Sejarah Peringatan Hari Perempuan Internasional dan Tujuannya

sejarah peringatan hari perempuan internasional dan tujuannya

KakaKiky - Hari Perempuan Internasional (HPI) yang diperingati setiap tanggal 8 Maret telah menjadi momen penting untuk mengenang dan merayakan perjuangan, prestasi, dan kontribusi perempuan di seluruh dunia. Tanggal 8 Maret diukir dalam kalender internasional sebagai momentum untuk merayakan, merefleksikan, dan memperjuangkan hak-hak perempuan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang asal-usul sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional dan apa saja tujuan dari peringatan Hari Perempuan Internasional.

Sejarah Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day

Hari Perempuan Internasional (HPI) menjadi momen bersejarah yang merayakan perjuangan perempuan di seluruh dunia. Kilas balik dimulai pada tahun 1908 di New York, Amerika Serikat, ketika 15.000 perempuan turun ke jalan untuk menuntut peningkatan upah dan pemangkasan jam kerja.

Pada tahun 1910, Clara Zetkin, pemimpin 'Kantor Perempuan', memperkenalkan gagasan menetapkan Hari Perempuan Internasional. Gagasan ini mendapatkan dukungan dari Konferensi perempuan 17 negara pada tahun yang sama, yang menetapkan 19 Maret 1911 sebagai perayaan pertama HPI di Austria, Jerman, Denmark, dan Swiss. Aksi damai perempuan di Rusia pada 8 Maret 1913 memberikan momentum lebih lanjut, dan sepanjang Eropa, perempuan merayakan HPI pada tanggal yang sama setiap tahunnya.

Selama Perang Dunia II, 8 Maret diadopsi sebagai hari advokasi kesetaraan gender di seluruh dunia. Pengakuan resmi terhadap HPI oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terjadi pada tahun 1975. Pada 2011, mantan Presiden AS Barack Obama menetapkan bulan Maret sebagai Bulan Sejarah Perempuan.

Pada era modern, pembicaraan tentang kesetaraan gender bukan lagi hal yang tabu. Perempuan kini memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pemerintahan, mendapatkan hak legislatif yang setara, dan mendapatkan apresiasi atas pencapaian mereka di berbagai bidang. Meskipun demikian, sejumlah tantangan perempuan masih harus dihadapi, termasuk ketidaksetaraan upah dan masalah kekerasan domestik yang masih menjadi masalah serius.

Tetapi, perubahan besar telah terjadi. Perempuan kini dapat mencapai posisi luar biasa, seperti menjadi presiden, perdana menteri, polisi, tentara, astronot dan meraih pendidikan tinggi. Mereka memiliki kebebasan untuk bekerja, membentuk keluarga, dan memilih jalur hidup sesuai keinginan mereka.

Meskipun perjalanan menuju kesetaraan belum sepenuhnya tercapai, perempuan telah membuktikan keberanian dan keuletan mereka dalam mengatasi berbagai hambatan. International Women’s Day (IWD) telah menjadi pengingat bahwa perjuangan perempuan adalah perjuangan bersama untuk hak asasi manusia. Semangat untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan setara harus terus menerangi jalan bagi generasi-generasi yang akan datang. Melalui refleksi dan tindakan positif, kita semua dapat berkontribusi pada perubahan yang lebih baik menuju masyarakat yang menghargai kontribusi setiap individu, tanpa memandang jenis kelamin.

Apa Tujuan Dari Peringatan Hari Perempuan Internasional?

1. Menghormati Prestasi Perempuan

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk merayakan prestasi perempuan di berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, seni, politik, ekonomi, dan sosial.

2. Menyoroti Isu Kesetaraan Gender

Salah satu tujuan utama Hari Perempuan Internasional adalah menyoroti ketidaksetaraan dan diskriminasi yang masih dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia. Tema-tema seperti ketidaksetaraan gaji, akses pendidikan, dan kekerasan gender menjadi fokus perhatian.

3. Mendorong Perubahan Sosial

Hari Perempuan Internasional menjadi panggung untuk memperkuat panggilan bagi perubahan sosial yang lebih besar. Ini melibatkan advokasi untuk kebijakan yang mendukung kesetaraan gender, penghapusan diskriminasi, dan peningkatan akses perempuan ke berbagai bidang.

4. Meningkatkan Kesadaran

Peringatan ini juga berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu yang dihadapi oleh perempuan. Pendidikan dan penyebaran informasi tentang hak-hak perempuan menjadi bagian integral dari kegiatan Hari Perempuan Internasional.

Dukung Kampanye Hari Perempuan Internasional 2024 Dengan Twibbon Tanpa Watermark

Untuk ikut mendukung kampanye ini kamu bisa menggunakan twibbon Hari Perempuan Internasional 2024 tanpa watermark. Twibbon ini bisa kamu gunakan secara gratis melalui tombol “Pasang Twibbon” di bawah ini.

twibbon hari perempuan internasional

Dengan menggunakan twibbon di atas, kamu akan menunjukkan dukunganmu terhadap kampanye hari perempuan internasional ini.

Kesimpulan

Hari Perempuan Internasional adalah momen untuk merayakan pencapaian perempuan sepanjang sejarah, menghormati kontribusi mereka dalam berbagai bidang, dan bersama-sama berjuang untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan setara. Mari bersama-sama mewujudkan visi kesetaraan gender di semua lapisan masyarakat dan memastikan bahwa hak-hak perempuan dihormati dan dijamin di seluruh dunia. Happy International Women's Day!

Posting Komentar untuk "Sejarah Peringatan Hari Perempuan Internasional dan Tujuannya"