Materi Lengkap Tentang Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah - SMA Kelas 10 - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

6/11/2019

Materi Lengkap Tentang Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah - SMA Kelas 10

Image by Devanath from Pixabay
KakaKiky - Berbicara mengenai tentang sejarah, banyak orang yang selalu berorientasi pada masa lampau (masa lalu), padahal sejarah itu tidak selalu berorientasi pada hal tersebut. Pada postingan materi sekolah kali ini, iky akan berbagi materi pelajaran sejarah SMA kelas 10 semester 1 tentang Hakikat Ruang Lingkup ilmu Sejarah.

A.   Pengertian Sejarah
Sejarah adalah suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan tersebut dapat kita sebut sebagai sumber sejarah.

Image by PublicDomainPictures from Pixabay

1.    Pengertian sejarah dalam berbagai bahasa
Dalam bahasa inggris, kata sejarah disebut dengan History yang berarti masa lampau, masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab sejarah disebut dengan sajaratun (syajaroh) yang artinya adalah pohon dan keturunan. Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut  dengan historia yang artinya adalah belajar. Dalam bahasa Jerman, sejarah disebut dengan geschichte yang artinya adalah sesuatu yang telah terjadi. Jadi pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segala peristiwa dan kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

2.    Tiga aspek penting dalam sejarah
Ada 3 aspek dalam sejarah, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Masa lampau dijadikan sebagai titik tolak untuk masa yang akan datang sehingga sejarah mengandung pelajaran-pelajaran tentang nilai dan moral. Pada masa kini, sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai sebuah cerminan untuk menuju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan meberikan kita gambaran tentang kehidupan mereka di masa lampau sehingga kita dapat merumuskan hubungan sebab akibat mengapa suatu peristiwa itu dapat terjadi dalam kehidupan tersebut.

Herodotus dan Thucydides adalah tokoh dari Yunani Kuno yang dikenal sebagai bapak sejarah. Herodotus meneliti masyarakat dan mempelajari sejarah kemiliteran di sepanjang Laut Tengah.

3.    Cakupan Sejarah
Sejarah terus berkesinambungan sehingga merupakan sebuah peristiwa dengan rentang wakyu yang sangat panjang. Oleh karena itu, sejarah mencakup beberapa hal berikut:
·        Masa lalu yang dilukiskan berdasarkan urutan waktu (kronologis)
·        Memiliki hubungan dengan sebab dan akibat
·        Kebenarannya bersifat subjektif, karena masih perlu adanya penelitian yang lebih lanjut untuk mencari kebeneran dari kejadian tersebut
·        Peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang

B.   Sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
Sejarah juga terbagi kedalam sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni. Berikut penjelasan selengkapnya.


1.    Sejarah sebagai peristiwa
Sejarah sebagai peristiwa maksudnya adalah peristiwa sejarah ditempatkan sebagai sebuah fakta, kejadian, dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Kejadian masa lampau tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengetahui dan merekonstruksi kehidupan-kehidupan yang ada pada masa tersebut. Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi itulah dapat kita ketahui sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa.

2.    Sejarah Sebagai kisah
Sejarah sebagai kisah adalah kejadian masa lalu yang diungkapkan kembali berdasarkan penafsiran dan interpretasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk menyusun sebuah kisah dari suatu masyarakat, bangsa, dan negara tidaklah mudah karena jejak-jejak sejarah yang ditinggalkannya tidak sedikit. Oleh sebab itulah, dalam penyusunan kisah memerlukan penelaahan yang sangat jeli dan bijaksana serta verifikatif sehingga dapat dipertanggungjawabkan nantinya.

3.    Sejarah Sebagai Ilmu
Sejarah dikatakan sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan masa lampau yang disusun secara sistematis dengan metode kajian secara ilmiah untuk mendapatkan kebenaran mengenai suatu peristiwa pada masa lampau.

4.    Sejarah Sebagai Seni
Tokoh yang mengatakan sejarah sebagai seni adalah George Macauly Travelyan. Ia mengatakan bahwa dalam menulis sebuah kisah peristiwa sejarah tidaklah mudah, karena diperlukan imajinasi dan juga seni. Menulis sejarah merupakan sebuah seni, filsafat, polemik, dan dapat disebut sebagai propaganda. Dalam penulisan sebuah sejarah juga diperlukan seni sehingga terciptalah suatu peristiwa sejarah yang dapat dipelajari secara urut, lengkap, menarik dan tidak membosankan.

C.   Periodisasi dan Kronologi dalam Ilmu Sejarah
Periodisasi diartikan sebagai pembabakan waktu yang dipergunakan untuk berbagai peristiwa. Lebih lengkapnya adalah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia pada setiap masa memerlukan sebuah pengklasifikasian berdasarkan bentuk dan jenis dari peristiwa tersebut. Peristiwa-peristiwa yang tadinya telah diklasifikasikan akan disusuh secara kronologis berdasarkan waktu kejadiannya.

