Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perluas Wawasan Dan Membangun Kualitas Diri Dengan Aplikasi Storytel Audiobook

perluas wawasan dengan storytel
Storytel - Audiobook Indonesia

KakaKiky - Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi seperti yang kita rasakan saat ini turut merubah beberapa pola aktivitas kehidupan sehari-hari dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi. Salah satunya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara mendengarkan buku. Jika pada zaman dulu kita terbiasa membaca buku, maka dengan perkembangan teknologi sekarang ini memungkinkan kita untuk dapat mendengarkan buku.

Tren mendengarkan buku semakin populer saat ini. Kamu bisa mendapatkan begitu banyak informasi dan ilmu pengetahuan hanya dengan mendengarkan buku. Selain informasi, kita juga dapat mengembangkan kualitas diri kita menjadi pribadi hebat dan lebih baik lagi melalui buku-buku pengembangan diri yang bisa kita dengarkan.

Buku yang bisa didengarkan biasa disebut dengan Audiobook. Saat ini sudah hadir platform atau Aplikasi Audiobook terbaik yang menyediakan lebih dari ratusan ribu judul buku dari seluruh dunia seperti termasuk Indonesia, yaitu aplikasi Storytel. Salah satu buku best seller Indonesia yang ada di aplikasi ini adalah buku Negeri Lima Menara.  Nah, pada postingan ini Kiky akan membahas lebih lengkap mengenai Audiobook dan aplikasi Storytel yang dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan mengembangkan diri menjadi pribadi yang hebat.

Apa itu Audiobooks?

apa itu audiobook
Apa itu Audiobook?

Audiobook merupakan salah satu jenis buku digital yang dikemas dalam bentuk rekaman suara seseorang (dubber) yang membaca sebuah buku, sehingga kamu seolah-olah sedang dibacakan sebuah buku. Contohnya misalkan seperti , contohnya seperti Harry Potter Audiobook.

Audiobook sendiri hadir sebagai sebuah solusi bagi kamu yang memiliki aktivitas yang sangat menumpuk sehingga tidak sempat untuk membaca buku. Dengan Audiobook kamu tetap bisa melakukan aktivitas lainnya sambil mendengarkan buku. Karena kemudahan yang diberikannya membuat tren mendengarkan buku ini semakin populer di tahun 2022.

Storytel Aplikasi Audiobook Terbaik

Storytel adalah aplikasi Audiobook Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu koleksi buku bestseller dari seluruh dunia yang dapat kita nikmati dengan cara didengarkan. Bahkan buku dengan judul Game of Thrones yang diadaptasi menjadi game juga ada dalam aplikasi ini. Storytel berfokus untuk membagikan ilmu pengetahuan dan kisah-kisah hebat yang dapat dinikmati oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja serta tentunya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Namun tentunya ada juga pengguna yang memang lebih suka menikmati buku dengan cara dibaca, oleh karena itu Storytel juga memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat membaca buku-buku yang ada dalam bentuk e-book.

apa itu storytel

Ada banyak sekali genre buku yang bisa kamu coba mulai dari novel fiksi, thriller, romance, biografi, sejarah, dan masih banyak lagi. Novel terkenal seperti "Selamat Tinggal" karya Tere Liye juga bisa kamu nikmati di sini. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan penggunanya membuat Storytel ini sangat digemari oleh pecinta buku.

Jika kamu menanyakan tentang rekomendasi audiobook terbaik, maka Kiky akan dengan senang hati mengatakan Storytel adalah jawabannya. Mengapa demikian? Tentunya rekomendasi ini bukan tanpa alasan, banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh Storytel ini dan akan Kiky jelaskan di bawah lengkap dengan pengalaman pribadi saat menggunakan aplikasi Audiobook tersebut.

Manfaat dan Kelebihan Menikmati Buku Di Storytel

kelebihan storytel audiobook
Kelebihan dan Manfaat Storytel

Sebagai aplikasi yang sangat diminati oleh pecinta buku, tentunya aplikasi yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Library buku yang sangat lengkap

Storytel memiliki lebih dari 500.000 judul buku best seller dalam skala global yang bisa kamu dengarkan audiobook nya, tak terkecuali buku-buku yang ada di Indonesia. Kamu bisa memilih buku dengan genre favorit mu, karena dalam aplikasi ini terdapat belasan genre yang siap memanjakan kamu.

