atau reef knot merupakan salah satu simpul dasar dalam kepramukaan dan kehidupan sehari-hari. Bagi seorang anggota Pramuka, baik dalam tingkatan siaga, penggalang, maupun penegak wajib untuk menguasai simpul dasar yang satu ini.

Kegunaan dari simpul mati adalah untuk menyambung dua buah tali yang sama besar dan dalam keadaan kering. Hal ini berbeda dengan kegunaan dari simpul anyam yaitu untuk menyambung dua buah tali akan tetapi dengan ukuran yang berbeda. Selain itu simpul mati juga digunakan untuk menali perban segitiga (mitela) saat melakukan kegiatan PP. Karena fungsi dan kegunaannya inilah simpul mati sangat sering digunakan dalam kegiatan Pramuka maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Simpul Mati (Reef Knot)
setelah mengetahui pengertian serta manfaat ataupun kegunaan dari simpul mati, maka barulah kita belajar cara membuat simpul mati. Caranya sangat lah mudah, silahkan perhatikan gambar berikut ini, dan arahan berupa teks di bawahnya.
Simpul Mati
1.      Letakkan ujung tali yang berwarna putih di atas ujung tali yang berwarna biru.
2.      Lingkarkanlah ujung tali putih kebawah tali biru dan lingkarkan lagi ke atas.
3.      Baliklah arah ujung tali berwarna biru yang tadinya ke arah kanan menjadi ke arah kiri. Demikian juga dengan ujung tali berwarna putih, balik ke arah kanan dan letakkan ujungnya di atas ujung tali yang biru.
           4.      Ulangilah langkah yang ada pada nomor 2
5.      Tariklah masik-masik ujung tali sehingga simpul menjadi kencang
6.      Selesai, simpul mati atau reef knot telah jadi.

Apabila kakak-kakak kurang paham dengan cara yang di atas, kakak bisa langsung melihat cuplikan video tutorial membuat simpul mati yang ada di bawah ini.



Nah, itulah tutorial singkat tentang bagaimana caranya membuat simpul mati atau reef knot. Semoga artikel ini dapat membantu kakak-kakak semua untuk dapat lebih mendalami ilmu kepramukaan, dan semoga cara yang di atas tadi langsung bisa diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Oke cukup sampai disini dulu artikel kali ini,  wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)