Arti Dan Makna Serta Cara Pemasangan Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 15 Juni 2020

Arti Dan Makna Serta Cara Pemasangan Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka

cara pemasangan tanda pelantikan gerakan pramuka
Arti dan makna tanda pelantikan Gerakan Pramuka
KakaKiky - Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka? Apa arti dan makna kiasan yang terkandung di dalam lambang tersebut? Serta bagaimanakah cara pemasangannya yang baik dan benar? Pada kesempatan postingan kali ini, kita akan membahas hal-hal tersebut dengan seksama. Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka

Yang dimaksud dengan Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka adalah salah satu Tanda Umum Gerakan Pramuka yang disematkan kepada seseorang saat pertama kali akan dilantik menjadi anggota Pramuka dan dikenakan pada seragam pramuka yang dimilikinya dan berlaku seumur hidup.

Karena tanda pelantikan gerakan pramuka ini berlaku untuk seumur hidup, jadi penyematan tanda pelantikan tersebut hanya dilakukan sekali saja, yaitu saat seseorang itu untuk pertama kalinya dilantik menjadi seorang anggota Gerakan Pramuka.

Sebagai contoh, jika seorang anggota pramuka siaga berpindah golongan menjadi tamu penggalang hingga akhirnya ia dilantik sebagai seorang penggalang, maka tidak diperlukan lagi penyematan tanda pelantikan, karena sudah dilakukan sebelumnya saat ia masih menjadi pramuak siaga.

Namun, lain ceritanya jika seseorang itu baru ingin masuk ke Pramuka, entah usianya berada di golongan siaga, penggalang, penegak, atau pandega, dan ia belum pernah mengikuti proses penyematan tanda pelantikan Gerakan Pramuka, maka ia wajib untuk mengikuti proses penyematan tanda pelantikan terlebih dahulu.

Pelantikan yang dimaksud di sini adalah pelantikan seseorang menjadi anggota Gerakan Pramuka, bukan pelantikan kecakapan umum (SKU).

Bentuk dan Cara Pemasangan Tanda Pelantikan

Ada dua macam jenis tanda pelantikan Gerakan Pramuka, yaitu tanda pelantikan untuk Putra dan Untuk Putri. Walaupun memiliki warna yang sama, namun keduanya memiliki bentuk dan tempat pemasangan yang berbeda. Di dalam tanda pelantikan terdapat beberapa gambar, diantaranya adalah tunas kelapa, padi dan kapas, bintang, lingkaran bergigi sepuluh, serta tulisan GERAKAN PRAMUKA.

Bentuk tanda pelantikan Putra dan Putri

Tanda pelantikan dengan bentuk belah ketupat adalah untuk anggota Putra, dipasang pada saku baju Pramuka sebelah kiri. Sedangkan tanda pelantikan dengan bentuk bulat adalah untuk anggota Putri dan dipasang pada kerah baju pramuka sebelah kiri. Baca selengkapnya tentang letak tanda pelantikan Gerakan Pramuka di sini.

Arti Kiasan Tanda Pelantikan Gerakan Pramuka

Sama halnya dengan tanda-tanda pengenal lainnya dalam Gerakan Pramuka, tanda pelantikan juga memiliki arti dan makna kiasan. Berikut ini adalah berbagai macam arti dan makna kiasan tentang tanda pelantikan Gerakan Pramuka:

  • Warna Coklat melambangkan warna tanah sebagai sumber kehidupan.
  • Warna kuning melambangkan sebuah kekuatan dan keagungan.
  • Gambar padi dan kapas melambangkan kesuburan serta kemakmuran bangsa Indonesia di mana padi melambangkan sumber pangan dan kapas melambangkan sumber pakaian.
  • Roda (lingkarang0 bergigi sepuluh sebagai perlambang Dasadarma.
  • Tunas kelapa melambangkan lambang Gerakan Pramuka dengan segala arti kiasan yang juga terkandung di dalamnya.
  • Bintang bersudut lima di atas tunas kelapa mengiaskan Ketuhanan Yang Maha Esa serta cita-cita tinggi yang dimiliki oleh anggota Gerakan Pramuka.
  • Tulisan Gerakan Pramuka melambangkan bahwa gerakan pramuka adalah satu-satunya organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di Indonesia.
  • 6 buah bintang yang ada di pangkal padi dan kapas melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Nah sobat, itulah penjelasan terlengkap tentang apa yang dimaksud dengan tanda pelantikan, arti dan makna kiasan tanda pelantikan, serta bagaimana cara pemasangannya yang baik dan benar. Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kepramukaan kalian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done