Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Pembahasan tugas pendahuluan praktikum fisika - viskositas zat cair
KakaKiky - Setiap kali akan melakukan percobaan ataupun praktikum fisika, pada umumnya praktikan diharuskan untuk dapat menjawab soal-soal tugas pendahuluan tentang praktikum tersebut, dengan tujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman praktikan tentang percobaan yang akan dilakukan. Berikut ini adalah soal-soal tugas pendahuluan praktikum fisika tentang Viskositas Zat Cair dan pembahasannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM VISKOSITAS ZAT CAIR

1.   Sebutkanlah sifat-sifat fluida ideal.
    Jawab : Sifat-sifat dari fluida ideal diantaranya adalah sebagai berikut :
·      Non Kompresibel (Tidak termampatkan)
·      Fluida tidak kental (non viskos)
·      Aliran fluida tidak turbulen
·      Aliran fluida bersifat stasioner

2.   Jelaskanlah pengertian aliran laminer dan aliran turbulen, dan hubungannya       dengan bilangan Reynolds.
    Jawab :
·   Aliran laminer adalah aliran fluida yang teratur, tenang, lurus, dan adanya lapisan-lapisan yang teratur. Kecepatannya tidak terlalu besar, kecepatan paling besar ada di tengah pipa lalu berangsur mengecil sehingga menjadi nol pada dinding pipa.
·      Aliran turbulen adalah aliran fluida yang partikel-partikelnya bergerak secara acak dan tidak stabil dengan kecepatan berfluktuasi yang saling interaksi. Akibat dari hal tersebut garis alir antar partikel fluidanya saling berpotongan. Turbulen mentransport partikel-partikel dengan dua cara; dengan penambahan gaya fluida dan penurunuan tekanan lokal ketika pusaran turbulen bekerja padanya.
   Hubungan antara aliran laminer dan aliran turbulen dengan bilangan Reynolds adalah sangat erat, karena ratio antara gaya inersia (USP) terhadap gaya viskos yang mengkuantifikasikan hubungan kedua gaya tersebut dengan suatu kondisi aliran tertentu. Bilangan ini digunakan untuk mengidentifikasikan jenis aliran yang berbeda, misalnya laminar, turbulen, dan transisi.

3.   Jelaskanlah beberapa faktor yang mempengaruhi viskositas zat cair. Apakah       satuan dari viskositas dalam sistem SI?
    Jawab : Faktor-faktor yang mempengaruhi viskositas zat cair diantaranya adalah :
·    Suhu → Viskositas berbanding terbalik dengan suhu. Jika suhunya naik maka viskositas akan turun, dan begitu pula sebaliknya. Hal ini disebabkan karena adanya gerakan partikel-partikel cairan yang semakin cepat apabila suhu di tingkatkan dan menurunkan kekentalannya.
·   Konsentrasi larutan → Viskositas berbanding lurus dengan konsentrasi larutan. Suatu larutan dengan konsentrasi yang tinggi maka akan memiliki viskositas yang tinggi pula, karena konsentrasi larutan menyatakan banyaknya partikel zat yang terlarut tiap satuan volume.
·   Berat Molekul Solute → viskositas berbanding lurus dengan berat molekul solute. Karena dengan adanya solute yang berat akan menghambat atau memberi beban  yang berat pada cairan sehingga menaikkan viskositas.
· Tekanan → Semakin tinggi tekanan yang dimiliki maka akan semakin besar pula viskositas dari suatu cairan.

4.   Buktikanlah Persamaan Berikut ini :
    Jawab :
Nah, itulah pembahasan soal Tugas Pendahuluan Praktikum Fisika tentang Viskositas zat cair. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat yang akan melaksanakan praktikum ataupun percobaan Viskositas Zat Cair, cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum.

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)