Tanda Kecakapan Umum (TKU): Pengertian, Tingkatan, Arti Dan Makna - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

5/11/2020

Tanda Kecakapan Umum (TKU): Pengertian, Tingkatan, Arti Dan Makna

materi tanda kecakapan khusus pramuka penggalang
Materi TKU Pramuka Penggalang
KakaKiky - Selain TKK (Tanda Kecakapan Khusus) dalam organisasi gerakan Pramuka juga dikenal dengan adanya TKU (Tanda Kecakapan Umum). Pada kesempatan kali ini, iky akan mencoba membahas dengan lengkap apa arti dari TKU Penggalang yang berbentuk V (maggar). Jika kamu penasaran dengan arti dari TKU Penggalang tersebut, silahkan simak penjelasannya berikut ini ya!

Tanda Kecakapan Umum Penggalang

TKU Penggalang merupakan Tanda Kecakapan Umum yang akan diberikan kepada anggota Pramuka setelah ia berhasil menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) tingkatan Penggalang. TKU Pramuka Penggalang ini berbentuk seperti huruf V atau biasa juga disebut dengan Manggar. Adapula yang menyebutkan bahwa bentuknya ini seperti bunga kelapa yang sedang mekar.

Tingkatan TKU Penggalang

tingkatan ramu rakit terap penggalang
Tingkatan TKU Penggalang
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam Pramuka Penggalang terdapat 3 buah tingkatan TKU, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Penggalang Ramu yaitu anggota Pramuka Penggalang yang telah menyelesaikan SKU Ramu, ditandai dengan satu manggar (V1). Dikatakan sebagai Ramu karena pada tahap ini anggota Pramuka Penggalang masih dalam tahap meramu hal-hal yang ia inginkan.
  • Penggalang Rakit yaitu anggota Pramuka Penggalang yang telah menyelesaikan SKU Rakit, ditandai dengan dua manggar (V2). Dikatakan sebagai Rakit karena pada tahap ini, setelah anggota Pramuka selesai meramu hal-hal yang ia inginkan maka di sini ia mulai merakit hal-hal tersebut.
  • Penggalang Terap yaitu anggota Pramuka Penggalang yang telah menyelesaikan SKU Terap, ditandai dengan tiga manggar (V3). Diakatakan sebagai Terap karena pada tahap ini, setelah anggota Pramuka selesai meramu dan merakit hal-hal yang ia inginkan, kemudian ia mulai menerapkan hal-hal tersebut.

Arti Kiasan TKU Pramuka Penggalang

arti dan makna kiasan tanda kecakapan umum penggalang
Arti kiasan TKU Pramuka Penggalang
TKU yang ada pada baju Pramuka itu bukanlah sekedar aksesoris belaka. Namun juga memiliki arti dan makna tersendiri. Berikut adalah arti dari TKU Pramuka Penggalang yang wajib kamu ketahui:
  • Mayang terurai bertangkai 3 menggambarkan bunga yang sedang berkembang, indah dan menarik. Mengibaratkan Pramuka Penggalang yang selalu riang, lincah, dan bersikap menarik sebagai calon penerus bangsa yang sedang berkembang. Melatih dirinya sendiri dengan jiwa Pramuka berdasarkan Tri Satya.
  • Mayang terurai mekar ke samping menggambarkan semakin terbukanya pandangan Penggalang dalam menerima pengaruh yang baik dari lingkungan di sekitarnya.
  • Warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.

Pemasangan TKU Pramuka Penggalang

Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penggalang ini dipasang pada Seragam Pramuka di lengan baju sebelah kiri, tepatnya di bawah tanda regu.

Nah sobat Pramuka, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian dari TKU Penggalang, Tingkatan TKU Penggalang, arti dan makna dari kiasan TKU Penggalang, serta cara pemasangan TKU Penggalang. Semoga postingan materi Pramuka ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done