Umat Muslim Atau Umat Islam, Mana Kata Yang Benar?

umat muslim atau umat islam
Umat muslim atau umat Islam?

KakaKiky - Kita pasti sudah terbiasa mendengarkan kata “Umat Islam” dan “Umat Muslim”, apalagi jika hari-hari besar agama Islam sudah mulai berdatangan. Sebagai contoh, di bulan suci Ramadhan kita terbiasa mendengar atau melihat ucapan seperti:

  • Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat islam, atau
  • Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim

Mungkin kedua hal di atas terlihat sama saja, namun tahukah kamu di antara penggunaan kata umat muslim dan umat islam, ada yang salah.

Lantas, manakah penggunaan kata yang paling tepat? Umat muslim ataukah umat Islam? Simak penjelasan Kiky berikut ini ya!

Umat Muslim Atau Umat Islam, Mana Yang Benar?

Jika kita melihat kembali Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata umat memiliki arti sebagai berikut:

  • para penganut (pemeluk, pengikut) suatu agama; penganut nabi;
  • makhluk manusia;

Maka dari itu, penggunaan kata selanjutnya harus diikuti dengan nama agama atau nama nabi, contohnya adalah sebagai berikut:

Sementara itu, jika kita melihat arti dari kata Muslim ialah “penganut agama Islam”. Jika kita menggunakan kata umat Muslim maka artinya adalah umat yang mengikuti penganut agama Islam. Mereka, umat yang dimaksud dalam ungkapan tersebut, mengikuti orang (penganut) agama Islam, bukan agamanya. Tentu saja ungkapan tersebut adalah kurang tepat untuk digunakan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penggunaan kata ungkapan yang paling tepat adalah “Umat Islam” bukan “Umat Muslim”.

Nah sobat, itulah penjelasan terlengkap tentang mana penggunaan kata yang benar antara umat Islam dan umat Muslim. Semoga postingan ini dapat bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tidak ikutan salah dalam menuliskan kata. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!