Cara Mengundang Orang Atau Akun Lain Untuk Mengelola Channel Youtube - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Jumat, 15 Mei 2020

Cara Mengundang Orang Atau Akun Lain Untuk Mengelola Channel Youtube

Cara menambah kontributor Channel Youtube
KakaKiky - Youtube adalah salah satu platform berbagi video gratis paling populer di dunia saat ini. Banyak orang-orang pada saat ini berlomba-lomba untuk menjadi content creator di platform Youtube, dengan tujuan untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Ya, memang saat ini menjadi seorang content creator atau biasa juga kita sebut sebagai Youtuber adalah salah satu profesi yang menjanjikan. Penghasilan yang didapat oleh seorang Youtuber itu juga terbilang sangat menggiurkan, bahkan ada beberapa diantaranya yang penghasilannya mencapai ratusan juta perbulannya.

Bagi kamu yang ingin membangun Channel Youtube yang besar, kemungkinan memerlukan bantuan orang lain untuk memanage channel tersebut. Mungkin saja membantu untuk mengupload video, memoderasi komentar, membuat postingan, dan lain sebagainya.

Nah, untuk sekarang ini Youtube sudah mendukung yang namanya pengelolaan Channel Youtube secara bersama. Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk memberikan email dan password kepada rekan setim kamu yang ingin mengelola channel.

Tipe-tipe Pengelola Channel Youtube

Sebelum masuk ke cara mengundang pengelola, alangkah baiknya bila kamu memahami terlebih dahulu tipe-tipe pengelola channel Youtube. Mengapa? Agar kamu tidak salah pilih ketika memberikan akses kepada rekan setim. Berikut adalah tipe-tipenya:
  • Pengelola: dapat menambahkan dan menghapus pengguna lain, serta mengedit semuanya. Tidak dapat menghapus Channel.
  • Editor: Dapat mengedit semuanya. Tidak dapat menambah atau menghapus pengguna lain, menghapus video atau channel, atau menyepakati kontrak.
  • Penonton: Dapat melihat semuanya. Tidak dapat mengedit apa pun.
  • Penonton (terbatas): Dapat melihat semuanya, kecuali informasi pendapatan. Tidak dapat mengedit apa pun.

Cara Mengundang Kolaborator Pengelola Channel Youtube

Untuk mengundang orang atau akun lain untuk mengelola channel Youtube itu caranya sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

1. Buka 'Youtube Studio' Channel yang ingin kamu kelola secara bersama, kemudian klik 'Setelan' atau 'Settings'.
Pilih Setelan

2. Pilih ‘Setelan’ atau ‘Settings’. Kemudian klik ‘Undang’.
Buka bagian Izin dan pilih undang

3. Kemudian masukkan email orang yang ingin diundang untuk menjadi pengelola Channel Youtube. Ingat! Masukkan email dengan benar agar orang yang diundang dapat menerima email undangan tersebut. Lalu pilih hak akses atau tipe pengelolanya, sebagai contoh di sini saya pilih sebagai ‘Editor’. Jika sudah, klik ‘Selesai’.
Masukkan email dan pilih hak akses

4. Sebagai langkah finalisasi, silahkan klik ‘Simpan’ agar undangan dapat dikirim kepada rekanmu.
Klik simpan untuk mengirim undangan

5. Contoh tampilan jika rekanmu sudah menerima undangan untuk menjadi pengelola Channel Youtube.
Berhasil ditambahkan!

NOTE: Jika rekanmu menggunakan Gmail, biasanya email undangan tersebut akan masuk ke tab ‘Social’. Jadi jika email undangan tidak terlihat, silahkan cek di bagian social.

Nah sobat Youtuber, begitulah cara mengundang orang lain untuk ikut mengelola channel youtube yang kita miliki. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua ya. Jika ada hal yang masih dibingungkan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar yang ada di bawah. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done