Cara Melakukan Self Healing Untuk Mengobati Luka Batin Dan Trauma Masa Lalu

cara melakukan self healing untuk mengobati luka masa lalu
Cara melakukan self healing

KakaKiky - Kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jika mental seseorang sehat, maka akan lebih membuka pikirannya ke arah yang positif sehingga tubuh pun akan berfungsi dengan semestinya, baik dari segi emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental belakangan ini mulai mendapatkan perhatian khusus dikarenakan masyarakat sudah makin tersadarkan betapa pentingnya kesehatan mental itu sendiri.

Bagi kamu yang belakangan ini merasa kesehatan mental kamu terganggu, sehingga mempengaruhi cara berpikir, merasakan, dan berperilaku secara negatif, maka salah satu solusi yang bisa kamu terapkan adalah self healing.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas secara tuntas tentang apa itu self healing, tujuan dari self healing, siapa saja yang butuh self healing,  dan cara melakukan self healing. Berikut pembahasan selengkapnya!

Apa itu Self Healing?

Yang dimaksud dengan self healing adalah proses pemulihan diri sendiri dari luka batin, trauma, kesehatan emosional yang buruk, dan kejadian serupa lainnya yang memberikan dampak buruk terhadap diri kita sendiri.

apa yang dimaksud dengan self healing
Apa itu self healing

Saat ini sudah banyak orang yang menyadari betapa pentingnya melakukan self healing untuk dapat menghilangkan semua beban pikiran dan move on untuk terus melanjutkan hidup. Self healing hanya dapat dilakukan oleh diri kamu sendiri, yang artinya adalah hanya kamu yang dapat mengangkat semua luka yang ada di hati kamu dan bangkit dari penderitaan.

Apa tujuan dari Self Healing?

Tujuan dari self healing adalah agar kamu dapat memahami diri sendiri, menerima segala kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam diri, membentuk pikiran positif, dan berdamai dengan masa lalu. Self healing bukan hanya menyembuhkan pikiran dan jiwa seseorang, tetapi juga tubuh kita.

Siapa saja yang butuh Self Healing?

Setiap orang pasti memiliki lukanya masing-masing. Berbeda orang maka berbeda pula permasalahan hidup yang dimiliki. Ada yang memiliki masa lalu yang buruk sehingga menjadi trauma yang mendalam, dendam terhadap seseorang, patah hati, dan hal buruk lainnya yang membuat seseorang harus berjuang melawan sisa-sisa tantangan emosional atau fisik di masa lalu.

siapa saja yang perlu mendapatkan self healing
Siapa saja yang membutuhkan self healing?

Oleh karena itu, setiap orang wajib untuk mendapatkan self healing untuk menyembuhkan diri sendiri dari luka batin dan trauma tanpa terkecuali. Bagi kamu yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukan self healing, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang Kiky bagikan di bawah ini.

Cara melakukan Self Healing

Bila kamu serius dalam menerapkan beberapa cara self healing di bawah ini, maka bisa dipastikan luka batin dan trauma masa lalu yang menghantui bisa secara perlahan dilupakan. Cara-cara ini akan sangat membantu kesehatan emosional dan fisik kamu.

1. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Kamu sadar gak sih, terkadang kita juga terlalu sering lebih keras terhadap diri sendiri daripada ke orang lain. Kita bahkan juga sering memarahi diri sendiri karena tidak mampu mengatasi kegagalan di masa lalu. Jika kita tetap membiasakan hal ini, bukan hanya pikiran kita saja yang akan kacau, namun kesehatan tubuh juga bisa menjadi buruk.

Oleh karena itu kamu harus belajar tentang self compassion, di mana kamu secara perlahan memberi belas kasih yang sama pada diri sendiri seperti yang kamu lakukan ke orang lain. Terlebih dulu, kamu harus sadar kalau kamu sedang tidak baik-baik saja dan tergerak karena kondisimu tersebut untuk lebih mengapresiasi diri sendiri. Intinya, kamu harus mencoba untuk lebih mencintai diri sendiri!

2. Perbaiki kualitas tidurmu

Kualitas tidur yang buruk bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh saja, namun juga akan mempengaruhi kondisi emosi dan psikologis seseorang. Oleh karena itu, orang yang kekurangan tidur biasanya akan lebih cepat emosi dan tidak bisa mengendalikan diri sendiri.

Jika kamu ingin melakukan self healing, cobalah untuk memperbaiki kualitas tidur. Kualtias tidur yang baik akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tenang secara emosi dan psikologis. Cobalah untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam per harinya.

3. Coba me time sesekali!

Me time juga merupakan istilah yang baru-baru ini lagi trending. Me time sendiri merupakan suatu kegiatan di mana kamu meluangkan waktu khusus untuk dirimu sendiri.

Cobalah untuk menghabiskan waktu me time dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai misalkan seperti menonton film, karaokean, minum kopi, berolahraga, dan hal lain yang memang kamu sukai.

Dengan melakukan me time kamu akan merasa lebih nyaman dan rileks sehingga membuat kondisi mentalmu menjadi lebih sehat dan bugar.

4. Coba bicara dengan diri sendiri

coba bicara pada diri sendiri untuk self healing
Coba bicara pada diri sendiri

Meskipun terdengar sedikit aneh, namun ini merupakan salah satu cara self healing yang cukup ampuh karena dapat meluapkan perasaan negatif. Cobalah sesekali untuk berbicara dengan diri sendiri di depan cermin dan luapkan semua perasaan yang kamu alami. Jangan lupa juga untuk memuji dirimu sendiri atas usaha apa saja yang sudah kamu lakukan.

Dengan melakukan hal tersebut kamu akan menjadi orang yang lebih bersyukur atas segala pencapaian yang telah kamu raih!

5. Ambil sisi positif di masa lalu

Segala sesuatu yang terjadi pasti ada sisi positif yang dapat diambil, termasuk juga kejadian buruk yang terjadi di masa lalu. Segala pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan trauma dan stres bila terlalu sering dipikirkan dan dijadikan beban.

Oleh karena itu, cobalah untuk menjadikan pengalaman buruk di masa lalu itu sebagai pembelajaran agar hal tersebut tidak terulang lagi di masa mendatang. Ambillah sisi positif dari kejadian buruk tersebut, sehingga kamu bisa lebih berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang apa itu self healing, tujuan self healing, siapa saja yang perlu mendapatkannya, dan bagaimana cara melakukan self healing dengan baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang memiliki luka batin dan trauma di masa lalu serta segera dapat berdamai dengan hal tersebut. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!