Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Pembahasan tugas pendahuluan praktikum fisika - momen gaya
KakaKiky - Setiap kali akan melakukan percobaan ataupun praktikum fisika, pada umumnya praktikan diharuskan untuk dapat menjawab soal-soal tugas pendahuluan tentang praktikum tersebut, dengan tujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman praktikan tentang percobaan yang akan dilakukan. Berikut ini adalah soal-soal tugas pendahuluan praktikum fisika tentang Momen Gaya dan pembahasannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM MOMEN GAYA

1.   Apakah yang dimaksud dengan momen?
Jawab : Momen adalah suatu besaran yang menyatakan besarnya gaya yang bekerja pada sebuah benda, sehingga benda tersebut melakukan gerakan-gerakan rotasi.

2.   Sebutkan dan jelaskan gaya-gaya yang bekerja pada saat momen terjadi!
Jawab :
·       Momen Gaya : yaitu gaya pada sumbu putar yang dapat menyebabkan benda bergerak atau melingkar (berputar)
·       Momen Inersia : yaitu kecenderungan benda untuk mempertahankan  keadaannya. Benda yang sukar bergerak memiliki inersia yang besar. Jadi momen inersia adalah ukuran dari besarnya kecenderungan berotasi yang ditentukan oleh keadaan benda.
·       Lengan gaya : yaitu jarak antara titik tumpuan atau poros ke titik dimana gaya itu bekerja.

3.   Dapatkah suatu gaya yang diberikan pada sebuah benda mengubah baik gerak translasi maupun gerak rotasinya sekaligus? Jelaskan!
Jawab : Ya, tentu saja gaya yang diberikan pada sebuah benda bisa mengubah baik gerak translasi maupun gerak rotasinya, contohnya adalah gaya pegas yang diberikan karet pada ketapel dapat mengubah rotasi batu. Gaya dapat mengubah gerak dan arah gerak benda karena gaya memiliki energi untuk menarik atau menolak suatu benda yang mengakibatkan  benda tersebut berubah arahnya. Contoh bahwa gaya dapat mengubah gerak benda adalah bola yang ditendang, bola yang dipukul, dan mendorong meja.

Nah, itulah pembahasan soal Tugas Pendahuluan Praktikum Fisika tentang Momen Gaya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat yang akan melaksanakan praktikum ataupun percobaan momen gaya, cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum.

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)