Cara Penulisan Singkatan PT (Perseroan Terbatas) Yang Benar

Pict From - Freepik.com
KakaKiky - Apakah kamu kebingungan tentang bagaimana penulisan singkatan dari Perseroan Terbatas yang baik dan benar? Tenang saja, pada kesempatan kali ini iky akan mencoba untuk menjelaskan dengan ringkas bagaimana cara menulis singkatan dari Perseroan Terbatas (PT) yang benar. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mana penulisan perseroan terbatas yang benar? Apakah PT atau PT. atau P.T. ataukah P.T?

Perlu kamu ketahui bahwa Perseroan Terbatas itu biasa disingkat dengan “PT”, tanpa menggunakan tanda baca berupa titik dimanapun itu.

Mengapa bisa seperti itu? Alasannya adalah kembali lagi kepada pedoman EYD yang menyebutkan aturan penggunaan singkatan yaitu, singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan ataupun organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri dari gabungan huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti dengan tanda titik.


Selain itu juga telah dijelaskan dalam pasal 8 pada PP 43/2011 tentang bagaimana tata cara pengajuan dan pemakaian nama perseroan terbatas. Dalam ayat (1) tersebut berbunyi, pemakaian nama perseroan harus didahului dengan frasa "Perseroan Terbatas" atau disingkat "PT".

Contoh Penulisan PT (Perseroan Terbatas)

  • PT KakaKiky
  • PT Pertamina
  • PT Telkomsel Selular
  • PT Rumah Sejahtera
  • PT Burung Rajawali
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mana yang benar dari penulisan singkatan Perseroan Terbatas (PT)? Semoga postingan singkat ini bisa membantu kamu untuk lebih dalam memahami cara penulisan yang baik dan benar dalam bahasa indonesia. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!