Apa pun atau Apapun Mana Kata Yang Benar?

apa pun atau apapun mana penulisan yang benar
Apa pun atau Apapun Mana Yang Benar?

KakaKiky - Kamu pasti pernah dibingungkan dengan penulisan kata menggunakan pun, baik itu saat kamu mengerjakan tugas, membuat artikel, skripsi, dan tulisan lain sebagainya. Misalnya penggunaan kata pun sering disandingkan dengan kata “apa” sehingga menjadi “apapun” atau “apa pun”.

Namun, tentunya kita harus mengetahui manakah penulisan kata yang benar “apapun” atau “apa pun”. Sebelum kita melihat penggunaan kata mana yang benar, ada baiknya kita pahami dulu pengertian dari “pun” itu sendiri.

Pengertian Partikel Pun

Pun adalah kata yang bersifat partikel yang penggunaannya berbeda tergantung pada kata yang mengiringi sebelum atau setelahnya. Pun dapat diartikan sebagai juga, demikian, meski, atau dapat berfungsi untuk menguatkan dan menyatakan pokok kalimat.

Mana kata yang benar, apapun atau apa pun?

Apa adalah kata tanya yang biasa digunakan untuk menanyakan sesuatu hal dan bisa juga digunakan sebagai pengganti konjungsi atau kata hubung. Bila kita melihat Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan kata yang tepat adalah “apa pun” bukan “apapun”. Hal ini dikarenakan partikel pun ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya.

Oleh karena itu, apabila ada pertanyaan apakah penulisan apa pun itu digabung atau dipisah maka jawabannya adalah dipisah menjadi “apa pun”.

Namun, ada pengecualian untuk beberapa kelompok kata yang lazim dianggap padu apabila kata pun digabung dengan kata konjungsi tersebut. Kata-kata tersebut di antaranya adalah:

  1. Adapun
  2. Andaipun
  3. Ataupun
  4. Bagaimanapun
  5. Biarpun
  6. Kalaupun
  7. Kendatipun
  8. Maupun
  9. Meskipun
  10. Sekalipun
  11. Sungguhpun
  12. Walaupun

Baca lebih lengkap tentang tata cara penggunaan kata pun yang benar dalam Bahasa Indonesia. Agar kamu lebih paham mana penggunaan kata pun yang benar dan yang salah.

Kesimpulan

Penulisan kata yang benar adalah apa pun (pun dipisah dengan kata apa), karena kata apa pun tidak termasuk ke dalam dua belas konjungsi yang menjadi pengecualian dalam PUEBI.

Nah sobat, sekarang kamu sudah tahu kan mana penulisan yang benar. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tidak ikutan salah dalam menuliskan kata. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!