Banyak rekomendasi buku internasional yang wajib kamu nikmati di aplikasi ini, salah satunya adalah buku dengan judul Sapiens. Buku karya Yuval Noah Harari ini berfokus membahas tentang sejarah umat manusia yang dimulai dari zaman batu hingga abad kedua puluh.

Jika kamu merupakan orang yang suka dengan buku yang penuh keseruan dan ketegangan, kamu bisa mencoba untuk membaca buku dengan judul Hunger Games. Kamu akan dibuat tenggelam dalam cerita oleh penulis dan merasakan keseruan permainan Hunger Games.

Kedua buku tersebut wajib kamu coba dengarkan audiobook nya karena berisi banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, selain itu juga dapat menghibur kamu dengan alur ceritanya yang sangat menarik.

2. Baca dan dengarkan buku di satu aplikasi sekaligus

Storytel tentunya sangat ingin memanjakan penggunanya, baik pengguna yang gemar membaca buku maupun yang lebih suka untuk mendengarkan buku. Dengan menggunakan Storytel kamu dapat membaca dan juga mendengarkan buku.

Ini merupakan langkah yang bagus agar minat membaca tidak hilang dan tetap eksis di tengah populer nya tren mendengarkan buku. Jika kamu punya waktu luang kamu bisa baca buku online dan jika sedang banyak aktivitas kamu bisa mendengarkan buku-buku tersebut, sangat fleksibel bukan?

3. Baca buku online dan offline

Di aplikasi ini kamu dapat membaca dan mendengarkan buku langsung secara online, atau istilah kerennya streaming audiobook. Jika kuota kamu lagi sekarat, kamu bisa mendownload buku tersebut terlebih dahulu dan baca atau dengarkan secara offline.

4. Narator yang berkualitas dan professional

Sebagai aplikasi yang mengusung Audiobook tentunya peran narator sebagai pengisi suara sangatlah penting. Semakin bagus dan sesuai pengisi suara dengan buku yang dibacakan tentunya akan semakin membangun kesan yang luar biasa ketika kita mendengarkan buku tersebut, seolah-olah kita terbawa ke dalam suasana buku itu sendiri.

Oleh karena itu narator yang ada dalam aplikasi Storytel adalah orang-orang yang professional dan berpengalaman di bidang ini. Bahkan public figure ternama juga ikut andil dalam aplikasi ini yang akan membawa kamu menuju puncak imajinasi dan fantasi.

5. Menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan pengembangan diri lebih menyenangkan

Storytel menyediakan begitu banyak buku yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, kita bisa mengembangkan pribadi kita menjadi lebih baik dan hebat karena terinspirasi oleh buku-buku-buku yang disajikan, salah satu contohnya seperti buku Mariposa. Tentunya hal ini dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan karena kita tidak perlu repot untuk membaca buku tersebut, cukup didengar sambil santai menyeruput kopi atau mengerjakan aktivitas lainnya.

Bila kamu suka mendengarkan buku internasional dengan bahasa Inggris juga dapat membuatmu menjadi lebih pandai berbahasa inggris, karena kamu dituntut untuk dapat memahami kata-kata dalam buku tersebut. Selain itu kamu juga akan dapat belajar tentang bagaimana pelafalan atau pengucapan kata bahasa Inggris tersebut sehingga kamu bisa menjadi lebih fasih. Kurang lebih sih seperti belajar listening section ya sobat.

6. Banyak fitur keren yang memudahkan kamu sebagai pengguna

fitur keren storytel
Daftar fitur Storytel

Kepuasan pengguna adalah nomor satu! Storytel menyediakan banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pengalaman mendengar buku jadi lebih menyenangkan. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

Fitur Search dan Pengkategorian

Seperti yang Kiky jelaskan sebelumnya bahwa Storytel memiliki ratusan buku best seller yang terbagi ke dalam beberapa genre atau kategori. Nah fitur ini dapat memudahkan kamu untuk menelusuri buku bacaan yang sesuai dengan seleramu, cari berdasarkan judul buku, pengarang, atau genrenya. Misalkan kamu ingin mencari buku Dilan, cukup ketikkan saja Dilan pada menu pencarian, maka kamu akan menemukan bukunya.

