Kata Mana Yang Benar Praktik atau Praktek?

Pembahasan tentang cara penulisan yang benar dari kata Terima Kasih

KakaKiky -
Kembali lagi di edisi “Mana Yang Benar?” di blog KakaKiky. Pada postingan sebelumnya sudah pernah di bahas tentang Cara Penulisan Singkatan PT (Perseroan Terbatas) yang benar. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang manakah penggunaan kata yang benar Praktik atau Praktek?  Ayo cari tahu jawabannya di bawah ini!

Praktik atau Praktek, mana yang benar?
Penulisan yang benar dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Praktik sedangkan kata Praktek adalah kata yang tidak baku dan tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ketika dilakukan pencarian dalam KBBI dengan menggunakan kata Praktek, maka kita akan menemukan bahwa praktek itu merupakan kata tidak baku dari Praktik. Berikut ini penampakannya.


Namun, ketika dilakukan pencarian dalam KBBI dengan menggunakan kata Praktik, maka kita akan menemukan hasil dari kata Praktik sebagai berikut


Arti Kata Praktik berdasarkan KBBI
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berikut ini adalah pengertian dari Praktik
1.     n pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori: teorinya mudah, tetapi --nya sukar
2.     n pelaksanaan pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya): --dokter dibuka mulai pukul 15.00
3.     n perbuatan menerapkan teori (keyakinan dan sebagainya); pelaksanaa: aturan itu menemui kesukaran dalam --nya

Nah sobat, jadi sekarang kamu sudah tahu kan, kalau kata yang benar itu adalah kata Praktik bukan Praktek. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian ya, jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kamu agar mereka juga tidak ikutan salah dalam memilih kata. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!