7 Tips Memilih Peci Songkok Hitam Yang Bagus

Tips memilih peci songkok hitam

KakaKiky - Peci adalah sebuah topi yang banyak dipakai di negara seperti Indonesia, Brunei, Malaysia, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan, umumnya digunakan oleh pria Muslim. Peci juga sering disebut songkok dan kopiah, terbuat dari bahan kain beludru.

Banyak sekali produk peci songkok yang beredar di pasaran dengan berbagai macam merk, motif, dan warna. Umumnya orang lebih menyukai peci songkok yang berwarna hitam, karena selain warnanya netral peci ini juga tidak gampang terlihat kotor.

Cara memilih peci songkok hitam yang bagus

Bagi sebagian orang, memilih merk peci hitam terbaik yang cocok digunakan untuk beribadah terkadang cukup membingungkan. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana memilih peci songkok hitam yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan, silahkan baca tips dan triknya di bawah ini ya!

1. Pilihlah peci songkok sesuai dengan kebutuhan

rekomendasi cara memilih peci songkok hitam polos terbaik

Sebelum mulai membeli peci atau songkok, kamu harus menentukan terlebih dahulu peci tersebut akan digunakan untuk kebutuhan apa. Bila ingin digunakan untuk kegiatan resmi, maka kamu bisa membeli peci songkok hitam polos, atau gunakan motif soga dengan sedikit hiasan juga cocok digunakan untuk kegiatan resmi.

2. Cari tahu ukuran peci songkok yang cocok dengan kepala

Cobalah untuk memastikan ukuran kepala kamu sebelum membeli peci, jangan pilih yang terlalu kendor karena akan mudah terjatuh saat digunakan. Jangan pula memilih yang terlalu erat karena bisa melukai kepala dan tentunya tidak akan nyaman saat digunakan.

Biasanya ukuran peci songkok hitam ditulis dalam bentuk angka yang menunjukkan perbedaan lingkar kepala dari produk tersebut. Ada pula peci yang memiliki ukuran all size sehingga kamu harus memastikan dulu berapa ukuran songkok tersebut.

3. Pilihlah Peci Songkok dengan AC yang baik

Peci songkok hitam yang berkualitas tentunya memiliki AC (Air Circulation) yang baik. Dengan begitu, kamu tidak akan kepanasan dan merasa gerah saat menggunakan peci songkok tersebut. Jika kamu menggunakan peci dalam jangka waktu yang lama, maka pilihlah yang memiliki lubang-lubang atau rongga di atas peci. Jika peci digunakan dalam waktu yang tidak lama, maka kamu bisa memilih peci yang tidak memiliki AC.

4. Ketahui jenis bahan yang digunakan

Bahan yang digunakan untuk membuat peci songkok hitam juga sangat beragam. Umumnya peci songkok hitam menggunakan bahan kain beludru dengan permukaan yang sangat halus dan sama rata. Meskipun terkesan sederhana, namun kain beludru memberikan tampilan yang sangat elegan. Selain kain beludru, peci songkok hitam juga menggunakan bahan kain satin dan kain kanvas.

Kain satin menampilkan kesan yang mewah karena terlihat mengkilap dan glossy, bertekstur halus dan sangat lembut. Peci songkok hitam dengan kain kanvas memiliki karakteristik dengan permukaan yang cukup kasar, namun tidak mudah robek dan serat benangnya terlihat jelas.

5. Perhatikan tingkat kerapian jahitan

Peci yang bagus kualitasnya memiliki jahitan yang rapi. Jangan beli peci songkok hitam dengan jahitan yang tidak rapi, karena kemungkinan besar peci tersebut tidak akan bertahan lama.

6. Pilih ketinggian peci yang sesuai dengan tipe wajah

Peci songkok hitam memiliki banyak variasi tinggi, ada yang rendah, sedang, dan cukup tinggi. Untuk tipe wajah oval lebih cocok menggunakan peci dengan tinggi 8 Cm, sedangkan tipe wajah bulat lebih cocok menggunakan peci dengan tinggi 9 atau 10 Cm.

7. Pastikan detail dari produk peci yang akan dibeli

Meskipun peci songkok hitam dengan motif polos, biasanya ada beberapa produk yang melengkapinya dengan detail tertentu seperti motif laser yang tidak terlihat namun bisa menghilangkan kesan kaku dari peci polos. Ada juga produk peci yang dilengkapi dengan detail jaring (AC) seperti yang dijelaskan di atas agar peci tidak membuat gerah.

Rekomendasi merk peci hitam terbaik

Ada begitu banyak merk peci hitam yang menyediakan peci songkok dengan kualitas yang baik. Agar kamu tidak bingung dalam memilih merk peci hitam tersebut kamu bisa melihat daftar rekomendasinya di ceklist.id.

Kesimpulan

Jika ingin membeli peci songkok hitam, maka pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, apakah akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, resmi, atau untuk beribadah. Dengan menentukan kebutuhan maka kita bisa memilih peci terbaik untuk digunakan.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara memilih peci songkok hitam polos terbaik. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah ya! Wassalamu’alaikum and Be Prepared!