Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembangkan Bisnis Anda di Era Digital

cara mengembangkan bisnis
Cara mengembangkan bisnis di era digital

KakaKiky - Pemilik bisnis di jaman modern ini memang harus beradaptasi dengan teknologi yang bisa mengembangkan bisnis. Di era digital, ada banyak jenis hal yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis kita demi mendapatkan tujuan yang kita inginkan.

Tergantung dari tujuan bisnis kita, ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan coba untuk mengembangkan bisnis di era digital.

Teknologi apa saja yang bisa digunakan para pemilik bisnis? Mari kita coba langsung saja bahas secara disini.

Pertimbangan Untuk Cara Mengembangkan Bisnis

Ada berbagai cara dalam pengembangan sebuah bisnis, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi di jaman sekarang.

Go Online (Pemula)

Go Online

Pertama adalah dengan memiliki visibilitas secara online dimana ini merupakan cara mudah mengembangkan bisnis Anda di masa sekarang. Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti website, media sosial, untuk memperkenalkan produk, layanan, dan bisnis Anda secara umum. Bidik audiens Anda dengan benar maka teknik ini akan sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu alat.

Di jaman sekarang ini kita bisa membuat website dengan beberapa klik saja tanpa harus memiliki pengetahuan coding. Tentu saja kita tetap harus mempelajari beberapa hal baru, karena memiliki website saja tidaklah cukup.

Setelah memiliki website maka bisa memanfaatkan berbagai teknik pemasaran digital seperti contohnya adalah menggunakan jasa Facebook Ads, instagram, atau bahkan Google Ads untuk menarget calon pelanggan. Selain itu, kita juga fokus ke cara gratis atau organik dengan memanfaatkan SEO. Jadi silakan untuk tentukan teknik pemasaran digital yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Gunakan CRM Untuk Manajemen (Intermediate)

Gunakan CRM Untuk Manajemen

CRM atau Customer Relationship ManagementSoftware adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan data customer, agar bisa lebih mudah di analisa. Aplikasi CRM ini akan sangat cocok untuk bisnis retail, dan berbagai bisnis yang berhubungan langsung dengan customer. Data yang didapatkan dari CRM akan bisa memberikan insight dan analisa data sehingga bisa digunakan dalam pengembangan bisnis kita selanjutnya.

Perlu diingat bahwa Aplikasi CRM ini hanya cocok untuk digunakan oleh bisnis yang sudah berkembang atau paling tidak bisnis yang memiliki beberapa divisi atau bagian seperti marketing, customer support, dan sebagainya. Selain itu kekurangan lainnya dengan pengaplikasiannya juga membutuhkan pelatihan terhadap karyawan kita.

Fokus Kepada Produk dan Layanan (Pemula)

Fokus pada produk dan layanan pemula

Kesalahan dari bisnis yang sangat dasar dan jarang disadari adalah pemilik bisnis jarang fokus kepada produk dan layanan melainkan fokus satu sisi saja ke marketing. Bukan berarti marketing dan pemasaran tidak penting, hanya saja kita juga harus imbangi dengan kualitas dari produk dan layanan kita.

Coba untuk tanyakan feedback kepada para pelanggan mengenai produk dan layanan Anda. Apa saja yang mereka suka? Mengapa mereka menyukainya? Bagaimana produk dan layanan Anda membantu pelanggan Anda? Dengan feedback ini Anda akan memiliki beberapa list yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis Anda menjadi lebih baik.

Anda juga bisa menggunakan kompetitor sebagai salah satu sumber data. Misalnya, Anda bisa mencari tahu apakah bisa memangkas biaya produksi, cara mereka memasarkan produk, dan sebagainya. Tentu mempelajari kompetitor adalah salah satu cara terbaik untuk Anda gunakan.

Kesimpulan

Tentu beberapa hal yang ada di atas hanyalah segelintir tips dan cara pengembangan bisnis yang bisa dilakukan di jaman digital. Ada banyak cara untuk tetap berkembang paling tidak kita harus mencoba berbagai cara, melakukan testing, dan testing apa yang terbaik untuk tujuan bisnis kita sendiri. Selamat mencoba, dan semoga informasi ini bermanfaat ya? Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembangkan Bisnis Anda di Era Digital"