Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Conversion Rate: Pengertian Dan Cara Meningkatkan

pengertian tentang conversion rate dan cara optimasinya
Pengertian dan cara meningkatkan conversion rate

KakaKiky - Bagi kamu yang memiliki website bisnis online yang melakukan penjualan produk atau e-commerce pasti pernah memiliki permasalahan seperti penjualan produk yang tak kunjung meningkat padahal pengunjung website sudah ramai. Jika kamu memiliki permasalahan seperti ini maka kamu harus mengetahui tentang apa itu conversion rate.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Conversion Rate dan CRO atau Conversion Rate Optimization mulai dari pengertiannya, cara menghitungnya, hingga cara meningkatkan conversion rate agar website kamu banyak pengunjung dan pembelinya.

Apa itu Conversion Rate?

Conversion rate merupakan jumlah persentase pengunjung website dari keseluruhan pengunjung yang melakukan suatu tindakan tertentu yang dapat menguntungkan pemilik bisnis dari website tersebut. Contoh tindakan yang menguntungkan tersebut adalah banyaknya pengunjung website yang melakukan pembelian produk, melakukan subscribing, pengiriman email dan lain sebagainya.

Apa itu Conversion Rate Optimization (CRO)?

Conversion Rate Optimization adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website yang melakukan konversi seperti pembelian produk dan berlangganan newsletter dengan memberikan data diri lengkap.

Bagaimana cara menghitung conversion rate?

Menghitung conversion rate sangatlah mudah, kamu hanya perlu untuk membagi jumlah conversion (pembelian atau langganan) pada satu halaman website dengan total pengunjung halaman website, kemudian hasilnya dikalikan 100.

cara mudah menghitung conversion rate
Cara menghitung conversion rate

Contohnya bila kamu mengelola website yang menjual baju online dan di halaman produk baju fashion pria terjadi pembelian sebanyak 50 kali, sementara total pengunjung pada halaman produk itu sebanyak 1000 orang, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

(50:1000) x 100 = 5%

Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat diketahui bahwa hasil conversion rate pada halaman tersebut adalah sebesar 5%.

Cara meningkatkan jumlah conversion rate

Tentunya kamu memiliki keinginan untuk dapat meningkatkan conversion rate yang menunjukkan bahwa kampanye kamu berhasil. Jika kampanye yang kamu lakukan tidak sesuai hasilnya dengan yang kamu inginkan maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips dan trik meningkatkan conversion rate di bawah ini.

1. Menggunakan Pop Up

Pop Up adalah bagian website yang akan muncul pada layar secara tiba tiba berupa jendela kecil dan menampilkan beberapa informasi. Pop Up dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah conversion. Cobalah untuk mendesain pop up yang menarik yang berpotensi menghasilkan conversion yang besar. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu bagaimana tampilan Pop Up yang menarik.

2. Fokus pada Call To Action (CTA)

Call To Action adalah sebuah item pada website yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan. Misalnya tombol tambahkan ke keranjang atau tombol daftar sekarang. Kamu bisa bereksperimen dengan tombol CTA untuk meningkatkan conversion rate. Bukan hanya terkait dengan bentuk CTA nya saja apakah berupa tombol atau teks, namun kamu juga harus bisa melihat posisi peletakan CTA yang terbaik harus berada di mana.

3. Memudahkan sistem customer service bagi pengunjung

Meskipun detail informasi tentang produk sudah dijelaskan sebaik mungkin pada website, namun tetap akan ada saja pengunjung yang masih bertanya dan penasaran terkait produk sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli, oleh karena itu kamu harus menyediakan sistem Customer Service yang mampu menangani hal tersebut dengan baik.

CS memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini, oleh karena itu kamu harus membuat cara menghubungi CS mudah dilakukan oleh pengunjung. Misalkan dengan meletakkan floating button Customer Service pada sisi ujung kanan bawah website.

4. Lakukan Promosi pada fitur chat bantuan

Pasti kamu pernah melihat hal yang seperti ini ketika mengunjungi sebuah website e-commerce, yaitu munculnya promosi tapi dalam bentuk chat pada ujung kanan bawah website. Hal ini juga bisa kamu terapkan pada website milik kamu untuk meningkatkan conversion rate. Pengunjung mungkin tidak menyadari adanya promosi menggiurkan, namun dengan adanya pengingat melalui chat mereka jadi menyadarinya dan langsung mengeksekusi promo tersebut.

5. Lakukan optimasi pada artikel blog

Bila kamu telah memiliki section blog pada website bisnis online, maka kamu bisa melakukan optimasi artikel-artikel yang ada pada blog tersebut. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah meletakkan fitur pop up pada beberapa artikel yang memiliki kunjungan paling banyak.

Optimasi artikel blog menggunakan Optimasi AI

Selain itu kamu juga harus tetap mengoptimasi artikel-artikel lainnya yang memiliki jumlah kunjungan yang sedikit agar kunjungannya menjadi meningkat. Untuk optimasi artikel kamu bisa mencoba sebuah tools yaitu optimasi.ai yang dapat memberikan kemudahan bagi kamu saat melakukan optimasi artikel.

tools untuk optimasi seo dan artikel blog
Optimasi.ai tools untuk optimasi artikel

Dengan menggunakan tools Optimasi AI ini kamu bisa mencoba fitur keyword research untuk menghasilkan kata kunci yang memiliki trafik paling banyak. Selain itu kamu juga bisa melakukan analisis dan audit website sehingga kamu akan tahu bagian mana yang perlu di optimasi.

Apa manfaat Conversion Rate Optimization?

Jika kamu telah melakukan berbagai optimasi conversion rate yang sudah di jelaskan di atas, maka setidaknya kamu akan mendapatkan 5 manfaat utama berikut ini:

  1. Meningkatkan jumlah keuntungan melalui penjualan produk dan langganan
  2. Memudahkan kamu dalam memahami konsumen
  3. Mengurangi Cos Per Acquisition (CPA) alias mengurangi biaya kerugian
  4. Berdampak positif terhadap SEO website sehingga website bisa lebih disukai Search Engine
  5. Menghasilkan pelanggan yang loyal

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang apa itu conversion rate, conversion rate optimization, cara menghitung, cara optimasi, serta berbagai macam manfaat dari conversion rate. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca dari awal hingga akhir. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di bawah ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Conversion Rate: Pengertian Dan Cara Meningkatkan"