Cara Aman Investasi Kripto Bagi Pemula

cara aman investasi kripto untuk pemula
Cara investasi kripto

KakaKiky - Saat ini terdapat berbagai macam jenis investasi yang dapat menghasilkan uang bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Salah satu jenis investasi yang saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah investasi kripto. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kripto atau cryptocurrency?

Instrumen investasi yang satu ini memiliki risiko yang cukup tinggi, namun kamu bisa kaya secara mendadak jika berinvestasi dengan cara yang benar. Sebaliknya, jika berinvestasi dengan cara yang salah kamu bisa kehilangan harta yang diinvestasikan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, Kiky akan membagikan tips bagaimana investasi kripto yang aman bagi pemula.

Bagi kamu yang belum terlalu memahami tentang apa itu kripto atau cryptocurrency, silahkan simak dulu penjelasan di bawah ini!

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan jenis mata uang digital yang dibuat menggunakan teknologi blockchain sehingga tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Meski tidak memiliki wujud, mata uang ini bersifat universal dan bisa diterima di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang menggunakan mata uang crypto sebagai alat pembayaran yang sah.

Salah satu contoh mata uang digital yang sangat terkenal dan tentunya tidak asing lagi di telinga adalah bitcoin. Namun, selain bitcoin tentunya ada banyak jenis mata uang digital lainnya yang memiliki prospek bagus untuk dijadikan aset investasi kripto. Misalkan seperti Polygon Matic yang memiliki volume transaksi terbanyak dan menjadi lirikan para investor kripto.

Kelebihan Investasi di Cryptocurrency

kelebihan investasi di kripto
Kelebihan Investasi Kripto

Setiap jenis investasi tentunya memiliki kelebihannya masing-masing, termasuk investasi kripto yang memiliki banyak keunggulan. Kelebihan-kelebihan investasi kripto di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk mulai berinvestasi di cryptocurrency.

  1. Investasi Cryptocurrency mudah dipelajari dan dipahami karena sudah banyak pembahasannya di internet.
  2. Merupakan instrumen investasi universal yang sudah diterima dan digunakan di seluruh dunia.
  3. Perubahan harga yang cepat dan fluktuatif sehingga bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam waktu singkat.
  4. Proses transaksi cepat dan akurat untuk semua jenis aset kripto.
  5. Keamanan transaksi sangat terjaga karena tidak melibatkan pihak ketiga.

Cara Aman Investasi Kripto Untuk Pemula

Karena harga dari mata uang kripto sangat fluktuatif, kamu bisa saja merugi jika tidak cermat dalam melakukan investasi. Untuk menghindari kerugian, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebagai investor kripto pemula.

1. Pakai uang dingin untuk main kripto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, investasi kripto memiliki risiko yang cukup tinggi, oleh karena itu kamu hanya boleh main kripto dengan uang dingin alias uang yang menganggur. Uang dingin merupakan uang yang tidak kamu gunakan dalam waktu dekat dan bukan uang yang disisihkan untuk keadaan darurat.

Untuk mendapatkan uang dingin tentunya kamu harus mencukupi dulu semua kebutuhan dan menyelesaikan semua kewajiban pembayaran seperti tagihan, cicilan, menyisihkan dana darurat. Jika semuanya sudah kamu lakukan dan ada uang yang tersisa, maka gunakan uang sisa tersebut untuk berinvestasi kripto.

Uang dingin berguna untuk mengurangi risiko saat berinvestasi, apabila kamu merugi maka tidak harus sampai mengorbankan uang untuk kebutuhan yang lain.

2. Lakukan riset sebelum memilih mata uang kripto

Setiap jenis mata uang digital atau aset kripto memiliki ciri dan sifatnya masing-masing. Kamu harus mempelajari dan mencari tahu setiap aset yang ingin kamu beli. Cari informasi mulai dari google, youtube, dan review para pakar kripto.

Kamu juga bisa mempelajari grafik pergerakan dari setiap aset kripto sebelum mulai memilih dan membeli pada waktu itu. Jika salah perhitungan, bisa jadi aset yang hari ini kamu beli keesokan harinya akan mengalami penurunan.

Oleh karena itu, dalam memilih aset kripto kamu harus melakukan riset dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Perhitungkan setiap langkah yang akan kamu lakukan adalah cara ampuh untuk menghindari kerugian saat berinvestasi kripto.

3. Pilih platform investasi kripto yang sudah terdaftar

Karena investasi mata uang digital sudah semakin marak hal ini memicu munculnya para penipu atau scammer. Agar investasi kripto kamu tetap aman dan bebas dari penipuan, maka wajib bagi kamu untuk memilih platform exchange yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Bagi kamu yang belum tahu, platform exchange adalah sebuah website atau aplikasi yang digunakan untuk membeli dan menjual aset kripto.

Salah satu platform exchange terpercaya yang sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berinvestasi kripto terutama bagi pemula adalah Indodax.

Indodax Sebagai Platform Exchange Crypto Terpercaya

cara mendaftar akun di platform indodax
Platform Exchange Cryptocurrency

Indodax adalah perusahaan yang bergerak di bidang investasi kripto yang berasal dari Indonesia, di mana pada platform ini kita bisa melakukan jual dan beli aset kripto seperti Polygon Matic, Bitcoin, Ethereum, DOGE, dan ratusan aset kripto lainnya.

Indodax sudah mendapatkan izin resmi dari BAPPEBTI sehingga sudah pasti aman melakukan investasi di platform ini. Indodax sendiri sudah melayani lebih dari 4,3 juta member sejak tahun 2015.

Apa saja layanan Indodax?

Tentu saja sebagai platform Exchange, Indodax menawarkan beberapa layanan seperti:

  1. Pembelian aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia dan dompet digital.
  2. Penjualan aset kripto ke mata uang rupiah dan lakukan penarikan secara instan.
  3. Biaya trading dan persentase penarikan (withdraw) mulai dari 0%
  4. Transaksi bebas 24 jam.

Kesimpulan

cara aman berinvestasi kripto di platform indodax
Platform Indodax

Investasi kripto merupakan jenis investasi yang berisiko namun sangat menguntungkan apabila kita tahu dan paham bagaimana cara melakukannya dengan baik. Oleh karena itu, yuk investasi kripto di Indodax sekarang juga! Bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh mengenai Cryptocurrency atau mata uang digital, kamu bisa mengunjungi Indodax Academy. Melalui Indodax Academy kamu bisa belajar banyak hal tentang mata uang digital, termasuk proses jual dan beli aset kripto.

Nah sobat, itulah pembahasan tentang bagaimana cara melakukan investasi kripto yang aman bagi pemula. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kamu yang ingin sukses dalam berinvestasi kripto. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!