Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas Pemicu Sakit Kepala Dan Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Ampuh

cara cegah sakit kepala
Aktivitas Pemicu Sakit Kepala

KakaKiky - Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit kepala, namun lokasi sakit kepala yang dialami bisa berbeda-beda. Ada beberapa titik yang terasa sakit dan nyeri ketika kita terserang sakit kepala, diantaranya adalah bagian belakang yang sering kita sebut sebagai sakit kepala belakang.

Kiky yakin kamu yang sedang membaca postingan ini juga pernah atau sedang merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini umum terjadi akibat dari berbagai jenis kemungkinan kondisi yang kamu alami, seperti kurang makan dan minum misalnya.

Tentunya sakit kepala ini akan membuat kita menjadi tidak nyaman karena kepala terasa berdenyut dan menyakitkan. Selain itu sakit kepala ini juga dapat membuat kita tidak fokus dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Kiky akan membagikan informasi tentang hal-hal yang harus kamu hindari agar tidak memicu terjadinya sakit kepala serta tips untuk mengobati rasa sakit kepala secara efektif.

Hal yang dapat memicu sakit kepala

Sakit kepala merupakan kondisi dimana kepala kita merasakan denyutan dan rasa sakit yang membuat kepala kita tidak nyaman. Sakit kepala juga umum terjadi dan biasanya tidak terlalu parah sehingga bisa diobati hanya dengan meminum air putih yang cukup dan dengan mengkonsumsi obat pereda sakit.

aktivitas pemicu sakit kepala
Hal yang menyebabkan sakit kepala

Agar tidak memicu terjadinya sakit kepala, kamu harus menghindari beberapa hal yang Kiky sebutkan di bawah ini:

  • Mengkonsumsi kafein secara berlebihan seperti kopi
  • Terlalu sering bergadang sehingga waktu untuk istirahat menjadi terganggu
  • Makan tidak teratur
  • Terlalu sering mengalami stres
  • Diet secara berlebihan
  • Kurang berolahraga
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan

Selain hal-hal yang Kiky sebutkan di atas, ada juga faktor-faktor lain yang bisa membuat kamu sakit kepala diantaranya adalah karena penyakit, lingkungan, dan juga genetika. Penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala seperti infeksi, pilek, dan demam. Menderita sinusitis, infeksi tenggorokan, dan infeksi telinga juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika kita melihat faktor genetika, penyakit migrain cenderung diturunkan dalam keluarga. Remaja dan anak-anak yang menderita sakit kepala 90% diantaranya pasti memiliki anggota keluarga yang juga mengalami migrain.

Tips mengobati rasa sakit kepala

Sakit kepala tentunya bisa disembuhkan dengan beberapa cara selama sakit kepala tersebut bukan gejala dari penyakit yang serius. Berikut adalah cara yang umum digunakan untuk mencegah dan meredakan rasa sakit kepala yang sangat mengganggu:

obat sakit kepala
Cara Mengobati Rasa Sakit Kepala

1. Mengkonsumsi obat sakit kepala

Umumnya cara yang paling ampuh digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah mengkonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol dan kafein. Kedua kombinasi ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri karena sakit kepala. Salah satu jenis obat yang bisa kamu coba adalah obat sakit kepala Saridon.

Saridon merupakan obat sakit kepala yang dapat meredakan rasa nyeri dan cenat-cenut secara cepat dan efektif. Saridon diformulasikan dengan Paracetamol, Propifenason, dan Kafein sehingga sangat cepat dalam meredakan sakit kepala. Obat ini sebaiknya kamu konsumsi setelah makan dan dengan air secukupnya. Takaran dosis untuk mengkonsumsi obat ini yaitu:

  • Anak-anak 6-12 tahun: ½ - 1 Tablet , 3-4 kali sehari
  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 Tablet, 3-4 kali sehari

Tentunya mengkonsumsi obat-obatan harus dengan takaran dan batasan wajar, kamu tetap harus bijak dalam mengkonsumsinya.

2. Tetap terhidrasi

Ketika mengalami dehidrasi, otak akan berkontraksi karena ia tidak memiliki cairan yang cukup dan dapat menyebabkan rasa nyeri. Oleha karena itu, kamu harus tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi minimal 6 gelas air per hari.

3. Hindari stres

Stres merupakan sumber dari segala penyakit! Oleh karena itu kamu harus menghindari stress, bisa dengan menjernihkan pikiran, olahraga, pijat, relaksasi, bertemu orang tercinta, dan sebagainya. Dengan menurunkan stres akan secara ampuh mengurangi rasa sakit karena kepala tegang.

4. Tidur dan makan teratur

Tubuh kita tentunya memerlukan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup setidaknya 8 jam sehari. Namun, kamu juga harus mengatur jadwal tidur yang sehat, jangan sering begadang karena dapat menyebabkan sakit kepala. Bila jadwal tidurmu berantakan, maka metabolisme tubuh akan terganggu dan menimbulkan berbagai penyakit seperti sakit kepala.

Selain istirahat yang teratur, makan juga harus teratur! Atur jadwal makan kamu agar tubuh kamu terpenuhi nutrisinya sehingga dapat melakukan aktivitas dengan normal.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang hal-hal yang harus kamu hindari agar tidak memicu terjadinya sakit kepala serta tips untuk mengobati rasa sakit kepala secara efektif. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Aktivitas Pemicu Sakit Kepala Dan Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Ampuh"