Fitur Save untuk menyimpan buku favorite

Kamu punya buku yang sangat menarik untuk dibaca atau didengarkan, namun masih harus menghabiskan bacaan buku yang sebelumnya? Kamu bisa menggunakan fitur save ini untuk menyimpan buku favorit mu untuk dibaca selanjutnya.

Fitur Bookmark Manual

Ketika kamu mendengarkan audiobook di Storytel, kemudian kamu menemukan ada kalimat menarik yang menginspirasi dan membuatmu kagum, maka kamu bisa menggunakan fitur Bookmark manual untuk menandai kalimat tersebut.

Fitur Pembagian Chapter

Audiobook Storytel dibagi dalam beberapa chapter sesuai dengan yang ada pada buku aslinya. Kamu dapat memanfaatkan fitur pembagian chapter ini untuk melompat dari chapter yang satu ke chapter yang lainnya.

Fitur Kecepatan Audibook

Jika kamu merasa narator membaca terlalu cepat atau terlalu lambat, maka kamu bisa melakukan settingan menggunakan fitur kecepatan Audibook yang ditandai dengan icon speedometer. Pilihlah kecepatan audio sesuai dengan yang kamu inginkan sehingga kamu dapat mendengarkan buku favoritmu dengan lebih nyaman.

Fitur Sleep Timer

Jika kamu seseorang yang suka mendengarkan Audiobook sebelum tidur, maka fitur ini akan sangat berguna bagi kamu. Gunakan fitur ini untuk mengatur berapa lama audiobook akan diputar, sehingga ketika kamu ketiduran maka audiobooknya akan berhenti pada waktu yang kamu tentukan.

Fitur Listening Goal

Jika kamu seseorang yang sangat antusias dalam menikmati buku, maka coba gunakan fitur ini untuk mengatur berapa lama dan berapa buah buku yang akan kamu habiskan dalam jangka waktu tertentu. Dengan fitur ini, jumlah bacaan yang ingin diselesaikan akan lebih tertarget dengan jelas.

Fitur Download Buku

Jika kuotamu terbatas atau terkendala di jaringan, maka kamu bisa menggunakan fitur download untuk mengunduh buku yang ingin didengar atau dibaca. Sehingga kamu bisa menikmati buku ini di manapun dan kapanpun.

Fitur Kids Mode

Storytel merupakan aplikasi yang menyediakan buku untuk berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tentunya sebagai orangtua tidak ingin anaknya dapat mengakses beberapa buku yang belum cocok dengan usia anak-anak.

Oleh karena itu, fitur ini hadir sebagai sebuah solusi agar anak-anak hanya dapat mengakses dan mengkonsumsi bacaan dan audiobook yang sesuai dengan usianya. Jadi sebagai orangtua sudah tidak perlu khawatir lagi.

Pengalaman Pribadi Menggunakan Aplikasi Storytel

pengalaman pribadi menggunakan storytel

Jujur saya merupakan orang yang sangat pemilih dalam memilih buku bacaan. Saya lebih suka dengan buku yang membuka wawasan dan membuat diri menjadi lebih berkembang ke arah yang positif. Namun, kesibukan yang ada membuat waktu untuk membaca buku yang saya gemari menjadi sangat berkurang sehingga sulit untuk mendapatkan moment menikmati buku favorit.

Nah, dengan hadirnya Storytel ini merupakan suatu gebrakan yang sangat luar biasa sehingga orang-orang yang aktivitasnya cukup padat dan tidak memiliki waktu untuk membaca buku tetap dapat menikmati buku tersebut melalui audiobook yang disediakan.

