Solusi Untuk DHCP Client Yang Searching Terus dan Tidak Mendapat IP Address - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 24 Februari 2020

Solusi Untuk DHCP Client Yang Searching Terus dan Tidak Mendapat IP Address

Cara mengatasi DHCP Client yang bermasalah
KakaKiky - Apa yang dimaksud dengan DHCP Client? DHCP Client (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan sebuah service yang memungkinkan perangkat dapat mendistribusikan/assign IP Address secara otomatis pada host dalam sebuah jaringan.

Untuk cara kerjanya, DHCP Server akan memberikan response terhadap request yang dikirimkan oleh DHCP Client.

Apa fungsi dari DHCP? DHCP berfungsi sebagai sebuah layanan yang bertugas merequest (meminta) IP Address kepada DHCP Server, layanan yang diterima oleh DHCP Client tidak hanya sebuah IP Address saja, namun juga lengkap dengan Netmask, Domain, Gateway dan lain sebagainya.

Namun dalam proses untuk merequest IP Address dengan menggunakan Oracle VM, terkadang terjadi sebuah stuck atau error dimana si DHCP hanya melakukan searching saja secara terus menerus tanpa mendapatkan sebuah IP Address.

Nah, pada kesempatan kali ini, iky akan mencoba untuk membagikan sebuah tips atau solusi untuk mengatasi hal tersebut. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi DHCP Client Hanya Searching dan tidak mendapatkan IP Address

1. Buka Oracle VM Virtualbox kalian seperti biasa.

2. Pilih salah satu OS milik kalian (disini punya saya adalah Router 1) yang bermasalah IP Addressnya. Silahkan pilih bagian Setting atau tekan CTRL+S, kemudian pilih bagian Network.
Setting > Network

3. Untuk Adapter 1 dan 2 buat sama persis seperti settingan di bawah ini. Namun khusus untuk setiap Mac Addressnya dibiarkan saja, tidak perlu di samakan seperti punya iky ya!
Settingan untuk Adapter 1

Settingan Untuk Adapter 2

4. Jika kalian punya OS lain silahkan setting juga bagian Network untuk Adapter 1 dan 2 nya sama seperti yang di atas. Di sini iky punya Router 2 dan di set sama persis juga seperti bagian yang ada di atas.

Cara Melakukan Test apakah sudah mendapatkan IP
Untuk melakukan testing apakah DHCP Client kalian sudah bisa mendapatkan IP dan tidak searching lagi, silahkan ikuti cara berikut ini:

1. Jalankan OS kalian, di sini iky akan mencoba untuk menjalankan Router 1

2. Setelah terbuka, pilih menu Device > Network > Dan koneksikan ke kedua Adapter seperti yang ada pada gambar di bawah. Tinggal di klik saja pada bagian Connect Network Adapter 1 dan 2.
Pilih Device > Network > Koneksikan adapter 1 dan 2

3. Kemudian untuk login, silahkan ketik admin, dan untuk password klik enter saja.
4. Kemudian ketik /ip dhcp-client pr lalu enter.
5. Jika sudah tidak searching lagi, selamat kamu berhasil mengatasinya!
Router 1 Sudah mendapatkan IP Address
Router 1 dan 2 Sudah Mendapatkan IP Address

Nah sobat, itulah cara mengatasi DHCP Client hanya searching terus menerus tanpa henti dan tidak mendapatkan IP Address. Semoga tutorial di atas dapat membantu kalian ya. Tutorial di atas saya buat dengan cara milik saya sendiri, kalau ada cara yang lebih efektif jangan sungkan untuk share di bawah ya! Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done