Cara Install Alternative SPSS di Linux Ubuntu - GNU PSPP - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

3/13/2019

Cara Install Alternative SPSS di Linux Ubuntu - GNU PSPP

Cara Install Alternative SPSS di Linux Ubuntu - GNU PSPP

KakaKiky -  Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai bagaimana caranya menginstall SPSS di linux ubuntu. Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa SPSS itu merupakan Software yang ada di OS Windows, sedangkan untuk linux ubuntu disebut sebagai PSPP atau GNU PSPP. Software ini merupakan sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk mengolah data dan menganalisis statistik. Salah satu kelebihan dari PSPP ini dibandingkan dengan SPSS milik IBM adalah karena ia gratis, sedangkan SPSS berbayar.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para Mahasiswa dan para peneliti yang melakukan berbagai riset dan juga penelitian untuk berbagai keperluan, seperti misalkan riset tentang pengendalian perbaikan mutu, riset pemasaran, serta riset-riset lainnya yang memerlukan pengolahan data-data atau statistik.

Tampilan dari aplikasi PSPP di ubuntu ini dibuat semirip mungkin dengan SPSS, walaupun memang tidak sepenuhnya mirip. Hal ini bertujuan agar para pengguna yang sudah terbiasa dengan aplikasi SPSS di windows juga dapat dengan mudah menggunakan aplikasi PSPP di ubuntu.

PSPP ini merupakan sebuah aplikasi open source dimana lisensinya dipegang oleh GNU General Public License (GPL). PSPP juga memiliki banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memenuhi dalam menganalisis data dan statistik. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh PSPP diantaranya adalah:
1.     Gratis karena merupakan aplikasi Open Source
2.     Mendukung lebih dari 1 juta kasus
3.     Mendukung lebih dari 1 juta variable
4.     Bisa digunakan dari Command Line Interfaces atau Graphics User Interfaces
5.     Sintak dan juga file datanya yang kompatibel dengan SPSS
6.     Mendukung format file output text, postscript, pdf, OpenDocument dan HTML
7.     Bisa memasukkan data dari sumber spreadsheets, text file dan dari database
8.     Bisa berbagi data dengan Gnumeric, LibreOffice, Openoffice, dan aplikasi open source lainnya

Nah, setelah mengetahui berbagai hal tentang GNU PSPP, sekarang mari kita masuk ke dalam tata cara penginstallan PSPP di linus Ubuntu, Debian, Mint, dan lainnya. Ikut cara berikut ini dengan baik dan seksama:
1.     Pastikan kamu memiliki koneksi internet
2.     Buka terminal dengan cara tekan Ctrl+alt+T secara bersamaan

3.     Ketikkan kode di bawah ini yang bertujuan untuk memperbaharui semua daftar aplikasi dan daftar repository


Sudo apt-get update

4.     Masukkan password bila diminta lalu tekan Enter
5.     Tunggu hingga loading selesai dan pastikan tidak ada error

6.     Lalu ketikkan kode berikut ini

sudo apt-get install pspp

7.     Ketik Y lalu tekan enter
8.     Tunggu hingga proses penginstallan selesai

9.  Sekarang kamu dapat membuka PSPP melalui menu aplikasi dengan cara mencari “GNU PSPP”

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang apa itu GNU PSPP dan kelebihannya beserta cara menginstallnya di Linux ubuntu, debian, dan mint. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam proses penginstallan software PSPP tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar apabila ada yang kurang dimengerti. Cukup sampai disini postingan kali ini. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done