Pengertian SPSS, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangannya - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

1/19/2020

Pengertian SPSS, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan SPSS
KakaKiky - Pada zaman modern ini, sudah ada banyak aplikasi atau software yang membantu manusia dalam bidang pengolahan data statistik. Salah satu contoh software yang paling terkenal dalam hal mengolah data statistik adalah SPSS. Pada postingan kali ini iky akan mencoba untuk membahas pengertian dari SPSS, Fungsi SPSS, serta kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pengertian SPSS (Statistical Product and Service Solutions)
Pengertian SPSS
SPSS adalah sebuah  program aplikasi dengan kemampuan untuk analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami untuk cara pengoperasiannya. Beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan pointing dan clicking mouse.

SPSS pada awalnya adalah Paket Statistik untuk Ilmu Sosial yang dirilis di versi pertama pada tahun 1968 setelah dikembangkan oleh Norman H. Nie dan juga C. Hadlai Hull. Norman adalah seorang lulusan dari Universitas ternama yaitu Standford University, ia merupakan seorang ilmuan politik.

SPSS merupakan salah satu software Program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu-ilmu sosial. Software ini digunakan oleh para peneliti pasar, perusahaan survei, pmerintah, peneliti pendidikan, peneliti kesehatan, organisasi pemasaran dan lain sebagainya.

Pada awalnya kepanjangan SPSS adalah Statistical Package for the Social Sciens dimana pada waktu itu SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu sosial. Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna (user), seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya.

Dengan demikian, sekarang kepanjangan dari SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions. SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains.

SPSS pertama kali muncul dengan versi Personal Computer (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya sistem operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows, mulai dari versi 6.0 sampai dengan versi yang terbaru seperti sekarang yaitu versi 26.0

Software SPSS dibuat dan dikembangkan oleh SPSS Inc. yang kemudian diakuisisi oleh IBM Corporation. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaannya dalam mengolah dan menganalisis data statistik.

Fitur yang ditawarkan antara lain IBM SPSS Data Collection untuk pengumpulan data, IBM SPSS Statistics untuk menganalisis data, IBM SPSS Modeler untuk memprediksi tren, dan IBM Analytical Decision Management untuk pengambilan keputusannya.

Program SPSS banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang perkantoran, bisnis, pendidikan, dan penelitian. SPSS merupakan software komersial (berbayar) dengan harga lisensi sekitar $5. SPSS dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS, dan Linux. Kamu bisa mengunjungi official website dari SPSS dengan cara klik disini.

2. Fungsi SPSS
Fungsi SPSS
SPSS banyak diminati karena memiliki banyak sekali fasilitas yang disediakan demi kemudahan penggunaannya untuk user. Beberapa kemudahan lainnya adalah seperti yang ada di bawah ini:

·      Data Editor
Merupakan jendela untuk pengolahan data. Data editor dirancang sedemikian rupa seperti pada aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk mendefinisikan, memasukkan, mengedit, dan menampilkan data.

·      Viewer
Viewer mempermudah pemakai untuk melihat hasil pemrosesan, menunjukkan atau menghilangkan bagian-bagian tertentu dari output, serta memudahkan distribusi hasil pengolahan dari SPSS ke aplikasi-aplikasi yang lain.

·      Multidimensional Pivot Tables
Hasil pengolahan data akan ditunjukkan dengan multi dimensional pivot tables. Pemakai dapat melakukan eksplorasi terhadap tabel dengan pengaturan baris, kolom, serta layer. Pemakai juga dapat dengan mudah melakukan pengaturan kelompok data dengan melakukan splitting tabel sehingga hanya satu group tertentu saja yang ditampilkan pada satu waktu.

·      High-Resolution Graphics
Dengan kemampuan grafikal beresolusi tinggi, baik untuk menampilkan pie charts, bar charts, histogram, scatterplots, 3-D graphics, dan yang lainnya, akan membuat SPSS tidak hanya mudah dioperasikan tetapi juga membuat pemakai merasa nyaman dalam pekerjaannya.

·      Database Access
Pemakai program ini dapat memperoleh kembali informasi dari sebuah database dengan menggunakan Database Wizard yang disediakannya.

·      Data Transformations
Transformasi data akan membantu pemakai memperoleh data yang siap untuk dianalisis. Pemakai dapat dengan mudah melakukan subset data, mengkombinasikan kategori, add, aggregat, merge, split, dan beberapa perintah transpose files, serta yang lainnya.

·      Electronic Distribution
Pengguna dapat mengirimkan laporan secara elektronik menggunakan sebuah tombol pengiriman data (e-mail) atau melakukan export tabel dan grafik ke mode HTML sehingga mendukung distribusi melalui internet dan intranet.

·      Online Help
SPSS menyediakan fasilitas online help yang akan selalu siap membantu pemakai dalam melakukan pekerjaannya. Bantuan yang diberikan dapat berupa petunjuk pengoperasian secara detail, kemudahan pencarian prosedur yang diinginkan sampai pada contoh-contoh kasus dalam pengoperasian program ini.

·      Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara
Analisis file-file data yang sangat besar disimpan tanpa membutuhkan tempat penyimpanan sementara. Hal ini berbeda dengan SPSS sebelum versi 11.5 dimana file data yang sangat besar dibuat temporary filenya.

·      Interface dengan Database Relasional
Fasilitas ini akan menambah efisiensi dan memudahkan pekerjaan untuk mengekstrak data dan menganalisnya dari database relasional.

·      Analisis Distribusi
Fasilitas ini diperoleh pada pemakaian SPSS for Server atau untuk aplikasi multi user. Kegunaan dari analisis ini adalah apabila peneliti akan menganalisis file-file data yang sangat besar dapat langsung me-remote dari server dan memprosesnya sekaligus tanpa harus memindahkan ke komputer user.

3. Kelebihan dan Kekurangan SPSS
Kelebihan dan kekurangan SPSS
Setiap software atau aplikasi pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari SPSS.

Kelebihan SPSS:
·         Mampu mengakses data dari berbagai macam format yang tersedia, seperti pada dBase, Lotus, Text file, dll. Sehingga data  yang sudah ada dari berbagai format data dapat langsung digunakan untuk dianalisis.
·         SPSS memberikan tampilan data yang lebih informatif
·         Memberikan informasi lebih akurat dengan memberikan kode alasan jika terjadi missing data
·         Mudah digunakan, pengguna tidak perlu belajar bahasa pemrograman

Kekurangan SPSS:
·         Meskipun tergolong program yang mudah digunakan, namun untuk dapat menjalankan program ini, pengguna minimal harus mengatahui dasar ilmu statistik terlebih dahulu
·         Berkembangnya versi terbaru dengan cepat dan tampilan secara fisik yang terkadang berbeda dengan versi yang lama membutuhkan adaptasi dengan pengguna untuk dapat menjalankan program ini. Dan jangan lupa pilih seri SPSS yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang Anda gunakan.
·         SPSS kurang relevan jika dihadapkan pada sebuah data time series.
·         Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, jadi kita harus mengeluarkan uang untuk membeli lisensi aplikasi ini.

Nah sobat itulah penjelasan lengkap tentang apa itu SPSS, fungsi SPSS, serta kelebihan dan kekurangan dari SPSS. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya. Cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done