Saya juga merupakan orang yang cukup sulit untuk tertidur di malam hari, terkadang harus memutar musik terlebih dahulu sebagai teman untuk tidur. Namun jika dipikir-pikir mengapa tidak menggunakan Storytel ini saja sebagai pengantar tidur? Toh kita Cuma harus mendengarkan bacaan buku yang dibaca oleh sang narator. Sebelum tertidur nyenyak banyak ilmu dan wawasan yang bisa kita dapatkan.

Bagi yang ingin menggunakan storytel ini sebagai pengantar tidur, bisa menggunakan fitur Sleep timer untuk menentukan durasi bacaan buku yang ingin didengarkan, sehingga kalau sudah tertidur audiobook akan berhenti dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Salah satu buku yang saya dengarkan di Storytel adalah buku dengan judul “Pribadi Hebat” yang merupakan sebuah karya dari Ulama masyhur Indonesia yaitu Buya Hamka.

Buku Pribadi Hebat – Buya Hamka

Buku pribadi hebat merupakan salah satu buku yang dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik (self-improvement). Uniknya buku ini tidak seperti buku self-improvement pada umumnya yang biasanya lebih ke “menggurui” namun buku ini berfokus untuk mengajak kita belajar dari berbagai tokoh yang berkepribadian hebat. Banyak pengalaman hidup tokoh-tokoh dunia yang disajikan dalam buku ini, salah satunya adalah presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno.

Buku ini sendiri berfokus pada pengembangan jati diri seseorang di mana Buya Hamka mengatakan bahwa sejatinya bangsa yang hebat itu berawal dari pribadi yang hebat. Mengapa demikian? Karena bangsa itu merupakan kumpulan dari pribadi-pribadi yang ada. Di saat pribadi-pribadi tersebut menjadi pribadi yang hebat dan berkualitas, maka bangsat tersebut pun akan turut demikian.

Buku Pribadi Hebat ini sangat Kiky rekomendasikan untuk di dengarkan jika kamu memang ingin menjadi seseorang dengan kepribadian yang hebat! Selain buku ini ada juga buku menarik lainnya yang bisa kamu baca seperti buku Divortiare yang mengisahkan tentang dunia pernikahan.

Ayo Download Storytel Sekarang Juga!

Gimana sobat? Setelah semua kelebihan dan manfaat serta fitur yang Kiky jabarkan di atas tentang Storytel tentunya membuat kamu sangat tertarik untuk mendownload aplikasi ini bukan? Storytel tersedia untuk perangkat android dan juga iOS. Bagi kamu yang ingin mendownloadnya silahkan klik tautan yang ada di bawah ini:

Bagi kamu yang mendownload sekarang, kamu bisa mendapatkan free 7 hari untuk mengakses ke berbagai buku best seller yang ada di Storytel setelah melakukan register dan login. Jika kamu tertarik untuk berlangganan, kamu hanya perlu membayar Rp 39.000 saja loh! Tentunya ini merupakan harga yang sangat bersahabat bila dibandingkan dengan banyaknya library buku serta fitur-fitur yang disediakan oleh Storytel.

Nah sobat, mungkin cukup sekian postingan yang membahas secara lengkap tentang tren mendengarkan buku berupa audiobook serta rekomendasi audiobook Indonesia terbaik yaitu Storytel. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca, cukup sekian wassalamu’alaikum and Be Prepared!

7 komentar untuk "Perluas Wawasan Dan Membangun Kualitas Diri Dengan Aplikasi Storytel Audiobook"

  1. Baru tau ada aplikasi sekeren ini, cocok banget buat yang sibuk dan gapunya waktu buat baca. Jadi bisa baca sambil ngerjain aktivitas lain. Mantul!

    BalasHapus
  2. Sekarang sambil masak pun bisa nikmatin buku, masak jadi lebih semangat dan gak ngebosenin karna bisa dengerin buku.

    BalasHapus
  3. mantap! di storytel bisa baca dan dengerin buku, praktis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sangat praktis! Bagi yang terbiasa membaca tinggal baca, dan yang lagi sibuk bisa dengeri saja audiobooknya.

      Hapus
  4. Storytel memang aplikasi audiobook terdebest, banyak buku favorite saya ada di aplikasi ini.

    BalasHapus