Mengenal Jenis-Jenis Mobil Penumpang

jenis jenis mobil penumpang yang harus kamu ketahui
Mengenal jenis-jenis mobil penumpang

Membeli mobil adalah perkara yang susah-susah gampang. Sebelum memutuskan membawa pulang mobil dari showroom, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain biaya, tentunya memilih jenis mobil yang paling pas sesuai kebutuhan juga harus jadi faktor yang Anda pertimbangkan. Apakah mobil yang Anda pilih akan jadi kendaraan sehari-hari atau sekadar kendaraan hobi, apakah akan melewati jalanan kota yang mulus atau akan melintasi medan yang cukup terjal? Dan masih banyak faktor lainnya yang harus Anda pikirkan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengenal betul jenis-jenis mobil, sebab tiap jenis mobil memiliki karakteristik, keunggulan dan kemampuan yang berbeda-beda pula. Mari mengenal jenis-jenis mobil penumpang agar Anda bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

SUV

Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle adalah salah satu jenis mobil paling populer yang ada di pasar otomotif dunia maupun Indonesia. Keunggulan mobil berjenis ini adalah kemampuannya untuk melibas berbagai medan, mulai dari jalanan kota hingga hingga jalanan menanjak dan terjal sekalipun. Fleksibilitas yang ditawarkan mobil SUV inilah yang menjadikannya jenis kendaraan yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat. Suzuki Indomobil Sales sendiri memiliki beberapa mobil SUV unggulan seperti Suzuki XL7, Suzuki Ignis dan Suzuki New SX4 S-Cross. Di pasar otomotif Eropa sendiri, Suzuki juga baru-baru ini memperkenalkan mobil SUV terbaru yaitu Suzuki Across. Mobil SUV terbaru dengan sistem hybrid ini, belum hadir di Indonesia. Namun banyak pecinta otomotif yang menantikan kehadirannya untuk bisa mengaspal di tanah air.

MPV

Kendaraan roda empat jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV juga merupakan jenis mobil yang laris manis di pasar otomotif Indonesia. Keunggulan utama yang ditawarkan jenis mobil ini adalah daya tampung penumpang yang lebih banyak. Beberapa mobil MPV bahkan mampu mengangkut 7 hingga 8 penumpang. Tak hanya muat banyak penumpang, mobil MPV juga biasanya dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Sepadan dengan fungsi dan juga kenyamanan mobil yang didapat. Mobil MPV yang hadir di Indonesia terdiri dari berbagai segmen antara lain Medium MPV, Luxury MPV, Low MPV, dan Compact MPV. Sebagai produsen kendaraan yang legendaris, Suzuki juga tak ingin ketinggalan untuk bisa meramaikan kebutuhan masyarakat akan kendaraan MPV. Beberapa mobil MPV kebanggaan Suzuki antara lain seperti, All New Ertiga Hybrid, APV New Luxury & APV Arena.

Hatchback

Mobil hatchback adalah mobil dengan bentuk turunan dari sedan, namun bagian bagasi belakang belakang dihilangkan sehingga menyerupai bagasi belakang mobil MPV. Hatchback merupakan sebuah mobil turunan dari sedan yang bagian bagasinya khusus ditiadakan dan bagian belakangnya dibentuk seperti MPV. Mobil hatchback sangat cocok digunakan sebagai kendaraan andalan di jalanan perkotaan, desainnya yang compact dan praktis serta lebih lincah membuat Anda lebih dinamis saat mengendarainya. Jenis mobil ini juga terbagi menjadi beberapa segmen yaitu Small, Medium dan Luxury hatchback. Tertarik untuk mencoba mobil hatchback? Suzuki memiliki mobil hatchback anyar yaitu Suzuki New Baleno.

Sports Car

Jenis mobil yang satu ini, sesuai dengan namanya mobil ini adalah mobil yang khusus bagi Anda pecinta olahraga otomotif. Mobil sports biasanya berbentuk menyerupai mobil sedan namun dari segi tampilan yang lebih maskulin dan sporty. Spesifikasi mesin juga tidak abal-abal dan biasanya berukuran jauh lebih besar dibanding jenis mobil lainnya. Ini yang membuat mobil sport biasanya hanya bisa menampung 2 orang penumpang saja, sebab butuh ruang ekstra untuk bagian mesin. Desain bodi selain lebih sporty pastinya juga lebih aerodinamis, sebab mobil sport memang diciptakan untuk bisa melaju berakselerasi dengan kecepatan tinggi. Karenanya perlu disesuaikan agar mobil tidak limbung terkena tekanan angin saat sedang melaju.

Convertible

Mobil ini hadir dengan bodi kecil dan atap yang terbuka. Ada juga tipe mobil convertible yang atapnya dapat dibuat tertutup maupun terbuka.

Tipe tersebut lebih dikenal sebagai mobil Convertible Soft Top dan Convertible Hard Top, tergantung dari materi atapnya.

Coupe

Merupakan jenis mobil kecil yang biasanya hanya mampu mengangkut 2 penumpang atau sepasang. Biasanya mobil ini mempunyai desain atap yang lebih mengarah ke belakang. Harga yang ditawarkan juga tak kalah fantastis dengan harga mobil-mobil sports  juga tidak tanggung-tanggung, sama seperti harga sports car.

Station Wagon

Mencari kendaraan super lega? Jenis mobil inilah yang mungkin perlu Anda pertimbangan. Keunggulan utama yang ditawarkan mobil Station Wagon adalah kargonya yang luas dan desain kabin yang memanjang ke be belakang. Di Indonesia mobil ini memang kurang begitu populer, tapi di luar negeri mobil ini kerap jadi mobil andalan usaha.

Sedan

Kenyamanan dari bentuk mobil yang praktis serta tenaganya yang gesit saat dipacu dalam kecepatan tinggi adalah keunggulan utama mobil berjenis sedan. Sedan terbagi dalam beberapa jenis. Beberapa segmen tersebut adalah Medium Sedan, Luxury Sedan, dan Mini Sedan. Biasanya mobil berjenis ini dibanderol dengan harga relatif lebih mahal, karenanya banyak yang menganggap mobil sedan adalah mobil yang cocok untuk kelas menengah ke atas.

Off-road

Mobil offroad biasanya adalah memiliki 4 roda penggerak yang memungkinkan Anda berkendara di medan-medan terjal yang menantang. Desainnya yang kokoh dan garang, sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Berbeda dengan mobil SUV, mobil offroad terlihat tegas dan kaku. Namun berbicara soal tenaga, tentunya mobil ini boleh diadu. Suzuki sendiri memiliki mobil off-road kebanggaan yaitu Suzuki Jimny yang tak hanya berpenampilan gagah tapi juga tangguh bertenaga.

Jenis mobil mana yang jadi incaran Anda? Sudah menentukan mana yang akan Anda pilih? Apa pun jenis mobilnya, lakukan pemesanan mobil idaman Anda hanya di dealer resmi Suzuki. Kunjungi dealer Suzuki terdekat di kota Anda sekarang juga untuk dapatkan penawaran harga terbaiknya!

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Mobil Penumpang"