Keren! Ini 8 Macam Tanda Penghargaan Dalam Gerakan Pramuka - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Kamis, 18 Juni 2020

Keren! Ini 8 Macam Tanda Penghargaan Dalam Gerakan Pramuka

berbagai macam penghargaan dalam gerakan pramuka
Macam-macam penghargaan dalam Gerakan Pramuka
KakaKiky - SK Kwarnas Nomor 175 Tahun 2012 merupakan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada tanggal 21 Desember 2012 di Kota Jakarta. Ini merupakan penyempurnaan dari SK sebelumnya yaitu SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 184.A tahun 2008.

Tujuan dari SK Kwarnas Nomor 175 Tahun 2012 adalah untuk mengatur pengusulan, pertimbangan, serta penganugerahan dan pemakaian tanda penghargaan dari Gerakan Pramuka atau badan lainnya sehingga dapat dilaksanakan dengan tertib dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Gerakan Pramuka.

Pengertian Tanda Penghargaan

pengertian tanda penghargaan
Pict From Instagram - @kakakiky.id
Menurut SK Kwarnas Nomor 175 Tahun 2012, Tanda Penghargaan adalah tanda yang diberikan kepada seseorang di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan, jasa, karya, dan darma baktinya, serta keberanian yang luar biasa, yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan.

Nah, pada kesempatan kali ini iky akan membahas tentang macam-macam tanda penghargaan yang ada dalam Gerakan Pramuka, sesuai dengan yang ada dalam SK Kwarnas Nomor 175 Tahun 2012. Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Download SK Kwarnas No.175 Tahun 2012 Di sini!

1. Tanda Penghargaan Kegiatan

Yang dimaksud dengan tanda penghargaan kegiatan adalah tanda yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan keaktifan serta prestasi mereka dalam kegiatan kepramukaan. Tanda penghargaan kegiatan ini meliputi Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska) dan Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong (Tigor).

2. Lencana Pancawarsa

Yang dimaksud dengan Bintang Tahunan Pramuka adalah tanda yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka sebagai penghargaan atas kesetiaan kepada organisasi dan keaktifannya sebagai seorang anggota Gerakan Pramuka selama satu tahun atau kelipatannya.

3. Lencana Wiratama

Yang dimaksud dengan Lencana Pancawarsa adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiannya pada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.

4. Lencana Karya Bakti

Lencana Wiratama adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang telah:

  • Memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, dan keuletannya sehingga berhasil dalam usaha menyelamatkan orang lain secara spontan meskipun usaha itu membahayakan dirinya sendiri, atau
  • Memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, kesabaran, dan ketekunannya dalam mempertahankan kebaikan dan kebenaran, sehingga berhasil dan bermanfaat bagi kepramukaan.

5. Lencana Teladan

Yang dimaksud dengan Lencana Karya Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberaniannya telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional, sehingga dapat bermanfaat bagi kepramukaan, masyarakat, bangsa, dan negara.

6. Lencana Satyawira

Yang dimaksud dengan Lencana Teladan adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggung jawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

7. Lencana Jasa

Yang dimaksud dengan Lencana Satyawira adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada pimpinan, pengurus, dan penggiat (aktifis) organisasi kepramukaan nasional (National Scout Organization/NSO) negara sahabat dan organisasi kepramukaan regional maupun internasional serta organisasi/institusi nasional Indonesia atas dasar penghormatan dan persahabatan yang bermakna bagi pengembangan kepramukaan.

8. Pengertian Bioma

Lencana Jasa adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada orang dewasa di dalam atau di luar Gerakan Pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan kepramukaan. Lencana Jasa Meliputi:

  • Lencana Darma Bakti, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.
  • Lencana Melati, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan.
  • Lencana Tunas Kencana, yaitu tanda penghargaan tertinggi dalam Gerakan Pramuka, yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasanya yang sangat besar bagi kepentingan kepramukaan.

Nah sobat Pramuka, itulah berbagai macam jenis tanda penghargaan dalam organisasi Gerakan Pramuka. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu tentang Pramuka ya! Jangan lupa untuk membagikan postingan ini ke teman-teman kamu.

Oh iya, apakah kamu sudah pernah mendapatkan tanda penghargaan? Kalau iya, silahkan komentar di bawah ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done