Cara Membuat File Menjadi Tar.gz Secara Online Tanpa Aplikasi Tambahan - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Selasa, 18 Februari 2020

Cara Membuat File Menjadi Tar.gz Secara Online Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara membuat file tar.gz secara online
KakaKiky - Apa itu file tar? Yang dimaksud dengan file tar adalah sebuah kumpulan file yang dibungkus dalam satu file tunggal untuk penyimpanan yang lebih mudah. File tar ini juga kerap disebut sebagai atarball. File Tar ini dapat kita jumpai dengan ekstensi file akhir yaitu gz (tar.gz).

Jika kamu menggunakan OS Linux, kamu dapat dengan mudah membuat kompresi file dalam bentuk tar.gz melalui terminal. Namun, bagaimana bila kamu menggunakan OS Windows?

Tenang saja, pada halaman kali ini iky akan membagikan tips bagaimana caranya membuat file atau mengkompresi file dalam bentuk tar.gz tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Tutorial ini tentunya sangat praktis untuk dilakukan karna kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, kamu juga bisa menghemat ruang penyimpanan di PC/laptop kamu.

Cara Membuat File Dalam Bentuk Tar.gz Tanpa Aplikasi Tambahan.

1. Pergi ke website tar.gz converter: www.zamzar.com
2. Pilih Add Files
Pilih add files

3. Kemudian pilih file yang ingin kamu kompres menjadi tar.gz. Disini iky memilih file rar untuk diubah menjadi tar.gz kemudian klik open.
Pilih file yang ingin dirubah

4. Lalu klik Convert to dan pilih tar.gz seperti pada gambar di bawah ini.
Pilih convert to tar.gz

5. Kemudian klik tombol ‘Convert Now’ lalu tunggu hingga loadingnya selesai.
Pilih Convert Now

6. Setelah proses converting selesai, maka klik tombol DOWNLOAD
Klik tombol download

7. Kemudian kamu akan di arahkan ke halaman yang meminta kamu untuk memilih file .zip atau tar.gz. Maka pilih file tar.gz dan klik tombol Download.
Pilih file tar.gz dan download

8. Selamat file kamu sekarang sudah berhasil di convert menjadi tar.gz.

Nah sobat, sangat mudah kan cara untuk mengubah file menjadi ekstensi tar.gz? Jika kamu masih merasa kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar ya! Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done