Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian 13 Jenis SKK (Syarat Kecakapan Khusus) Pramuka

materi pramuka
13 Jenis SKK - Pramuka

KakaKiky - Pada postingan materi pramuka kali ini Kiky akan membahas tentang 13 jenis SKK (Syarat Kecakapan Khusus) yang wajib kamu ketahui sebagai seorang anggota Gerakan Pramuka. Simak pemaparan materinya di bawah ini ya!

Apa itu SKK?

Syarat Kecakapan Khusus (SKK) adalah syarat kecakapan pada bidang teknologi yang dimiliki oleh peserta didik yang berminat dalam pengembangan minat dan bakatnya untuk mendapatkan TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Sebelumnya SKK Wajib berjumlah 10 namun saat ini sudah berjumlah 13 jenis SKK. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0782-00-A tanggal 8 Juli 2013 tentang TKK Wajib.

Daftar 13 SKK Wajib

Berikut adalah daftar 13 jenis SKK Wajib berdasarkan Surat Keputusan Kwarnas Nomor: 47 Tahun 1985 dan Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0782-00-A tanggal 8 Juli 2013.

  1. SKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
  2. SKK Pengatur Rumah
  3. SKK Pengamat
  4. SKK Pengaman Kampung/Desa
  5. SKK Juru Kebun
  6. SKK Juru Masak
  7. SKK Gerak Jalan
  8. SKK Menjahit
  9. SKK Berkemah
  10. SKK Penabung
  11. SKK Perilaku Hidup Sehat dan Bersih
  12. SKK Imunisasi
  13. SKK Reproduksi Sehat Remaja

Pencapaian Tanda Kecakapan Khusus Wajib biasanya berkaitan dengan salah satu syarat dalam SKU Pramuka Garuda. Dalam salah satu syaratnya, seorang calon Pramuka Garuda harus memiliki setidaknya 10 macam TKK di mana 5 diantaranya adalah SKK Wajib.

Nah sobat, itulah pembahasan materi pramuka tentang 13 SKK Wajib. Semoga materi ini dapat menambah wawasan kamu tentang kepramukaan. Jangan lupa untuk tinggalkan jejak berupa komentar dan bagikan postingan ini kepada teman kamu ya! Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Pengertian 13 Jenis SKK (Syarat Kecakapan Khusus) Pramuka"