Arti dan Makna Kiasan Lambang WOSM (Organisasi Kepanduan Dunia) - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

8/21/2019

Arti dan Makna Kiasan Lambang WOSM (Organisasi Kepanduan Dunia)

arti dan makna kiasan lambang wosm kepanduan dunia
Arti dan makna kiasan lambang WOSM
KakaKiky - WOSM (World Organization of the Scout Movement) adalah sebuah organisasi dunia non pemerintahan yang menaungi gerakan kepanduan di seluruh dunia. WOSM sendiri didirikan oleh Robert Baden-Powell pada tahun 1920 dan berkantor pusat di Jenewa Swiss.


Sebagai sebuah organisasi dunia, tentu saja WOSM memiliki lambang atau logo yang wajib kita ketahui makna dan kiasannya. Logo WOSM ini juga merupakan salah satu lencana yang disematkan pada baju setiap anggota Gerakan Pramuka. Dalam Gerakan Pramuka, lencana WOSM menjadi salah satu tanda umum Gerakan Pramuka (bagian dari tanda pengenal Gerakan Pramuka). Logo WOSM tersebut dikenakan pada seragam Pramuka di dada sebelah kanan (anggota Putra) dan kerah baju sebelah kanan (anggota Putri).

Follow Blog KakaKiky untuk mendapatkan informasi unik dan menarik terbaru seputar Pramuka dengan cara Klik Disini

Sejarah Singkat Lambang WOSM

Lambang WOSM terdiri atas beberapa bagian gambar, mulai dari “fleur-de-lis” (di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bunga lily tiga ujung atau treefoil), kompas, dan dua bintang yang dilingkari tali bersimpul mati. Gambarnya berwarna putih dengan background (latar) berwarna ungu.

sejarah singkat lambang wosm pramuka dunia
Sejarah singkat lambang WOSM

Lambang “fleur-de-lis” pertama kali digunakan oleh Baden-Powell untuk disematkan pada 22 anak laki-laki yang saat itu mengikuti perkemahan di Pulau Bwonsea pada 25 Juli - 2 Agustus 1907. Hingga saat ini lambang tersebut telah menjadi lambang WOSM (Organisasi Kepanduan Sedunia) dan banyak organisasi kepanduan di berbagai negara.

Arti dan makna kiasan lambang WOSM

Berikut adalah makna kiasan dari setiap gambar yang terdapat pada logo atau lambang WOSM:
1.     Fluer-de-lis (Treefoil) Bunga lili dengan tiga ujung, mengiaskan Tiga Janji Pramuka (Scout Promise), dalam Gerakan Pramuka lebih dikenal sebagai Tri Satya
2.     Dua Bintang, melambangkan bahwa seorang anggota Pramuka selalu berupadaya untuk menjadi penerang dan penolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
3.     Jarum kompas menunjuk ke atas (utara), memiliki arti sebagai pengingat bagi setiap anggota Pramuka agar senantiasa melakukan kebenaran dan menjadi pribadi yang dapat dipercaya, senantiasa menjaga cita-citanya dan perannya sebagai seorang penunjuk jalan.
4.     Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati, bermakna bahwa antar sesama anggota Pramuka di seluruh dunia selalu menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan.
5.     Warna Putih, melambangkan jiwa seorang Pramuka yang berhati suci dan bersih.
6.     Warna dasar Ungu, melambangkan bahwa Pramuka memiliki keterampilan, kepemimpinan, dan suka menolong orang lain.

Misi dari WOSM adalah untuk memberikan pendidikan kepada orang-orang muda, melalui sistem nilai yang didasarkan pada Janji Pramuka juga Hukum Pramuka, dan untuk membantu membangun dunia yang lebih baik lagi.

Itulah pembahasan mengenai arti dan makna kiasan lambang WOSM. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca dan menambah wawasan kepramukaan yang kamu miliki. Cukup sekian postingan kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done