Tanda Pengenal Gugusdepan (Gudep), Bentuk, Dan Cara Pemasangannya - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

1/12/2020

Tanda Pengenal Gugusdepan (Gudep), Bentuk, Dan Cara Pemasangannya

tanda pengenal gudep dan pita gudep
Bentuk dan Cara Pemasangan Pita Gudep
KakaKiky - Pada materi Pramuka sebelumnya, iky sudah pernah membahas tentang struktur organisasi gugusdepan serta penjelasannya dengan sangat lengkap. Pada kesempatan kali ini iky akan membahas tentang tanda pengenal Gugusdepan (Gudep). Simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Tanda Pengenal Gugusdepan (Pita Gudep)
Tanda pengenal gugusdepan atau biasa juga disebut dengan tanda gugusdepan (pita gudep) merupakan salah satu jenis tanda satuan yang ada dalam sistem tanda pengenal Gerakan Pramuka. Tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka dikelompokkan menjadi 5, yaitu tanda umum, tanda satuan, tanda jabatan, tanda kecakapan, dan tanda kehormatan. Tanda pengenal gugusdepan ini termasuk ke dalam kelompok tanda satuan.

Tanda gugusdepan atau pita gudep adalah tanda satuan yang memperlihatkan seorang Pramuka (pemakainya) berasal dari Gugusdepan tertentu. Tanda Gugusdepan sendiri memuat tentang nomor registrasi gugusdepan sekaligus nomor Kwaran (Kwartir Ranting) tersebut berdomisili. Salah satu tanda satuan ini bermanfaat untuk menunjukkan seorang pramuka berasal dari daerah mana. Ditambah dengan adanya tanda lokasi (Kwarcab) yang terletak di atas, serta lencana daerah (Kwarda) membuat kita semakin mudah untuk mengetahui dari mana seorang anggota Pramuka itu berasal.

Bentuk Tanda Pengenal Gudep
Tanda gugusdepan berupa pita kecil berbentuk persegi panjang dan berwarna putih dengan border (garis tepi) dan tulisan berwarna merah. Di dalam kotak tersebut terdapat dua kelompok angka yang terdiri dari dua digit dan tiga digit. Dua digit pertama merupakan nomor urut Kwartir Ranting di suatu Kwartir Cabang. Sedangkan tiga digit angka merupakan nomor Gugusdepan (gudep). Diantara dua kelompok angka itu dipisahkan dengan sebuah tanda titik.

Khusus pada kelompok angka kedua yang tiga digit dibedakan lagi antara gudep putra dan putri. Gudep putra menggunakan nomor ganjil sedangkan pada Gudep putri digunakan nomor genap. Sebagai contoh, perhatikan gambar di bawah ini:
contoh bentuk tanda pengenal gugus depan
Contoh bentuk tanda pengenal Gugusdepan

Cara Pemasangan Tanda Gudep
Tanda pengenal gudep dipasang di lengan baju sebelah kanan, letaknya adalah di antara badge Kwarcab dan badge Kwarda (daerah). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:
cara pemasangan tanda pengenal gugus depan pita gudep
Cara pemasangan tanda pengenal Gudep (pita gudep)
Selain nomor, tanda gugusdepan juga dapat menggunakan nama pahlawan, tokoh masyarakat, tokoh dalam cerita rakyat, nama tempat bersejarah, serta nama-nama benda yang dapat memotivasi kehidupan gudepnya. Namun untuk yang dipasang di seragam Pramuka tetaplah harus menggunakan pita gudep yang terdiri dari dua kelompok digit angka seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian dari Tanda Pengenal Gudep, bentuk tanda pengenal gudep serta cara pemasangannya. Semoga postingan singkat ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa untuk share postingan ini. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar yang ada di bawah. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

4 komentar

  1. wah penjelasan tentang tata cara pemasangan pita gudepnya sangat lengkap kak kiky, terima kasih (k)

    BalasHapus
  2. Thanks materi pramukanya kak ^_^

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done