Tiska Dan Tigor: Pengertian, Bentuk, Syarat, Masa Berlaku, Dan Cara Pemakaian - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Sabtu, 20 Juni 2020

Tiska Dan Tigor: Pengertian, Bentuk, Syarat, Masa Berlaku, Dan Cara Pemakaian

pengertian tiska dan tigor
Pict From Instagram - @audita_dwi
KakaKiky - Bagi seorang anak Pramuka yang sudah sering mengikuti kegiatan kepramukaan, baik itu ditingkat ranting, cabang, daerah, bahkan nasional pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Tiska dan Tigor. Nah, pada kesempatan postingan kali ini, kita akan membahas tentang apa itu pengertian dari Tiska dan Tigor, bentuknya, syarat penggunaannya, masa berlaku, serta cara pemakaiannya yang baik dan benar.

Pengertian Tiska dan Tigor

contoh tiska dan tigor
Contoh Tiska dan Tigor
Tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dan Tigor (Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong) merupakan jenis  tanda penghargaan dari sebuah kegiatan yang diikuti. Tiska dan Tigor adalah tanda yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan keaktifan dan prestasinya dalam kegiatan kepramukaan seperti Pesta Siaga, Jambore, Perkemahan Wirakarya, Raimuna, Giat Prestasi, dan lain sebagainya.

Tanda penghargaan kegiatan, baik itu Tiska maupun Tigor termasuk salah satu dari Tanda Pengenal Dalam Gerakan Pramuka. Kamu bisa membaca tentang berbagai macam Tanda Pengenal Gerakan Pramuka Di Sini.

Berbagai macam hal terkait Tiska dan Tigor ini sudah diatur dan dijelaskan secara lengkap dalam SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 175 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka. Kamu bisa mendownload filenya di bawah ini:

Siapa yang boleh menggunakan Tiska dan Tigor?

Tiska dan Tigor diperuntukkan bagi anggota peserta didik Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan keaktifan serta prestasi mereka dalam kegiatan kepramukaan, mulai dari golongan pramuka siaga, penggalang, penegak, sampai dengan pramuka pandega.

Apa bentuk dan bahan dari Tiska dan Tigor?

Bentuk, bahan, serta gambar dari Tiska dan Tigor adalah sebagai berikut:
  • Tanda penghargaan kegiatan dibuat dari logam dengan gambar relief (timbul) logo kegiatan, digantungkan pada pita kain berukuran 3 Cm x 2,5 Cm, sesuai dengan ukuran dari tanda penghargaan tersebut.
  • Selain logam, tanda penghargaan kegiatan juga dapat dibuat dari bahan kain atau bahan lainnya.
  • Untuk tanda harian dibuat dari kain berbentuk segi empat berukuran 3,5 cm x 1 cm, dengan warna dasar sesuai golongannya dan tulisan kegiatan berwarna perak.
  • Bentuk, bahan, ukuran, gambar, dan warna tanda penghargaan kegiatan dapat ditentukan dan diputuskan oleh kwartir penyelenggara kegiatan tersebut.

Apa syarat untuk menerima Tiska dan Tigor?

Untuk dapat menerima Tiska atau Tigor sebagai tanda penghargaan kegiatan, kamu harus memenuhi beberapa syarat diantaranya:
  • Tanda ikut serta kegiatan (Tiska) diberikan kepada anggota Pramuka setelah yang bersangkutan ikut serta dan aktif dalam kegiatan/perkemahan seperti Pesta Siaga, Jambore, Lomba Tingkat (LT), Raimuna, Perkemahan Pramuka Luar Biasa, yang dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, kesungguhan, keuletan, ketekunan, ketelitian, sehingga mencapai prestasi yang baik, sesuai dengan ketentuan penyelenggara kegiatan tersebut.
  • Tanda ikut serta bakti gotong royong (Tigor) diberikan kepada anggota Pramuka setelah yang bersangkutan aktif melakukan kegiatan dalam Perkemahan Wirakarya.
  • Yang berwewenang dalam hal mengusulkan, memberikan, menganugerahkan, serta mencabut tanda penghargaan kegaitan (baik Tiska atau Tigor) adalah pembina pramuka yang bersangkutan melalui panitia penyelenggara kegiatan.

Cara pemakaian dan penempatan Tiska dan Tigor

tata cara pemakaian tiska dan tigor sesuai aturan
Cara Pemakaian Tiska dan Tigor
Untuk pemakaian Tiska dan Tigor pada seragam pramuka adalah sebagai berikut:
  • Untuk putra, Tiska dan Tigor dapat dikenakan di atas lambang WOSM pada saku kanan seragam Pramuka.
  • Untuk putri, Tiska dan Tigor pemasangannya bisa di sesuaikan di seragam Pramukanya masing-masing. Agar seragam lebih baik di isi terlebih dahulu pada bagian atas dada sebelah kanan.

Berapa lama masa berlaku Tiska dan Tigor?

Untuk Tiska dan Tigor, masa pemakaiannya pada seragam Pramuka adalah selama maksimal 6 bulan sejak saat diserahkannya tanda penghargaan tersebut kepada anggota Pramuka yang bersangkutan.

Nah sobat Pramuka, itulah beberapa penjelasan dan poin penting terkait Tiska dan Tigor mulai dari pengertiannya, bentuk, syarat penggunaan, cara penggunaan, sampai dengan masa berlaku dari Tiska dan Tigor itu sendiri. Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepramukaan kalian. Wassalmu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done