Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Nelayan Atau Simpul Kembar [+Video]

cara membuat simpul nelayan dan simpul kembar
Cara membuat simpul nelayan

KakaKiky - Simpul Nelayan, Simpul Kembar, Simpul Inggris, atau Fisherman’s Knot merupakan satu buah simpul yang sama. Simpul Nelayan ini memang memiliki banyak sekali nama yang berbeda. Nama lain simpul nelayan diantaranya adalah simpul portugis, angler’s knot, english knot, halibut knot, dan waterman’s knot.

Apa itu Simpul Nelayan dan Simpul Kembar?

Walaupun namanya berbeda-beda namun simpulnya tetaplah sama. Biasa disebut simpul nelayan karena simpul ini biasa digunakan untuk menyambung benang nilon pancingan dan menyampung dua utas tali dalam kondisi basah. Disebut simpul kembar karena simpul ini juga merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup.

Cara Membuat Simpul Nelayan atau Simpul Kembar

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau simpul nelayan atau simpul kembar merupakan simpul yang dibuat dengan menggabungkan dua simpul hidup, sehingga cara pembuatannya tidaklah sulit. Bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat simpul kembar/nelayan:

gambar cara membuat simpul nelayan
Cara mudha membuat simpul nelayan

  1. Sejajarkan dua buah utas tali
  2. Buat simpul hidup pada bagian utas tali yang pertama dengan badan tali kedua berada di tengah sosoknya (mata simpul)
  3. Buat simpul hidup pada bagian utas tali yang kedua dengan badan tali pertama berada di tengah sosoknya (mata simpul)
  4. Kemudian tarik kedua utas tali tersebut sehingga kedua simpul hidup menjadi erat dan kuat.

Video Cara Membuat Simpul Nelayan atau Simpul Kembar

Jika kamu sulit memahami cara membuat simpul nelayan berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat simpul nelayan akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian simpul kembar/nelayan, fungsi dan kegunaan simpul kembar/nelayan, serta video cara membuat simpul kembar/nelayan. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Nelayan Atau Simpul Kembar [+Video]"