Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Pembahasan Soal Tentang Tegangan Permukaan Zat Cair

KakaKiky - Setiap kali akan melakukan percobaan ataupun praktikum fisika, pada umumnya praktikan diharuskan untuk dapat menjawab soal-soal tugas pendahuluan tentang praktikum tersebut, dengan tujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman praktikan tentang percobaan yang akan dilakukan. Berikut ini adalah soal-soal tugas pendahuluan praktikum fisika tentang Tegangan Permukaan Zat Cair dan pembahasannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM TEGANGAN PERMUKAAN ZAT CAIR

1. Jelaskan pengertian tegangan permukaan dan keadaan-keadaan yang menyebabkan munculnya tegangan permukaan.
Jawab :
Tegangan permukaan adalah suatu kecenderungan permukaan zat cair untuk menegang sehingga permukaannya seperti ditutupi oleh suatu lapisan kulit tipis.
Keadaan-keadaan yang menyebabkan munculnya tegangan permukaan yaitu ketika adanya kohesi di bawah zat cair yang lebih besar daripada kohesi di permukaan zat cair, sehingga permukaan zat cair akan cenderung mengerut dan membentuk luas permukaan sekecil mungkin.

2. Adakah pengaruh tegangan permukaan terhadap bentuk dari sebuah tetesan air? Bagaimanakah juga peranan tegangan permukaan pada gelembung sabun? Jelaskan!
Jawab :
Tentu saja ada. Dimana titik-titik air yang menempel diatas rumput berbentuk seperti bola karena luas permukaan terkecil adalah bangun yang berbentuk bola. Akibatnya adanya gaya kohesi, maka timbul tegangan permukaan. Bagian luar tetes air ditarik ke dalam. Akibatnya, air berkontraksi dan cenderung memperkecil luas permukaannya.
Peran tegangan permukaan pada gelembung sabun adalah mengurangi tegangan permukaan air sehingga dapat meningkatkan kemampuan air untuk membersihkan kotoran yang melekat pada pakaian.

3. Apakah manfaat mengetahui tegangan permukaan benda? Sebutkan contohnya!
Jawab :
·      Sabun cuci sengaja dibuat untuk mengurangi tengangan permukaan air sehingga dapat meningkatkan kemampuan air untuk membersihkan kotoran yang melekat pada pakaian.
·      Mencuci pakaian dengan air hangat atau air panas lebih bersih karena dengan suhu yang tinggi tegangan permukaan akan semakin kecil dan kemampuan air untuk membasahi pakaian yang kotor lebih meningkat lagi.
·      Alkohol dan antiseptik pada umumnya memiliki kemampuan untuk membunuh kuman, dan mempunyai tegangan permukaan yang rendah sehingga dapat membasahi seluruh permukaan kulit yang luka.
·      Dalam mempengaruhi penyerapan obat pada bahan pembantu padat pada sediaan obat.
·      Penetrasi molekul melalui membrane biologis
·      Pembentukan dan kestabilan emulsi dan dispersi partikel tidak larut dalam media cair untuk membentuk sediaan suspensi.

4. Adakah metode yang lain yang dapat digunakan untuk mengukur tegangan permukaan zat cair? Jelaskan!
Jawab :
Tentu saja ada, metodenya antara lain:
·      Metode Pipa kapiler. Metode ini dilakukan dengan memasukkan pipa kapiler yang berjari-jari R dalam zat cair yang bermassa jenis ρ secara tegak lurus.
·      Cara Jaeger. Metode ini dalam penentuan tegangan permukaan sering juga disebut metode gelembung. Dasarnya adalah tegangan muka sama dengan tegangan maksimum dikurangi gaya yang menentukan gas keluar.
·      Drop Weight. Metode ini dilakukan untuk mengukur tegangan permukaan cairan udara dan antarmuka cair-cair, dengan mengukur berat per tetesan yang jatuh.

Nah, itulah pembahasan soal Tugas Pendahuluan Praktikum Fisika tentang Tegangan permukaan zat cair. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat yang akan melaksanakan praktikum ataupun percobaan Tegangan permukaan zat cair, cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum.

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)