Tongkat Pramuka: Pengertian, Ukuran, Warna, Bentuk, Dan Penggunaannya - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Minggu, 21 Juni 2020

Tongkat Pramuka: Pengertian, Ukuran, Warna, Bentuk, Dan Penggunaannya

Pict From Instagram - @islamscout_official
KakaKiky - Tongkat pramuka memiliki ketentuannya sendiri terkait dengan ukuran, warna, serta cara penggunaannya dalam baris-berbaris. Pada materi Pramuka kali ini kita akan membahas tentang ukuran, warna, dan cara penggunaan tongkat Pramuka. Buat kalian yang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang tongkat pramuka ini, yuk simak penjelasan iky di bawah ini.

Apa itu tongkat Pramuka?

Yang dimaksud dengan tongkat pramuka adalah sebuah tongkat yang terbuat dari bambu atau kayu yang berbentuk silinder dan biasa digunakan oleh anak Pramuka untuk berbagai keperluan. Seperti salah satu lirik yang ada pada yel-yel ‘Bukan Polisi dan Bukan Tentara’, tongkat pramuka adalah senjata bagi anak-anak Pramuka.

Ukuran, bahan, dan warna Tongkat Pramuka

Seperti yang iky jelaskan di atas, tongkat Pramuka terbuat dari bahan bambu atau kayu yang dibentuk menyerupai silinder. Ukuran panjang dari tongkat pramuka adalah 160 cm (1,6 meter) dan diameternya adalah sekitar 5 cm.

Sedangkan untuk warna tongkat Pramuka pada umumnya di warnai dengan 2 atau 3 warna. Namun, kamu bisa kreasikan warnanya sesuai dengan selera. Kamu bisa membuat warna tongkat yang sama dengan warna yang mencerminkan kelompokmu. Agar lebih seragam dan kompak, cobalah untuk menyamakan semua warna tongkat pramuka dalam satu grup.

Penggunaan Tongkat Pramuka

Tongkat pramuka yang merupakan senjata anak pramuka adalah peralatan serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan tongkat Pramuka:

  • Untuk melekatkan bendera regu.
  • Sebagai tiang untuk mendirikan tenda.
  • Membuat pionering seperti pionering gapura, menara pandang, rak piring, rak sepatu, jemuran pakaian, jembatan, dan lain sebagainya.
  • Alat bantu untuk menaksir tinggi dan jarak.
  • Alat pertahanan diri (self defense), baik dari gangguan hewan liar dan lain sebagainya.
  • Pembuatan tandu darurat.
  • Digunakan untuk membantu proses mengangkut barang.
  • Digunakan sewaktu baris-berbaris menggunakan tongkat.
  • Dan masih banyak lagi, silahkan tambahkan di kolom komentar ya, kamu menggunakan tongkat pramuka untuk apa saja.

NOTE:
Karena tongkat pramuka ini sangat penting dan fungsinya yang serbaguna, kamu harus memperhatikan dengan baik sewaktu memilih bahan dari tongkat Pramuka. Gunakanlah bahan yang kuat dan tidak mudah patah. Selain itu kamu juga bisa menambahkan tanda ukuran dari tongkat, misalnya 50 cm, 1 meter, dan lain sebagainya.

Nah sobat, itulah materi lengkap tentang ukuran, warna, bahan, dan penggunaan tongkat pramuka. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya! Tinggalkan juga komentar di bawah terkait materi di atas. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done