Dalam sejarah Indonesia, periodisasi terbagi dua yaitu zaman praaksara dan zaman sejarah.
·        Zaman Praaksara, adalah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Sejarah dapat dipelajari dari peninggalan-peninggalan benda purbakala seperti artefak, fitur, ekofak, dan situs. Artefak adalah semua benda yang jelas memperlihatkan hasil garapan sebagian ataupun seluruhnya sebagai pengubahan sumber alam oleh tangan manusia. Fitur adalah artefak yang sudah tidak dapat dipindahkan tanpa merusak tempatnya. Ekofak adalah benda-benda yang unsurnya berasal dari lingkungan abiotik ataupun biotik. Situs adalah bidang tanah yang mengandung peninggalan-peninggalan purbakala.
·        Zaman sejarah, yaitu zaman dimana manusia sudah kenal dengan tulisan. Zaman sejarah sendiri terbagi lagi menjadi tiga yaitu:
1)   Zaman kuno, zaman berkembangnya kebudayaan indonesia yang dipengaruhi oleh agama Hindu Budha sekitar abad 14
2)   Zaman indonesia baru, mulai dari abad ke-15 dan membicarakan tentang berkembangnya budaya agama Islam sampai abad ke-18
3)   Zaman indonesia Modern, dimulai sejak masa pemerintahan Hindia Belanda (tahun 1800) hingga masa sekarang.

Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut. kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali sebuah peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu juga dapat membantu untuk dibandingkan dengan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda dimana peristiwanya saling berkaitan.

D.   Kegunaan dan Manfaat Sejarah
Banyak sekali manfaat ataupun kegunaan yang bisa kita dapatkan melalui sejarah, baik itu dari segi edukatif, inspirasi, bahkan rekreatif. Berikut penjelasan selengkapnya:

Image by Markus Spiske from Pixabay 

1.    Sejarah sebagai kegunaan yang edukatif (memberikan pelajaran)
Dengan mempelajari sejarah berarti kita telah belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan oleh masyarakat sebelum kita. Keberhasilan yang terjadi di masa lampau dapat memberi pengalaman pada masa sekarang, begitu pula dengan kesalahan yang terjadi di masa lampau akan memberikan pelajaran yang berharga agar kita wasapada sehingga kita tidak terjebak kedalam kesahalan yang sama untuk kedua kalinya.

2.    Sejarah memberikan inspirasi kepada kita
Banyak sekali kisah sejarah yang dapat memberikan inspirasi kepada kita, misalkan seperti kisah pangeran diponegoro yang berusaha melawan sistem gerilya dari Jenderal De Kock. Lahirnya Budi Utomo memberikan inspirasi bagi kita untuk hidup lebih kreatif, bersatu, dan selalu mengutamakan persatuan diatas kepentingan diri sendiri agar terapainya keinginan bersama.

3.    Sejarah bermanfaat sebagai Rekreatif (hiburan)
Sejarah juga dapat memberikan kesenangan serta rasa estetis karena penulisan sejarah mampu untuk menarik pembaca berekreasi tanpa harus beranjak dari tempat. Kita seolah-olah mengeliling dan berkunjung ke negeri-negeri yang jauh dan menyaksikan banyak peristiwa telah terjadi. Selain itu situs-situs sejarah juga bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nah, itulah materi sejarah kelas 10 tentang Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu dan membantu kamu dalam proses mencari ilmu di sekolah. Cukup sampai disini dulu postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!
Loading...

Share with your friends

11 komentar

  1. Materi tentang ruang lingkup ilmu sejarahnya sangat lengkap sekali (k)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya kak al, terima kasih sudah berkunjung ke kakakiky untuk melihat materi tentang hakikat ruang lingkup sejarah :)

      Hapus
  2. Terima kasih atas materi sejarahnya min, sangat membantu sekali untuk pelajaran sekolah ku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak ulya, jangan bosan untuk berkunjung ke blog KakaKiky ya, karena setiap harinya ada update yang menarik dan bermanfaat ^_^

      Hapus
  3. Ternyata masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang adalah 3 aspek yang sangat penting dari sebuah sejarah. :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali eonny, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi hehehe :D

      Hapus
  4. Semoga dengan adanya pembahasan tentang sejarah ini semakin menambah wawasan saya tentang sejarah pada masa lalu dan dengan harapannya bisa lebih baik kedepannya dengan modal mempunyai wawasan tentang sejarah masa lalu. Terimakasih sudah mau berbagi artikel tentang sejarah ini, semoga bisa bermanfaat juga bagi yang lain khususnya para pelajar seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga kak makky sudah berkunjung di kakakiky dan membaca tentang hakikat ruang lingkup ilmu sejarah. ^_^

      Hapus
  5. Masa lalu bersama si dia, apakah bisa dikatakan sebagai sejarah juga min?

    BalasHapus
  6. Terimakasih min materinya sangat lengkap sekali hihi

    BalasHapus
  7. Sejarah sangat bermanfaat bagi masa depan, karena dengan sejarah kita bisa belajar kesalahan kesalahan yang ada di masa lalu sehingga di masa depan kita tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama :)

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done