Titik Lokasi Pemasangan Merk CCTV Terbaik di Area Kolam Renang Indoor

titik lokasi pemasangan cctv terbaik di area kolam renang
Image from Pexels

KakaKiky - Berenang adalah aktivitas fisik yang banyak disukai semua kalangan usia, baik anak-anak maupun dewasa. Tidak hanya berfungsi sebagai sarana rekreasi, renang juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal inilah yang menjadikan bisnis swimming pool sangat menjanjikan. Untuk menarik minat dan menambah kenyamanan pengunjung, pengelola kolam renang umum indoor menyediakan berbagai fasilitas. Termasuk memasang merk CCTV terbaik di titik lokasi ideal untuk keamanan.

Manfaat CCTV dapat mempermudah pihak pengelola untuk memantau aktivitas yang terjadi di area kolam renang yang banyak pengunjungnya. Selain itu, pemasangan kamera CCTV juga mampu meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya kecelakaan maupun tindak kejahatan.

Tips Memilih Titik Lokasi Pemasangan Merk CCTV Terbaik di Area Kolam Renang Indoor

Tidak sedikit insiden yang terjadi di area kolam renang akibat kelalaian pengunjung maupun pengelola. Salah satu kasus kecelakan yang sering terjadi adalah tenggelam. Dengan bantuan rekaman CCTV kasus ini dapat segera diusut atau bahkan bisa dicegah. Begitu juga kasus pencurian dan pengrusakan properti kolam renang bisa cepat ditangani pihak berwajib berkat bantuan kamera pengaman ini.

Menyadari besarnya manfaat CCTV untuk keamanan di area kolam renang umum, pengelola tidak hanya harus memilih kamera yang terbaik tetapi juga menentukan titik lokasi pemasangan yang tepat. Berikut ini beberapa titik lokasi terbaik untuk pemasangan CCTV di swimming pool area untuk mendapatkan hasil perekaman yang optimal:

1. Dekat Kolam Renang

Tempatkan merk CCTV terbaik di dekat kolam dengan ketinggian minimal 3 Meter dari permukaan tanah. Tujuannya untuk menghindari percikan air yang bisa merusak kamera. Selain itu, ketinggian penempatan titik lokasi memungkinkan kamera pengaman memperluas jangkauan perekaman.

Semakin tinggi titik pemasangan, maka akan semakin luas jangkauan pandang kamera untuk merekam setiap gerak-gerak pengunjung. Namun jangan pula menempatkan CCTV terlalu tinggi yang justru bisa menyebabkan hasil rekaman kamera kurang jelas.

2. Area Kasir

Kasir atau tempat pembelian tiket sering menjadi sasaran pencurian atau perampokan. Optimalkan manfaat CCTV dengan memasangnya di area ini. Kehadiran kamera pengaman akan membuat pegawai kasir merasa aman dan tenang bekerja. Tambahkan stiker pemberitahuan yang menginformasikan tempat tersebut diawasi CCTV. Tujuannya agar orang-orang ingin berbuat kejahatan mengurungkan niatnya karena takut tindakannya terekam di kamera pengawas.

3. Tempat Parkir

Area parkir, lokasi pengunjung menempatkan kendaraannya juga rawan terjadi tindak kejahatan. Oleh karena itu pengawasan harus ditingkatkan dengan memasang merk CCTV terbaik di sana. Keberadaan kamera pengintai membuat pengunjung swimming pool merasa aman dan tidak was-was lagi meninggalkan kendaraan berharga di area parkir. Pencurian sepeda motor atau mobil bisa dicegah dengan adanya CCTV. 

4. Taman Bermain

Kolam renang umum, terutama yang menyasar segmen pengunjung anak-anak biasanya menyediakan fasilitas taman bermain. Tujuannya agar anak-anak lebih betah dan ingin selalu datang lagi. Beberapa permainan tersedia gratis seperti ayunan dan seluncuran. Ada pula yang berbayar.

Terkadang karena asyik bermain anak-anak kurang berhati-hati. Terjatuh, terpeleset dan lain sebagainya. Selain butuh pengawasan orang tua, pengelola dapat mengoptimalkan manfaat CCTV untuk memantau aktivitas anak-anak. Pemasangan CCTV efektif memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

5. Restoran

Setelah berenang biasanya perut langsung terasa lapar dan tenggorokan kering. Alasan itulah menginspirasi pengelola kolam renang menyediakan resto untuk makan dan minum bagi para pengunjung. Tidak hanya sekedar penghilang lapar dan dahaga, resto juga berfungsi untuk berkumpul keluarga atau menjadi tempat menunggu yang asyik bagi yang tidak ikut berenang. Bagi pemilik atau pengelola keberadaan restoran tentunya dapat menambah pemasukan.

Agar terjaga keamanan dan kenyaman, pengelola dapat meletakkan merk CCTV terbaik di lokasi yang menjangkau seluruh ruangan restoran.

6. Tempat yang Mudah Terlihat

CCTV berfungsi sebagai peringatan, karena itu sebaiknya tidak dipasang di tempat yang tersembunyi.  Penempatan kamera pengaman di area yang sulit terlihat justru tidak dapat mengurungkan niat orang-orang yang akan berbuat kejahatan karena merasa tidak diawasi.

Manfaat CCTV juga tidak optimal jika diletakkan tersembunyi yang dapat mengurangi efektivitas pengamatan. Kamera bisa jadi terhalang pohon atau benda-benda tertentu yang membuat perekaman kurang optimal.

Menempatkan titik lokasi CCTV yang mudah terlihat berarti menghargai orang-orang yang beraktivitas di area kolam renang tersebut. Hal ini juga menghindari pelanggaran privasi orang lain.

Jaga Keamanan Area Kolam Renang Indoor dengan Hikvision ColorVu

Jaga Keamanan Area Kolam Renang Indoor dengan CCTV Hikvision ColorVu
Image From Pexels

Salah satu merk CCTV terbaik yang dapat diandalkan untuk mengamankan area kolam renang adalah Hikvision. Brand CCTV ternama ini menghadirkan seri ColorVu dengan teknologi Internet Protocol (IP) camera yang dilengkapi dengan video berwarna.

Inovasi ini memungkinkan CCTV merekam semua momen dalam warna yang terang dan akurat, sehingga pengelola swimming pool area mendapatkan detail warna yang sesungguhnya dengan lebih jelas. Kualitas perenderan yang realistis tidak diragukan lagi, karena Hikvision Seri ColorVu memiliki kecerahan yang seimbang dan dilengkapi dengan apertur super F1.0 serta sensor lanjutan.

CCTV ini juga mampu menghasilkan gambar yang jernih meskipun dalam lingkungan yang minim cahaya.  Kualitas gambar dan visual yang memuaskan tentunya akan menambah kenyamanan pengelola kolam renang saat mengecek hasil pengawasan CCTV.

Keamanan di dalam kolam renang dan area sekitarnya sangat penting. Karena itu, para pemilik dan pengelola indoor swimming pool jangan ragu untuk segera memasang merek CCTV terbaik ColorVu dari Hikvision ini. Informasi lebih lengkap mengenai keunggulan produk Hikvision ColorVu dapat ditemukan di sini!