5 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Website

hal yang harus dipahami sebelum membuat website
Ketahui hal ini sebelum membuat web

KakaKiky - Saat ini website menjadi salah satu komponen yang wajib ada untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis yang kamu miliki. Jika kamu tidak mulai mencari tahu tentang cara membuat website, maka kamu sudah ketinggalan dengan para pebisnis lainnya yang sudah mulai menggunakan website untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen. Bila kamu bingung tentang bagaimana cara membuat website dari nol, kamu bisa langsung mengunjungi INDOTAXPERT.COM.

Namun, sebelum masuk ke tata cara pembuatan website alangkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat website. Dengan memahami hal-hal berikut ini, kamu akan lebih mengerti apa saja yang sebetulnya kamu butuhkan untuk website bisnis milikmu.

Berikut Kiky telah merangkum 5 hal terpenting yang harus kamu perhatikan sebelum membuat website, silahkan simak penjelasan di bawah ini!

1. Menentukan nama domain

Penentuan nama domain yang akan digunakan merupakan hal terpenting pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat website. Nama domain ini menjadi sebuah identitas yang nantinya akan mewakilkan bisnis milikmu, oleh karena itu nama domain harus terlihat professional dan mudah diingat.

tips menentukan domain yang baik dan benar
Cara memilih nama domain

Berikut beberapa tips yang direkomendasikan untuk kamu coba dalam menentukan nama domain yang baik dan benar:

  1. Pilih nama domain seperti nama brand bisnis, organisasi, atau pemilik bisnis, lebih baik nama domain yang mudah diingat oleh pengunjung.
  2. Pastikan nama domain tidak terlalu panjang, idealnya cukup satu kata dengan jumlah huruf maksimal sebanyak 10 huruf.
  3. Nama domain harus mudah dieja, mengapa? Untuk menghindari kesalahan penulisan link jika seorang pengunjung menyarankan website milikmu kepada orang lain.
  4. Hindarilah penggunaan simbol untuk penamaan domain seperti simbol strip (-)
  5. Pilihlah ekstensi domain yang tepat. Umumnya domain yang paling sering digunakan untuk bisnis adalah domain .com dan .id.

2. Pilih template web yang memukau

Website yang dibangun dapat difungsikan sebagai tempat untuk menunjukkan profile bisnis, portofolio, katalog produk, dan sebagainya. Sebagus apapun isi artikel yang kamu buat atau produk yang kamu jual dalam sebuah website, jika tampilannya acak-acakan maka pengunjung tidak akan betah di dalam website. Oleh karena itu, memilih template web yang bagus dan sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan merupakan salah satu kunci sukses membangun sebuah website.

Memilih template website sama halnya seperti memilih baju untuk acara tertentu, harus disesuaikan dengan tema acaranya. Tidak mungkin kan kamu pergi ke acara kondangan tapi memakai baju olahraga? Begitu halnya dengan website, jika kamu menjual produk kecantikan maka pilihlah template dengan desain dan tema yang serupa.

tips memilih template untuk website bisnis
Cara memilih template untuk website bisnis

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih template untuk website bisnis:

  1. Pilih template yang sesuai dengan tema bisnis yang kamu jalankan.
  2. Pastikan teks di website milikmu mudah dibaca oleh pengunjung. Teks yang sulit dibaca akan membuat pengunjung emosi dan langsung meninggalkan website milikmu.
  3. Tambahkan desain dan gambar yang sesuai dengan bisnis, namun jangan berlebihan agar tidak memperlambat loading website
  4. Pilih template dengan desain layout yang simple
  5. Pastikan menu navigasi pada web tertata dengan rapi, jelas, dan mudah dipahami. Menu navigasi merupakan cara pengunjung untuk berinteraksi dengan website, jadi pastikan menu navigasi mudah dipahami oleh pengunjung.

3. Tambahkan konten visual pada web

Sebelum membuat web kamu juga harus mempersiapkan beberapa konten visual seperti desain atau gambar dengan kualitas yang tinggi. Hal ini akan semakin memperindah dan membuat website terkesan professional. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan kecepatan loading dari website. Jangan sampai website bagus dari segi tampilan namun sangat lambat ketika dibuka, ini akan membuat pengunjung tidak betah berada di website milikmu.

4. Pelajari cara membuat konten yang berkualitas

Sebelum membuat website, kamu juga harus belajar bagaimana cara menghasilkan konten-konten yang berkualitas. Siapa sih yang mau membaca konten yang asal-asalan? Tentunya pengunjung mencari konten yang dapat memberikannya informasi yang diinginkan. Konten yang berkualitas akan menarik banyak pengunjung yang dapat meningkatkan kualitas website milikmu di mata mesin pencarian seperti Google.

5. Siapkan sosial media sebagai alat tempur bantuan

cara meningkatkan pengunjung website
Siapkan sosial media

Website yang sudah selesai dibuat tidak serta merta langsung mendapatkan pengunjung. Oleh karena itu, kamu juga harus menyiapkan beberapa sosial media penting seperti Facebook, twitter, WhatsApp dan Instagram untuk membagikan postingan website milikmu. Dengan melakukan hal ini kamu bisa mendapatkan pengunjung dari sosial media tersebut.

Pastikan juga website milikmu memiliki fitur berbagi ke sosial media agar pengunjung website lebih mudah untuk berbagi konten yang ada di website tersebut.

Nah sobat, itulah pembahasan tentang hal-hal yang wajib kamu ketahui sebelum membuat sebuah website untuk bisnis yang kamu jalankan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi kamu untuk memajukan dan mengembangkan bisnis milikmu. Cukup sekian pembahasan kali ini, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!