Penjelasan Lengkap Tentang Gugusdepan (Gudep) Gerakan Pramuka - Materi Pramuka

Materi Pramuka tentang Gugusdepan (Gudep)
KakaKiky - Pada materi Pramuka kali ini, iky akan membahas tentang salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari organisasi Gerakan Pramuka, yaitu Gugusdepan atau biasa disingkat dengan gudep. Buat kalian yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang Gudep, silahkan baca dan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Gugusdepan (Gudep)
Gugusdepan (Gudep) adalah satu kesatuan organik terdepan dalam organisasi Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaan, serta sebagai wadah untuk pembinaan bagi anggota muda dan anggota dewasa muda. Selain itu Gugusdepan juga berfungsi sebagai pangkalan bagi peserta didik Gerakan Pramuka.

Tempat-tempat yang bisa dijadikan pangkalan Gudep
Seperti yang kita ketahui, pada umumnya Gugusdepan itu berpangkalan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Namun, tahukah kamu? Sebenarnya Gugusdepan tidak harus didirikan di sekolah, karena secara umum Gugusdepan dapat dibentuk berdasarkan wilayah atau biasa disebut dengan Gudep Wilayah. Tempat yang dapat dijadikan sebagai Gudep Wilayah diantaranya adalah:
1.     Lembaga Pendidikan, misalkan sekolah, kampus perguruan tinggi, asrama, pesantren, dan tempat ibadah.
2.     Kelurahan, desa, dan wilayah Rukun Warga (RW).
3.     Instansi pemerintah dan swasta termasuk dengan komplek perumahan pegawainya.
4.     Perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar Negeri.

Setiap Gugusdepan tersebut berkewajiban untuk menerima kaum muda (anak berusia 7-25 tahun) yang bertempat tinggal di sekitar wilayah tersebut sebagai anggota tanpa membeda-bedakan suku, ras, golongan, dan agama. Sebagai contoh, misalkan ada sebuah Gudep yang berpangkalan di sebuah SMP, wajib untuk menerima anggota Pramuka sekalipun anggotanya bukan berasal dari SMP tersebut.

Gugusdepan untuk anggota berkebutuhan khusus
Selain Gugusdepan Wilayah, ada pula Gugusdepan yang diperuntukkan bagi anggota Pramuka dengan kebutuhan khusus. Gugusdepan ini diantaranya adalah:
1.     Gudep Pramuka Luar Biasa, yaitu Gugusdepan yang menghimpun anggota Pramuka yang berkebutuhan khusus atau penyandang cacat yang mengalami gangguan fisik, perilaku, emosi, dan juga sosial.
2.     Gudep Terpadu, yaitu Gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya adalah penyandang cacat.
3.     Gudep Inklusif, yaitu Gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya mengalami gangguan fisik, emosi, perilaku, dan sosial.

Pembentukan Gugusdepan
1.     Pembentukan Gugusdepan di dalam negeri dihimpun, dibina, dan dikendalika oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka, kecuali Gudep yang berpangkalan di Perguruan Tinggi yang dihimpun oleh Kwartir Cabang.
2.     Pembentukan Gugusdepan yang ada di luar negeri berada di bawah pengendalian Kwartir Nasional.

Gugusdepan Lengkap dan Gugusdepan Tidak Lengkap
Dilihat dari kelengkapan satuannya, Gugusdepan dibedakan atau dikelompokkan menjadi dua, yaitu Gudep Lengkap dan Gudep Tidak Lengkap. Berikut penjelasannya:
·           Gugusdepan Lengkap adalah gudep yang memiliki anggota dari semua golongan Pramuka mulai dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, hingga Pramuka Pandega. Sehingga Gudep Lengkap akan memiliki satuan yang terdiri atas Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak, hingga Racana Pandega.
·           Gugusdepan Tidak Lengkap adalah gudep yang hanya memiliki anggota dari satu atau beberapa golongan saja. Sehingga gudep tidak lengkap ini bisa jadi hanya terdiri atas satu atau beberapa satuan saja. Misalkan hanya memiliki pasukan penggalang saja, atau hanya memiliki ambalan penegak dan Racana Pandega saja.

Keanggotaan Gudep adalah Satuan Terpisah
Keanggotaan yang ada dalam Gugusdepan harus menerapkan sistem satuan terpisah. Yang dimaksud dengan satuan terpisah adalah, anggota Pramuka Putra dan Putri harus dihimpun dalam gudep yang terpisah di mana masing-masing gudep berdiri sendiri. Para anggota ini hanya boleh terdaftar dalam satu Gugusdepan saja.

Struktur Organisasi dan Pimpinan Gugusdepan
Sebagai tanda pengenal, Gugusdepan menggunakan nomor. Gudep putra menggunakan nomor ganjil dan Gudep putri menggunakan nomor genap. Pemberian nomor gudep sendiri diatur oleh Kwartir Cabang, kecuali untuk gudep luar negeri yang diatur langsung oleh Kwartir Nasional.

Selain nomor Gugusdepan, sebagai tanda pengenal dari sebuah Gudep biasanya juga digunakan nama-nama pahlawan, tokoh masyarakat, tokoh yang ada dalam cerita rakyat, nama tempat bersejarah, atau nama benda-benda yang ada di jagat raya, dimana masing-masing hal tersebut memiliki keistimewaan yang dapat memotivasi kehidupan Gudepnya.

Berikut ini adalah struktur organisasi Gudep lengkap berdasarkan lampiran SK Kwarnas Nomor 231 Tahun 2007:


Gudep dikelola oleh seorang Pembina Gugusdepan yang terdiri atas Ketua Gudep dan dibantu oleh pembina satuan dan pembantu pembina satuan. Pembina Gugusdepan dipilih melalui musyawarah Gugusdepan dari para pembina Pramuka yang ada dalam Gudep yang bersangkutan, dan dilaksanakan minimal tiga tahun sekali. Pembina satuan terdiri atas, pembina Siaga, pembina Penggalang, pembina Penegak, dan pembina Pandega.

Selain pembina Gudep, dalam sebuah Gugusdepan juga dibentuk Dewan Kehormatan Gudep, Badan Pemeriksa Keuangan Gudep, dan Majelis Pembimbing Gudep (Mabigus).
·      Dewan Kehormatan Gugusdepan adalah badan tetap yang dibentuk oleh Pembina Gudep sebagai badan yang menetapkan pemberian anugerah, penghargaan dan juga sanksi.
·      Badan Pemeriksa Keuangan Gudep adalah badan independen yang dibentuk Musyawarah Gugusdepan dan bertanggung jawab kepada Musyawarah Gugusdepan.
·      Majelis Pembimbing Gudep (Mabigus) adalah suatu badan dalam Gerakan Pramuka yang memberikan bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial, serta konsultasi kepada gudep dengan anggota yang terdiri dari unsur-unsur orang tua peserta didik, dan tokoh masyarakat.

Nah sobat, itulah penjelasan terlengkap mengenai Gugusdepan (gudep) yang harus kamu ketahui sebagai anggota Gerakan Pramuka. Dengan membaca postingan di atas, iky harap kamu dapat lebih mengerti tentang seluk beluk Gugusdepan, dan menambah wawasan Kepramukaan yang kamu miliki. Cukup sekian postingan kali ini, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!