Twint: Definisi, Cara Install, Dan Cara Menjalankannya Dengan CMD

definisi twint dan cara install twint
Mater Lengkap Tentang Twint

KakaKiky - Pada postingan pembelajaran Artificial Intelligence kali ini, Kiky akan membagikan materi tentang twint, tutorial cara menginstall twint di windows 10 dengan mudah, serta cara menjalankan Twint dengan menggunakan CMD. Bagi kalian yang penasaran tentang bagaimana proses penginstallannya, silahkan baca selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Twint

Twint adalah sebuah tools yang digunakan untuk melakukan scrapping dari aplikasi twitter yang disetting secara khusus menggunakan bahasa pemrograman Python. Twint dapat kita gunakan dan jalankan tanpa harus menggunakan API dari Twitter itu sendiri, dengan kapasitas scrapping data maksimalnya adalah 3200 tweet.

Bukan hanya digunakan pada tweet, twint juga bisa kita gunakan untuk melakukan scrapping pada user, followers, retweet dan sebagainya. Twint memanfaatkan operator pencarian twitter untuk memungkinkan proses penghapusan tweet dari user tertentu, memilih dan memilah informasi-informasi yang sensitif, termasuk email dan nomor telepon di dalamnya.

Cara Install Twint Di Windows 10

Proses installasi Twint dapat dilakukan dengan dua cara yaitu GIT dan PIP dengan menggunakan CMD (Command Line) dengan memasukkan beberapa syntax. Berikut adalah cara install menggunakan GIT dan PIP.

1. Cara Install Twint menggunakan GIT

Jika kamu ingin menginstall Twint dengan menggunakan GIT, maka syntax yang harus kamu masukkan adalah sebagai berikut:

git clone https://github.com/twintproject/twint.git
cd twint
pip3 install . -r requirements.txt

NOTE: Masukkan dan eksekusi syntax satu per satu.

2. Cara Install Twint menggunakan PIP

Jika kamu ingin menginstall Twint dengan menggunakan PIP, maka syntax yang harus kamu masukkan adalah sebagai berikut:

pip3 install twint
pip3 install --user --upgrade -e git+https://github.com/twintproject/twint.git@origin/master#egg=twint
pip install git+https://github.com/twintproject/twint.git#egg=twint

Atau bisa juga dengan menggunakan syntax:

pipenv install -e git+https://github.com/twintproject/twint.git#egg=twint

NOTE: Masukkan dan eksekusi syntax satu per satu.

Mana Cara Install Yang Terbaik?

Pada proses installasinya saya menggunakan metode GIT karena lebih mudah. Berikut ini adalah gambar porses penginstallan twint dengan metode GIT di Windows 10:

cara install twint

cara install twint

Setelah proses installasi selesai dilakukan, untuk melihat dan memverifikasinya dapat kita lihat dengan mengetikkan perintah twint di CMD, dan output yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

cara cek installasi twint

Cara Menjalankan Twint Menggunakan CMD

Untuk menajalankan tools Twint bisa dengan menggunakan syntax yang ada seperti pada gambar di bawah. Nantinya file yang dihasilkan akan disimpan dalam format .CSV

cara menjalankan twint

Nah sobat, itulah materi lengkap tentang Twint mulai dari pengertian, cara menginstall, serta cara menjalan twint dengan menggunakan CMD di Windows. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu'alaikum and Be Prepared!