Model Buket Bunga Pernikahan, Bisa Juga Untuk Hadiah Wisuda

macam jenis model buket bunga untuk wisuda dan pernikahan

KakaKiky - Apakah kamu sudah akrab dengan buket bunga atau hand bouquet? Benda ini tersusun atas berbagai jenis bunga dan daun-daun yang tampilannya menarik. Biasanya dimanfaatkan untuk hadiah wisuda, ulang tahun hingga pernikahan.

Memberikan bunga untuk orang tersayang ketika momen istimewa tentu akan menjadikan harinya jauh lebih indah. Mengingat bunga menyimpan beragam makna.

Akan tetapi, sebelum kamu membeli hand bouquet untuk orang tersayang, kenali dahulu apa saja model-modelnya dalam artikel ini. Supaya nanti bisa memilih yang paling cocok untuk orang tersayang.

Pilihan Model Buket Bunga yang Populer

Hand bouquet punya beragam model yang mungkin kalau dilihat dari luar tampak sama saja. Namun, perlu kamu tahu kalau desain rangkaiannya punya ciri khas masing-masing. Ini dia beberapa modelnya yang cukup populer.

1. Biedermeier

Buket Biedermeier dari jerman untuk pernikahan

Asal nama buket bunga ini adalah dari gaya interior design Jerman. Bunga yang disusun dalam model ini mempunyai pola melingkar. Lingkaran bunganya juga dapat tersusun atas sejumlah lapis warna.

Model biedermeier sudah populer sejak abad ke-18 di Eropa. Sampai sekarang, model ini juga masih populer terutama untuk acara pernikahan.

2. Posy

buket posy untuk pernikahan dan wisuda

Model posy juga cukup populer untuk acara pernikahan. Ukurannya tampak kecil dan dapat dipegang mengandalkan satu tangan. Tipe posy juga cukup cantik untuk dijadikan hadiah wisuda.

Bagian tangkai bunganya akan ditutup menggunakan pita atau kain sebagai pegangan. Biasanya tipe posy hanya menggunakan bunga tanpa ada daun-daun.

3. Nosegay

buket nosegay acara pernikahan

Selanjutnya ada model nosegay yang biasanya juga disebut mussie. Nosegay ini punya rangkai bunga dengan bentuk melingkar dan mirip posy. Akan tetapi, nosegay memberi tambahan tumbuhan berwarna hijau.

Pada mulanya, tipe nosegay diciptakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Hal ini terjadi saat tahun 1300-an. Jadi, jangan heran jika namanya adalah nosegay.

4. Cascade

buket model cascade untuk acara pernikahan

Cascade atau air terjun bisa memberikan kesan mewah karena tersusun atas berbagai bunga yang menjulur ke bawah mirip dengan air terjun. Model ini cukup populer dalam pernikahan namun boleh juga dipakai untuk hadiah wisuda orang terkasih.

Biasanya cascade dipakai untuk pernikahan dengan konsep mewah mirip nuansa keluarga bangsawan atau kerajaan. Style dari hand bouquet ini sangat cocok bersanding dengan pengantin yang mengenakan gaun dan jas.

5. Hoop

Model buket bunga hoop terbilang sederhana karena tersusun atas campuran berbagai bunga dan tanaman hijau. Kemudian dibalut menggunakan pita yang cantik.

6. Balerina

Hand bouquet model balerina punya tampilan manis dan berkelas. Model ini muncul ketika tahun 1940-an. Pada saat itu, bunga cukup langka jadi untuk membuat buket ditambahkan dengan kain tulle.

Panduan Merawat Buket Bunga Supaya Tetap Segar

Kalau misalnya kamu membeli hand bouquet untuk diri sendiri atau menerima dari orang lain, ada tips yang bisa diterapkan jika ingin merawatnya supaya tetap segar. Jika menerapkan panduan di bawah ini, bunganya akan bertahan dalam waktu lama.

1. Memotong Ujung Batang

memotong ujung batang bunga agar tetap segar

Apabila ingin menyimpan bunga, pastikan untuk segera memotong ujung batangnya kira-kira 2,5 cm degan sudut 45 derajat. Pastikan memakai gunting yang tajam supaya bunganya nanti bisa menyerap air.

2. Masukkan ke dalam Vas Berisi Air

memasukkan bunga ke dalam vas berisi air agar tetap segar

Sekarang, masukkan ke dalam vas yang berisi air dingin dan bersih. Pastikan untuk rutin mengganti air setiap hari supaya mencegah tumbuhnya bakteri dan membuat bunganya senantiasa segar.

3. Memberikan Nutrisi

Supaya buket bunga bisa bertahan dalam waktu lama, coba tambahkan nutrisi. Misalnya saja memberikan paket makanan bunga atau tambahan gula pada air di dalam vas.

4. Menjauhkan dari Sinar Mentari Langsung

Akan lebih baik kalau kamu menjauhkan bunga dari paparan sinar mentari secara langsung. Tempatkan saja di area teduh dan sejuk. Kalau di bawah sinar mentari langsung, nantinya akan lebih mudah layu.

5. Membuang yang Layu

cara memotong bunga yang layu

Kalau kamu menemukan salah satu bunganya sudah layu atau mati, sebaiknya segera membuangnya. Supaya bunga yang lain terjaga kesegarannya dan tidak ikut layu atau mati.

Memberikan hand bouquet untuk pengantin atau orang yang wisuda akan membuat harinya terasa lebih spesial. Kamu bisa membelikannya untuk orang tersayang cukup melalui toko istanaflorist.com. Pesan saja secara online melalui 0813 9260 5775.

Hand bouquet biasanya dimanfaatkan untuk hadiah wisuda, ulang tahun hingga pernikahan. Sebelum memberikan buket bunga, pelajari dahulu model-modelnya dalam artikel ini supaya bisa memilih yang paling cocok untuk orang tersayang.

CLOSE ADS
CLOSE ADS